Cara Menghilangkan Page Break Di Excel


Menghilangkan Page Break – Microsoft Office menjadi salah satu software penting yang banyak digunakan dalam berbagai bidang. Misalnya Microsoft Excel bisa dimanfaatkan untuk menyusun laporan keuangan, mendata presensi siswa, rekapitulasi nilai, dan lain sebagainya.

Microsoft Excel bisa dibilang menjadi software yang serba bisa. Sebab software ini memang memiliki banyak sekali fitur yang dapat dinikmati sesuai kebutuhan. Hanya saja karena fitur yang sangat banyak kita sering lupa atau masih belum tahu bagaimana untuk mengoperasikan suatu fitur. Salah satunya adalah menghilangkan page break di Excel.

Mungkin Anda sudah familiar dengan page break di Microsoft Word. Dan fitur ini juga hadir di Microsoft Excel. Sesuai dengan namanya, fitur ini dipakai untuk membatasi halaman saat mencetak suatu sheet pada dokumen Excel.

Page break berfungsi untuk membuat halaman secara terpisah pada sheet. Sehingga jika jarak antara satu range dengan range lainnya sangat dekat, dengan fitur ini kita bisa memisahkannya menjadi dua halaman. Perubahan tersebut juga bisa dilihat pada bagian Print Preview.

Walaupun terdengar sepele, adanya fitur page break ini terbilang penting untuk keperluan khusus. Maka dari itu kami jelaskan bagaimana menghilangkan maupun menghapus page break di Microsoft Excel. Silakan simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Cara Membuat Halaman Berbeda Di Word

Insert Page Breaks di Excel

Sebelum membahas bagaimana cara menghilangkannya, kita bahas terlebih dahulu bagaimana cara menambahkan page breaks. Fitur ini bisa dijumpai di tab View maupun Page Layout (di grup Page Setup). Pada tab Page Layout fitur ini memiliki sebutan Breaks. Lebih jelasnya silakan ikuti langkah di bawah ini:

  • Buka Microsoft Excel yang terpasang pada perangkat Anda. Atau buka dokumen Excel yang ingin Anda tambahkan page breaks.
  • Pertama-tama kita harus mengaktifkan page default pada Excel. Tujuannya adalah untuk melihat letak batas halaman yang sesuai dengan ukuran kertas yang kita pakai.
  • Caranya klik tab View.
  • Selanjutnya klik tab Page Breaks Preview.

  • Tampilannya akan menjadi seperti berikut.

  • Saat kembali ke tampilan Normal, Anda akan melihat adanya batas halaman berupa garis putus-putus berwarna hitam yang lebih tebal dari garis sel.

Jika diamati Page Breaks default Excel berada di baris ke-40. Lalu kita ingin menguranginya sehingga saat dicetak dibatasi hanya sampai baris ke-38. Untuk melakukannya simak panduan berikut:

  • Klik salah satu sel yang ada di baris ke-39.
  • Klik tab Page Layout.
  • Cari dan klik menu Breaks.
  • Akan muncul beberapa opsi yang dapat Anda pilih. Silakan klik opsi Insert Page Break.

  • Secara otomatis page break akan pindah posisi di antara baris 38 dan 39. Sehingga saat dicetak Excel hanya mencetak sampai baris ke-38 saja.

Cara di atas bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Anda bisa mengubah page break di baris mana saja sesuai keinginan.

Pada Page Break Preview Anda bisa melihat mana page break yang dibuat sendiri oleh aplikasi dan mana yang Anda buat secara manual. Bedanya untuk yang dibuat oleh Excel ditandai dengan garis putus-putus berwarna biru. Sedangkan yang kita buat secara manual akan berupa garis lurus berwarna biru tanpa putus-putus.

Menghapus Page Breaks di Excel

Yang kita bahas berikutnya adalah bagaimana cara menghapus page breaks yang sudah dibuat di Excel. Perlu dicatat, cara ini hanya bisa dipakai jika sebelumnya Anda sudah membuat page break lalu Anda ingin menghapusnya dan mengembalikannya seperti semula atau kembali ke pengaturan default.

