Ketuk (X) Untuk Menutup

Selamat Datang

Di CARAHARIAN

×

Hubungan Ilmu Budaya Dasar dengan Teknik Elektro Lengkap Untuk Tugas Kuliah


Pembahasan budaya dasar akan memberikan kaitan dengan berbagai macam kaitan ilmu yang dipelajari oleh masyarakat. Salah satunya dalam bidang teknik yang mengaplikasikan kebutuhan modern mengenai listrik. Pada kesempatan kali ini kalian akan mempelajari mengenai hubungan ilmu budaya dengan teknik elektro. Berikut pembahasannya.

Konsep budaya dan teknik elektro

Ilmu kebudayaan akan selalu ada menciptakan sekumpulan masyarakat di berbagai belahan dunia. Istilah budaya dasar sendiri tercipta dari bahasa Inggris yang berasal dari kata the humanities yang diartikan sebagai manusia berbudaya dan halus. Ilmu ini akan menciptakan seseorang yang memiliki sifat dasar manusiawi dan menjadi seorang yang lebih baik dalam menghargai sesuatu.



Pengetahuan mengenai budaya ini mencakup beberapa cabang ilmu yang tentunya akan berkaitan dengan kehidupan nilai-nilai manusia. Sebagai seorang homo humanus atau manusia yang berbudaya, seseorang dapat mempelajari ilmu-ilmu lainnya sehingga lebih bertanggung jawab menjadi seorang manusia.

Salah satu cabang ilmu yang dapat diterapkan dengan konsep budaya adalah teknik. Ilmu keteknikan melibatkan pemikiran mengenai konsep, perancangan, pengembangan, hingga produksi sebuah barang yang dapat menjadi produk khusus. Produk khusus yang diciptakan tentunya memiliki ilmu-ilmu dasar teknik, tak terkecuali mengenai ilmu dasar teknik kelistrikan.

Teknik listrik atau lebih dikenal dengan teknik elektro menjadi salah satu bidang ilmu teknik dalam mengaplikasikan listrik. Konsep teknik listrik dibuat untuk merancang dan memproduksi perangkat listrik elektronik yang tentunya semakin berkembang dan dibutuhkan oleh masyarakat.

Teknik elektro memiliki kajian khusus dalam mempelajari tentang ketenagalistrikan/energi listrik atau sumber energi yang dapat diubah menjadi listrik. Dalam teknik ini mempelajari mengenai power (sumber pembangkit listrik), transmisi ( penyaluran dari sumber energi listrik ke trafo-trafo) dan distribusi ( penayaluran listrik ke rumah-rumah, kantor-kantor). Lulusan dari jurusan ini dapat bekerja di PLN, Indonesia power, pertamina geothermal, dirjen ketenagalistrikan ESDM, dan lain-lain.