Contoh Program C++ Sederhana Mudah Dimengerti


Contoh Program C++ – Jika kita menggunakan sebuah komputer atau notebook, maka kita akan selalu berhadapan dengan banyak program yang terpasang di dalamnya. Program-program tersebut dibuat dengan bahasa pemrograman tertentu. Dan bahasa pemrograman sangat banyak macamnya. Salah satunya adalah C++.

Bahasa pemrograman ini merupakan salah satu yang sangat familiar di kalangan programmer. Dengan menggunakan bahasa C++ kita bisa membuat banyak program dengan beragam fungsi. Jika Anda sedang mendalami bahasa pemrograman ini dan penasaran seperti apa contoh programnya, maka Anda datang ke tempat yang tepat.



Pada artikel website ini kami berikan beberapa contoh program yang dibuat dengan bahasa C++ yang bisa Anda pelajari sekaligus dijadikan gambaran. Akan tetapi pertama-tama kita bahas mulai dari pengertiannya dahulu.

Pengertian C++

Bahasa pemrograman C++ dikembangkan pertama kali oleh Bjarne Stroustrup di tahun 1970-an. C++ adalah bahasa pemrograman turunan dari bahasa C. Lantas apa yang membedakan keduanya?

Perbedaan C dan C++ terletak pada sifatnya. Jika bahasa pemrograman C bersifat prosedural, pada bahasa C++ berorientasi pada objek. Atau juga dikenal dengan sebutan Object Oriented Programming. Selain itu bahasa pemrograman ini juga biasa disebut sebagai C with Classes karena sudah mendukung pemrograman berbasis objek.

Bahasa pemrograman C++ lahir karena pada saat itu bahasa C tidak cocok digunakan untuk membuat suatu software berskala besar. Sebab bahasa tersebut dinilai terlalu banyak percabangan, demikian pula kode yang harus diketikkan dan kode perulangan. Oleh karenanya C++ hadir untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Bahasa C++ masuk ke dalam kategori general-purpose programming language. Artinya bahasa ini bisa digunakan untuk membuat berbagai aplikasi. Dengan bahasa pemrograman ini kita bisa membuat software pengolah kata, software pengolah gambar, bahkan antivirus. Menariknya lagi dengan bahasa ini kita bisa membuat compiler bahasa pemrograman lain sesuai keinginan.

Baca juga: Contoh Array 2 Dimensi C++

Kegunaan Menguasai C++

Biasanya bahasa pemrograman ini menjadi salah satu mata pelajaran atau mata kuliah wajib. Mungkin Anda juga bertanya-tanya apa yang istimewa dari C++ sehingga siswa atau mahasiswa harus mempelajari bahasa tersebut. Perlu diketahui bahwa bahasa ini termasuk bahasa dasar yang sering digunakan untuk mempelajari dasar algoritma dan pemrograman. Selain bahasa C dan bahasa Pascal.



Leave a Comment