Contoh Program C++ Sederhana Mudah Dimengerti


Contoh Program C++ – Jika kita menggunakan sebuah komputer atau notebook, maka kita akan selalu berhadapan dengan banyak program yang terpasang di dalamnya. Program-program tersebut dibuat dengan bahasa pemrograman tertentu. Dan bahasa pemrograman sangat banyak macamnya. Salah satunya adalah C++.

Bahasa pemrograman ini merupakan salah satu yang sangat familiar di kalangan programmer. Dengan menggunakan bahasa C++ kita bisa membuat banyak program dengan beragam fungsi. Jika Anda sedang mendalami bahasa pemrograman ini dan penasaran seperti apa contoh programnya, maka Anda datang ke tempat yang tepat.

Pada artikel website ini kami berikan beberapa contoh program yang dibuat dengan bahasa C++ yang bisa Anda pelajari sekaligus dijadikan gambaran. Akan tetapi pertama-tama kita bahas mulai dari pengertiannya dahulu.

Pengertian C++

Bahasa pemrograman C++ dikembangkan pertama kali oleh Bjarne Stroustrup di tahun 1970-an. C++ adalah bahasa pemrograman turunan dari bahasa C. Lantas apa yang membedakan keduanya?

Perbedaan C dan C++ terletak pada sifatnya. Jika bahasa pemrograman C bersifat prosedural, pada bahasa C++ berorientasi pada objek. Atau juga dikenal dengan sebutan Object Oriented Programming. Selain itu bahasa pemrograman ini juga biasa disebut sebagai C with Classes karena sudah mendukung pemrograman berbasis objek.

Bahasa pemrograman C++ lahir karena pada saat itu bahasa C tidak cocok digunakan untuk membuat suatu software berskala besar. Sebab bahasa tersebut dinilai terlalu banyak percabangan, demikian pula kode yang harus diketikkan dan kode perulangan. Oleh karenanya C++ hadir untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Bahasa C++ masuk ke dalam kategori general-purpose programming language. Artinya bahasa ini bisa digunakan untuk membuat berbagai aplikasi. Dengan bahasa pemrograman ini kita bisa membuat software pengolah kata, software pengolah gambar, bahkan antivirus. Menariknya lagi dengan bahasa ini kita bisa membuat compiler bahasa pemrograman lain sesuai keinginan.

Baca juga: Contoh Array 2 Dimensi C++

Kegunaan Menguasai C++

Biasanya bahasa pemrograman ini menjadi salah satu mata pelajaran atau mata kuliah wajib. Mungkin Anda juga bertanya-tanya apa yang istimewa dari C++ sehingga siswa atau mahasiswa harus mempelajari bahasa tersebut. Perlu diketahui bahwa bahasa ini termasuk bahasa dasar yang sering digunakan untuk mempelajari dasar algoritma dan pemrograman. Selain bahasa C dan bahasa Pascal.

Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dengan mempelajari bahasa pemrograman C++. Sebab bahasa ini menjadi dasar dari banyak bahasa pemrograman yang ada saat ini. Apabila Anda sudah akrab dengan aturan penulisan bahasa C++ maka akan mudah bagi Anda untuk beralih ke bahasa pemrograman lainnya, seperti PHP, Java, Javascript, dan lain sebagainya. Sebab semua bahasa tersebut merupakan turunan dari bahasa C dan C++.

Tidak berhenti sampai di situ, bahasa ini juga sering digunakan untuk mengembangkan sebuah game. Bahkan kita bisa membuat game desktop yang rumit dengan berbekal bahasa C++. Jika Anda masih awam, Anda harus mengetahui bahwa untuk mengembangkan sebuah game dengan cepat programmer akan membutuhkan suatu Game Engine.

Game Engine memiliki kumpulan kode program siap pakai yang disebut sebagai library. Tujuannya untuk mempermudah pengembang dalam membuat game, sehingga tidak perlu membuatnya dari nol.

Ada banyak Game engine yang bisa dipakai para programmer saat ini. Di antaranya ada Unity, Unreal Engine, CryEngine, dan Construct. Game engine populer ini kebanyakan menggunakan bahasa pemrograman C++.

Tidak berhenti sampai di situ, C++ juga bisa digunakan untuk membuat aplikasi yang membutuhkan akses ke banyak hardware. Misalnya pada perangkat Internet of Things (IoT), embed system, sampai membuat aplikasi desktop berbasis grafis.

