Cara Transformasi Data Tidak Normal Menjadi Normal


Cara Transformasi Data SPSS Excel – Dalam dunia statistik ada banyak sekali istilah atau materi yang harus kita pelajari. Salah satunya adalah transformasi data. Pada artikel ini kami bahas lebih jauh seputar hal tersebut. Khususnya bagaimana melakukan transformasi data tidak normal menjadi normal.

Akan tetapi sebagai pembuka mari kita bahas apa itu transformasi data. Sehingga Anda bisa memahami materi selanjutnya dengan lebih baik.



transformasi data

Baca juga: Membuat Grafik Di Excel Dengan Banyak Data

Definisi Transformasi Data

Dalam statistik transformasi data adalah upaya yang dilakukan untuk mengubah skala pengukuran data asli menjadi bentuk lain. Sehingga data bisa memenuhi asumsi-asumsi yang mendasari analisis ragam. Contoh transformasi data adalah mengubah data numerik menjadi data kategori, atau mengubah beberapa variabel yang sudah ada lalu dibuat satu variabel komposit yang baru.

Transformasi data juga bisa diartikan sebagai proses mengubah bentuk data sehingga data siap untuk dianalisis. Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk mengubah bentuk data. Pada software SPSS perintah yang paling sering digunakan untuk transformasi data adalah RECODE atau COMPUTE.



Leave a Comment