Cara Membuat Grafik Di Excel Banyak Data


Membuat Grafik Di Excel Banyak Data – Seringkali kita dihadapkan dengan banyak data yang terlihat memusingkan karena hanya berbentuk angka-angka saja. Walaupun ada penjelasan, sebagian orang masih kesulitan untuk memahami informasi yang tersaji dalam data tersebut.

Permasalahan ini bisa diselesaikan dengan membuat grafik. Pada software Microsoft Excel kita bisa membuat grafik dengan mudah berbekal data yang sudah disiapkan. Sehingga kita tidak perlu lagi membuat grafik tersebut secara manual.



Lalu bagaimana cara membuat grafik di Excel? Berikut akan kami berikan panduan untuk Anda yang bisa dipelajari dan digunakan untuk latihan. Perlu dicatat, pada tutorial ini kami gunakan Microsoft Excel versi 2010. Pada dasarnya tidak ada perbedaan yang terlalu mencolok antara Microsoft Office 2007, 2010, 2013, 2016 atau Office 365.

Akan tetapi untuk beberapa fitur ada sedikit perubahan tampilan dan juga tata letak. Sehingga Anda perlu beradaptasi jika menggunakan versi Office yang lain.

Baca juga: Cara Membuat Diagram Di Excel

Membuat Grafik di Excel

Sebelum melakukan langkah-langkah berikut, pastikan Anda sudah memiliki data terlebih dahulu yang akan dibuatkan grafiknya. Data ini perlu dimasukkan ke dalam worksheet Excel. Jika data telah siap, ikuti langkah berikut:

  • Seleksi sel yang akan dibuatkan grafiknya. Yang perlu Anda pilih adalah judul kolom dan juga label baris. Sel-sel tersebut nantinya akan dijadikan sebagai sumber data untuk grafik yang kita buat. Pada contoh ini data sel yang diseleksi adalah A1:F6.

  • Langkah berikutnya klik tab Insert, pilih Chart yang diinginkan. Ada beberapa opsi yang dapat Anda pilih, seperti Column, Line, Pie, Bar, Area, Scatter dan Other Charts. Masing-masing pilihan ini dibagi lagi menjadi beberapa macam grafik. Contohnya kita pilih grafik Column – 2-D Clustered Column. Anda juga bisa memanfaatkan opsi Recommended Charts untuk versi Office yang lebih baru.



  • Grafik baru akan muncul sesuai dengan yang Anda pilih. Data-data yang kita seleksi tadi juga diterapkan pada grafik secara otomatis. Sehingga kita tinggal menyesuaikannya saja.

Menyesuaikan Gaya dan Tata Letak Grafik Excel

Setelah grafik selesai dibuat, Anda tetap bisa melakukan beberapa perubahan atau penyesuaian pada grafik tersebut. Misalnya mengubah gaya grafik atau tata letaknya.

Dengan bantuan Microsoft Excel kita bisa menambahkan elemen pada grafik. Misalnya judul, label data hingga legenda. Dengan adanya elemen tambahan ini grafik akan lebih mudah untuk dipahami oleh orang lain.

Untuk menambahkan elemen grafik, caranya adalah dengan membuka tab Design. Setelah itu Anda bisa menekan tombol Add Chart Element untuk versi Office terbaru. Sedangkan pada Microsoft Office 2010, silakan klik tab Layout.



Di sini Anda akan melihat ada beberapa elemen yang bisa Anda tambahkan pada grafik. Misalnya Chart Title, Axis Titles, Legend, Data Labels, dan Data Table. Selain itu Anda juga bisa menyesuaikan Axes, Gridlines dan Plot Area.

Jika ingin melakukan penyesuaian elemen grafik, contohnya judul grafik, Anda tinggal klik dua kali placeholder dan silakan ketikkan judul barunya.

Microsoft Excel juga menyediakan beberapa layout yang bisa Anda gunakan jika tidak ingin menambahkan elemen grafik satu per satu. Caranya klik tab Design, lalu pada pada grup Chart Layouts silakan tekan tombol dropdown yang ada di sisi kanan. Silakan pilih layout yang diinginkan.



Selain menambahkan atau mengedit elemen pada grafik, Anda juga bisa mengganti gaya grafik yang Anda buat. Excel menyediakan beberapa opsi gaya grafik yang dapat Anda pilih dengan praktis. Caranya silakan klik tab Design, lalu pada grup Chart Styles klik panah dropdown yang ada di sisi kanan. Anda akan menemukan banyak gaya grafik yang bisa Anda pilih.

Melakukan Formatting Chart Manual di Excel

Formatting chart merupakan proses yang berhubungan dengan kustomisasi grafik pada Excel. Dengan fitur ini kita bisa melakukan penyesuaian pada grafik yang kita buat di Excel.

Formatting Chart manual bisa dilakukan dengan klik dua kali atau double click pada area grafik yang ingin dikustomisasi. Setelah itu panel Format Charts akan muncul. Format Charts ini terdiri dari tiga tab yang dapat kita atur, di antaranya:

  1. Fill & Line: digunakan untuk melakukan kustomisasi warna dan garis elemen yang dipilih
  2. Effects: berfungsi untuk memberikan efek visual pada elemen yang dipilih
  3. Size Properties: untuk mengganti ukuran elemen yang dipilih

Menukar Data Baris dan Kolom di Excel

Dalam beberapa situasi Anda perlu menukar data baris dan kolom. Contohnya pada data penjualan notebook seperti yang kami buat, data dikelompokkan berdasarkan merek, dengan kolom pada setiap bulan. Lalu kita balik baris dan kolom, sehingga grafik dikategorikan berdasarkan bulan, dan kolom untuk setiap merek. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Pilih atau klik grafik yang akan diedit.
  • Klik tab Design, lalu pilih Switch Row / Column.

  • Maka data akan langsung bertukar tempat. Pada kasus ini dari yang sebelumnya dikelompokkan berdasarkan merek kini berubah menjadi bulan.

Mengganti Jenis Grafik di Excel

Jika Anda merasa grafik yang Anda pilih tidak sesuai dengan data yang Anda miliki, Anda bisa mengubahnya dengan mudah di Excel. Langkah-langkah yang perlu Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Buka tab Design, lalu pilih Change Chart Type.

  • Anda akan melihat kotak dialog Change Chart Type. Berikutnya pilih jenis grafik dan tata letak yang Anda inginkan, lalu klik OK.

Baca juga: Cara Membuat Histogram Di Excel

Memindahkan Grafik di Excel

Di atas kita sudah belajar bagaimana cara membuat grafik di Excel. Berikut bagaimana cara menambahkan elemen grafik, mengubah posisi kolom dan baris, hingga mengganti gaya grafik. Lalu bagaimana jika kita ingin memindahkan grafik dari suatu lembar kerja ke lembar kerja baru atau lainnya?



Leave a Comment