Struktur C++

Struktur bahasa C++ terdiri dari beberapa blok fungsi. Di mana masing-masing fungsi terdiri dari satu atau beberapa pernyataan (statements) yang akan melakukan sebuah tugas. Secara teknis C++ terdiri dari empat bagian utama, antara lain:

  1. Bagian pengarah compiler atau juga disebut File Header yang memiliki ciri-ciri adanya simbol pagar (#).
  2. Bagian deklarasi.
  3. Bagian definisi.
  4. Bagian komentar yang ditandai dengan simbol // atau pasangan /* … */.

Berikut akan dijelaskan secara singkat bagian-bagian tersebut.

File Header

File Header memuat deklarasi seperti konstanta, kelas, fungsi, namespace, dan lain sebagainya. File Header juga bisa berfungsi sebagai statement preprocessor atau pengarah compiler lantaran berfungsi mengatur proses kompilasi.

Deklarasi dan Definisi

Seluruh program C++ disusun dalam rangkaian pemanggilan fungsi yang bekerja atas sekelompok data. Di samping itu juga ada komponen lain yang disebut statement. Ada dua macam statement pada bahasa C dan C++, yakni statement yang tidak dapat dieksekusi (non executable) dan statement yang dapat dieksekusi (executable).

Komentar

Pada program biasanya terdapat komentar yang akan memudahkan orang lain ataupun pembuat program untuk memahami program yang dibuat. Pada bahasa C maupun C++ komentar dituliskan dengan menambahkan simbol // di awal tulisan. Atau juga bisa dengan menambahkan simbol /* … */ di awal dan di akhir tulisan. Akan tetapi perlu dicatat bahwa pada C++ tidak mengizinkan komentar bersarang atau nested comment.

Baca juga: Contoh Program Pascal

Contoh Program C++

Di atas sudah dijelaskan apa saja yang bisa dilakukan oleh bahasa pemrograman C++. Sekarang kita bahas lebih jauh seputar contoh program yang dibuat dengan bahasa ini. Sebenarnya ada banyak sekali yang bisa kita buat, tetapi sebagai gambaran di bawah ini kami berikan beberapa contoh sederhana. Sehingga Anda bisa lebih paham bagaimana cara menyusun kode untuk program C++.

Program Menentukan Nilai Mahasiswa

Pada kode di atas terdapat header conio.h yang fungsinya untuk menampilkan hasil antarmuka. Header ini penting dan harus ada karena pada program tersebut terdapat fungsi getch() yang tugasnya untuk menahan output program yang berjalan dan akan kembali dieksekusi ketika terjadi input oleh pengguna.

Lalu juga terdapat header iostream.h yang menjadi standar proses input dan output pada bahasa C++. Berikutnya ada header string yang fungsinya untuk menampung nilai string pada sebuah variabel. Header ini harus dimuat dahulu sebab pada program ini salah satu variabelnya merupakan variabel nama dengan tipe string.

Di samping itu juga ada beberapa variabel yang dimasukkan ke dalam program tersebut. Antara lain variabel nama dengan tipe string, tugas UTS dan UAS dengan tipe integer. Di samping itu juga ada pembobotan nilai untuk masing-masing variabel integer. Total nilai akan diperoleh dari penjumlahan seluruh hasil pembobotan nilai tersebut.

Program Menampilkan Harga Bensin dalam Satuan Liter Tertentu

Kita juga bisa membuat program untuk menampilkan harga bensin dalam satuan liter tertentu. Ada tiga jenis bahan bakar yang bisa kita masukkan harganya, seperti solar, premium, dan pertamax. Di samping itu kita juga akan diminta untuk memasukkan jumlah liter yang diinginkan. Program akan mengalikan angka tersebut dengan harga masing-masing jenis bahan bakar yang disajikan dalam tabel secara otomatis.

Dari kode di atas akan diperoleh hasil seperti gambar berikut.

Menghitung Volume Balok dan Luas Persegi

Dengan bahasa C++ kita juga bisa membuat sebuah kalkulator yang bisa menghitung luas maupun volume suatu bentuk. Di bawah ini adalah contoh kode program untuk menghitung volume balok dan luas persegi.

Untuk dicatat, contoh di atas dibuat dengan aplikasi Borland C++. Jika memakai aplikasi lain seperti Dev C++ maka Anda perlu menyesuaikan bagian header. Jika di atas kode ditulis seperti berikut:

#include <iostream.h>

#include <conio.h>

#include <cstring.h>

void main() 

Maka Anda perlu menggantinya menjadi:

#include <iostream>

#include <conio.h>

#include <cstring>

using namespace std;

int main() 


Loading...

Leave a Comment