Cara Transformasi Data Tidak Normal Menjadi Normal


Menambah Jumlah Data

Cara alternatif pertama adalah dengan menambah data baru pada data yang sudah ada. Setelah itu data tersebut digabungkan dan dilakukan proses uji normalitas. Cara ini bisa digunakan untuk menghasilkan data yang normal. Hanya saja kekurangan dari cara ini adalah waktu penelitian yang menjadi lebih panjang dan dana ekstra yang harus dikeluarkan oleh peneliti.



Menghilangkan Data

Sebagai alternatif lainnya kita bisa menghapus beberapa data sehingga memperoleh data yang normal. Akan tetapi kita tidak boleh asal menghapus data. Data yang dihapus harus merupakan penyebab suatu data tidak normal. Data yang tidak normal ini biasanya disebabkan oleh data outlier. Ketika memutuskan untuk menghapus data maka Anda perlu memperhatikan bahwa pengurangan tersebut tidak mempengaruhi tujuan penelitian.

Menerima Data Apa Adanya

Cara terakhir adalah melakukan analisis dengan teknik yang berbeda untuk melakukan uji hipotesis. Misalnya dengan non parametrik. Untuk diketahui, pada uji ini kita tidak perlu memasukkan data yang terdistribusi secara normal.

Sekian yang bisa kami bahas mengenai cara transformasi data tidak normal. Untuk metode transformasi data software yang lazim digunakan adalah SPSS. Anda yang sering atau pernah berkecimpung dalam analisis data atau statistik pasti pernah mendengar ataupun menggunakannya.

Selain software tersebut ada beberapa penelitian yang bisa dikerjakan atau dianalisis dengan menggunakan Microsoft Excel. Hanya saja Anda perlu mempelajari lebih lanjut mengenai statistik dalam Excel. Misalnya bagaimana melakukan transformasi data yang tidak normal dengan memakai software Microsoft Excel.

Baca juga: Cara Filter Data Di Excel

Semoga tutorial di atas dan penjabaran yang kami sampaikan seputar transformasi data yang tidak normal di atas memudahkan Anda untuk memahami dan mempraktekkannya.



Sehingga Anda bisa mengatasi permasalahan semacam itu saat melakukan penelitian nanti.

Dan sebagai saran pastikan Anda melakukan pengambilan data dengan teliti sehingga kesalahan-kesalahan bisa diminimalisir dan hasil penelitian bisa lebih maksimal.



Leave a Comment