Caranya tidak susah, mirip dengan langkah-langkah di atas. Berikut panduan yang bisa Anda ikuti:

  • Klik baris yang akan kita hapus page break. Pastikan Anda menekan baris yang berada tepat di bawah garis page break (garis putus-putus warna hitam). Misalnya pada contoh di atas kami klik baris ke-39.
  • Klik tab Page Layout, kemudian klik menu Breaks seperti langkah di atas.
  • Bedanya yang kita pilih adalah Remove Page Break.

  • Page break yang kita buat akan terhapus dan dikembalikan seperti semula.

Cara di atas digunakan untuk menghapus salah satu atau hanya beberapa page break yang ada di sebuah sheet. Sedangkan jika Anda ingin menghapus seluruh page break yang Anda masukkan secara manual, maka Anda bisa pilih opsi Reset All Page Breaks pada menu Breaks di tab Page Layout.

Menghilangkan Page Break di Excel

Menghilangkan page break tidak sama dengan menghapus. Setelah kita mengakses menu Print Preview biasanya kita akan menjumpai garis page break. Tujuannya tidak lain untuk memastikan data yang kita masukkan di worksheet tidak melebihi batas lembar kerja. Dengan demikian kita bisa bekerja dengan mudah tanpa takut hasil cetak terpotong.

Hanya saja adanya garis pembatas ini bisa mengganggu sebagian orang untuk bekerja. Anda mungkin juga merasa risih jika garis tersebut terus muncul. Apalagi jika Anda membuat data pada Excel yang tidak untuk dicetak. Maka dari itu kita perlu menghilangkannya.

Ada cara untuk menyembunyikan page break. Lebih lanjutnya simak langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka Microsoft Excel atau workbook Anda.
  • Klik tab File yang ada di sisi kiri. Pada Office 2007 Anda bisa klik logo Office.
  • Sesudah itu ada beberapa menu yang bisa diakses. Klik menu Options.

  • Kotak dialog Excel Options akan muncul. Silakan klik bagian Advanced. Letaknya ada di panel kiri, antara menu Language dan Customize Ribbon.
  • Di sisi kanan silakan scroll ke bawah sampai Anda menjumpai menu Display options for this worksheet. Cari dan hilangkan centang pada menu Show page breaks. Jika sudah klik tombol OK.

  • Setelah itu garis page break akan hilang dari dokumen Anda.

Pada menu Display options for this worksheet kita bisa menentukan di sheet mana pengaturan tersebut diterapkan. Secara default sheet yang dipilih adalah Sheet1. Jika Anda ingin menghilangkan page break pada sheet lain maka silakan klik menu dropdown pada bagian tersebut, lalu pilih page break sheet mana yang akan dihapus.

Baca juga: Cara Membuat Halaman Romawi Dan Angka

Pada laman resmi Microsoft kita disarankan untuk menggunakan tampilan Page Break Preview saat bekerja. Walaupun sebenarnya kita bisa mengerjakannya dengan tampilan Normal. Bukan tanpa sebab, dengan tampilan Page Break Preview kita bisa menyesuaikan page break atau hentian halaman dengan mudah dan melihat bagaimana perubahan lain yang kita buat. Misalnya orientasi halaman atau perubahan format.

Sebab beberapa hal tersebut bisa mempengaruhi peletakan page break. Termasuk saat Anda mengatur tinggi baris ataupun lebar kolom.

Dengan tampilan Page Break Preview kita bisa mengatur garis page break dengan memposisikan kursor di garis tersebut lalu drag atau klik dan geser ke bagian yang diinginkan.

Sekian yang bisa kami sampaikan di caraharian kepada Anda. Semoga Anda terbantu dengan tutorial di atas, sehingga Anda bisa bekerja dengan lebih baik. Sebagai catatan, masing-masing Microsoft Office mempunyai tampilan yang berbeda. Sehingga wajar jika ada sedikit perbedaan soal langkah-langkah untuk melakukan suatu fungsi atau menjalankan sebuah fitur.



Loading...

Leave a Comment