Cara Menghilangkan Page Break Di Excel


Menghilangkan Page Break – Microsoft Office menjadi salah satu software penting yang banyak digunakan dalam berbagai bidang. Misalnya Microsoft Excel bisa dimanfaatkan untuk menyusun laporan keuangan, mendata presensi siswa, rekapitulasi nilai, dan lain sebagainya.



Microsoft Excel bisa dibilang menjadi software yang serba bisa. Sebab software ini memang memiliki banyak sekali fitur yang dapat dinikmati sesuai kebutuhan. Hanya saja karena fitur yang sangat banyak kita sering lupa atau masih belum tahu bagaimana untuk mengoperasikan suatu fitur. Salah satunya adalah menghilangkan page break di Excel.

Mungkin Anda sudah familiar dengan page break di Microsoft Word. Dan fitur ini juga hadir di Microsoft Excel. Sesuai dengan namanya, fitur ini dipakai untuk membatasi halaman saat mencetak suatu sheet pada dokumen Excel.

Page break berfungsi untuk membuat halaman secara terpisah pada sheet. Sehingga jika jarak antara satu range dengan range lainnya sangat dekat, dengan fitur ini kita bisa memisahkannya menjadi dua halaman. Perubahan tersebut juga bisa dilihat pada bagian Print Preview.

Walaupun terdengar sepele, adanya fitur page break ini terbilang penting untuk keperluan khusus. Maka dari itu kami jelaskan bagaimana menghilangkan maupun menghapus page break di Microsoft Excel. Silakan simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Cara Membuat Halaman Berbeda Di Word

Insert Page Breaks di Excel

Sebelum membahas bagaimana cara menghilangkannya, kita bahas terlebih dahulu bagaimana cara menambahkan page breaks. Fitur ini bisa dijumpai di tab View maupun Page Layout (di grup Page Setup). Pada tab Page Layout fitur ini memiliki sebutan Breaks. Lebih jelasnya silakan ikuti langkah di bawah ini:



  • Buka Microsoft Excel yang terpasang pada perangkat Anda. Atau buka dokumen Excel yang ingin Anda tambahkan page breaks.
  • Pertama-tama kita harus mengaktifkan page default pada Excel. Tujuannya adalah untuk melihat letak batas halaman yang sesuai dengan ukuran kertas yang kita pakai.
  • Caranya klik tab View.
  • Selanjutnya klik tab Page Breaks Preview.

  • Tampilannya akan menjadi seperti berikut.

  • Saat kembali ke tampilan Normal, Anda akan melihat adanya batas halaman berupa garis putus-putus berwarna hitam yang lebih tebal dari garis sel.

Jika diamati Page Breaks default Excel berada di baris ke-40. Lalu kita ingin menguranginya sehingga saat dicetak dibatasi hanya sampai baris ke-38. Untuk melakukannya simak panduan berikut:



  • Klik salah satu sel yang ada di baris ke-39.
  • Klik tab Page Layout.
  • Cari dan klik menu Breaks.
  • Akan muncul beberapa opsi yang dapat Anda pilih. Silakan klik opsi Insert Page Break.

  • Secara otomatis page break akan pindah posisi di antara baris 38 dan 39. Sehingga saat dicetak Excel hanya mencetak sampai baris ke-38 saja.



Leave a Comment