Cara Menghilangkan Garis Merah Di Word


Menghilangkan Garis Merah Di Word – Pada saaat melakukan intalasi Microsoft Word pertama kali tentu untuk masalah tampilan ataupun pengaturan masih menggunakan settingan dasar yang telah dibuat oleh pihak Microsoft.



Adapun salah satu settingan tersebut yaitu fitur pemeriksaan ejaan yang diaktifkan. Maka tak heran jika Anda menulis kalimat di Microsoft Word maka akan ada garis berwarna merah yang mengikuti tulisan tersebut.

Cara Menghilangkan Garis Merah Di Word

Garis merah tersebut sebenarnya memiliki fungsi untuk mengkoreksi tulisan Anda, apakah secara ejaan sudah benar atau masih salah. Akan tetapi, settingan  default fitur tersebut hanya untuk pemakaian dalam bahasa Inggris. Dengan demikian kata apapun yang telah Anda tulis dalam bahasa Indonesia tidak akan bisa dikenali oleh mesin.

Nah, pada pembahasan kali ini kami akan mengulas bagaimanakah cara menghilangkan garis merah di Microsoft Word. Namun sebelum itu kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai fungsi tanda merah, biru dan juga hijau pada Microsoft Word. Mari langsung saja simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Baca juga: Cara Membuat Halaman Di Word

Fungsi Tanda Merah, Biru dan Hijau Pada Microsoft Word

Fungsi Tanda Merah, Biru dan Hijau di Word

Perlu Anda ketahui bahwa fitur untuk mengecek spelling dan grammar setelan Microsoft Word akan menandai tulisan atau kata yang tidak tepat menurut tata bahasa dan pengejaan dengan garis yang berwarna merah, biru dan hijau. Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan di bawah ini.



  1. Fungsi Tanda Merah di Word

Seperti yang sudah kami singgung diatas bahwa tanda merah pada Microsoft Word memiliki fungsi untuk menandai penulisan kalimat yang kurang tepat menurut ejaan. Dengan adanya tanda merah tersebut maka penulis diharapkan tahu bahwa ada typo sehingga bisa segera memperbaikinya.

Hanya saja, untuk pengaturan bawaan dari Microsoft Word adalah bahasa Inggris. Jadi ketika menulis kalimat apapun dalam bahasa Indonesia maka garis merah akan selalu muncul. Ini dikarenakan mesin tidak bisa mengenali kalimat atau kata yang telah di tulis dalam dictionary nya.

Nah, untuk mengatasi permasalahan tersebut Anda bisa mengganti settingan bahasa atau bisa juga menon-aktifkan fitur pemeriksaan pengejaan pada pengaturan yang ada di Microsoft Word. Hal ini akan kami bahas pada tutorial-tutorial di bawah ini.

  1. Fungsi Tanda Hijau atau Biru

Tidak hanya tanda merah saja, ternyata juga ada tanda hijau yang biasa muncul pada Microsoft Word 2010 dan tanda biru pada Microsoft Word 2016. Adapun tanda warna tersebut menunjukkan bahwa ada kesalahan dalam tata bahasa atau grammar tulisan Anda.



Seperti misalnya dalam bahasa Inggris Anda menuliskan “She Are Smart” maka garis hijau atau biru bergelombang akan langsung muncul tepat dibawah kata Are. Mengapa demikian? Ini karena She menurut aturan grammar tidak boleh berpasangan dengan Are, melainkan Is. Jadi untuk penulisan kalimat She Are Smart disini Salah dan yang benar adalah She Is Smart.

Sementara itu, cara untuk mematikan munculnya tanda biru atau hijau pada Microsoft Word tidak jauh berbeda dengan tutorial cara menghilangkan tanda merah.  Perbedaaannya hanyalah tanda ceklis yang ada pada kata “Mark Grammar Errors as You Type” harus dihilangkan. Jika sudah dinonaktifkan maka secara otomatis tanda biru atau hijau akan langsung hilang.



Leave a Comment