Contoh Program C++ Sederhana Mudah Dimengerti


Pada kode di atas terdapat header conio.h yang fungsinya untuk menampilkan hasil antarmuka. Header ini penting dan harus ada karena pada program tersebut terdapat fungsi getch() yang tugasnya untuk menahan output program yang berjalan dan akan kembali dieksekusi ketika terjadi input oleh pengguna.



Lalu juga terdapat header iostream.h yang menjadi standar proses input dan output pada bahasa C++. Berikutnya ada header string yang fungsinya untuk menampung nilai string pada sebuah variabel. Header ini harus dimuat dahulu sebab pada program ini salah satu variabelnya merupakan variabel nama dengan tipe string.

Di samping itu juga ada beberapa variabel yang dimasukkan ke dalam program tersebut. Antara lain variabel nama dengan tipe string, tugas UTS dan UAS dengan tipe integer. Di samping itu juga ada pembobotan nilai untuk masing-masing variabel integer. Total nilai akan diperoleh dari penjumlahan seluruh hasil pembobotan nilai tersebut.

Program Menampilkan Harga Bensin dalam Satuan Liter Tertentu

Kita juga bisa membuat program untuk menampilkan harga bensin dalam satuan liter tertentu. Ada tiga jenis bahan bakar yang bisa kita masukkan harganya, seperti solar, premium, dan pertamax. Di samping itu kita juga akan diminta untuk memasukkan jumlah liter yang diinginkan. Program akan mengalikan angka tersebut dengan harga masing-masing jenis bahan bakar yang disajikan dalam tabel secara otomatis.

Dari kode di atas akan diperoleh hasil seperti gambar berikut.



Menghitung Volume Balok dan Luas Persegi

Dengan bahasa C++ kita juga bisa membuat sebuah kalkulator yang bisa menghitung luas maupun volume suatu bentuk. Di bawah ini adalah contoh kode program untuk menghitung volume balok dan luas persegi.

Untuk dicatat, contoh di atas dibuat dengan aplikasi Borland C++. Jika memakai aplikasi lain seperti Dev C++ maka Anda perlu menyesuaikan bagian header. Jika di atas kode ditulis seperti berikut:



#include <iostream.h>

#include <conio.h>

#include <cstring.h>

void main() 

Maka Anda perlu menggantinya menjadi:

#include <iostream>

#include <conio.h>

#include <cstring>

using namespace std;

int main() 


Leave a Comment