Cara Menghitung Kepadatan Populasi Penduduk


Menghitung Kepadatan Penduduk – Mungkin Anda penasaran bagaimana orang-orang atau suatu lembaga mengetahui kepadatan populasi penduduk. Kepadatan penduduk berhubungan juga dengan pertumbuhan penduduk.



Perlu diketahui bahwa pola pertumbuhan penduduk di dunia cenderung mengikuti deret ukur atau deret geometri. Hanya saja menghitung kepadatan penduduk justru tidak memakai rumus deret geometri. Lalu bagaimana cara menghitung kepadatan populasi penduduk? Sebelum masuk ke cara menghitung, kita bahas terlebih dahulu apa itu kepadatan penduduk.

Pengertian Kepadatan Penduduk

Kepadatan penduduk adalah besarnya angka yang menyatakan perbandingan jumlah penduduk dan luas area. Semakin besar angkanya maka dapat diartikan semakin padat pula kepadatan penduduk di area tersebut.

Mengetahui tingkat populasi penduduk menjadi hal yang penting. Karena semakin tinggi tingkat populasi suatu wilayah membuat kebutuhan sumber daya alam seperti air, bahan makanan, listrik dan lain sebagainya juga turut meningkat. Hal tersebut juga menyebabkan persediaan sumber daya alam menurun.

Dengan kata lain kepadatan populasi penduduk dengan ketersediaan sumber daya alam mempunyai hubungan kebalikan. Yang artinya semakin padat populasi manusia di suatu wilayah maka akan semakin menurun sumber daya alam yang tersedia.

Tidak hanya itu saja, kepadatan populasi juga berdampak langsung terhadap tingkat pencemaran lingkungan. Seperti yang diketahui, bertambahnya jumlah penduduk sejalan dengan semakin tingginya tingkat pencemaran lingkungan.



Bukan tanpa alasan, semakin tingginya jumlah penduduk akan membuat produksi limbah juga lebih tinggi. Tentu saja hal ini berbanding lurus dengan pencemaran lingkungan.

Baca juga: Cara Menghitung Persentase Kenaikan

Rumus Menghitung Kepadatan Penduduk

Setelah mengetahui apa itu kepadatan penduduk, kini kita bahas seperti apa cara menghitung kepadatan populasi penduduk. Seperti yang sudah disinggung di atas, kepadatan penduduk merupakan perbandingan antara jumlah penduduk dengan luas wilayah.

Sehingga rumus untuk mencari kepadatan populasi penduduk adalah sebagai berikut:



Contoh

Untuk memudahkan pemahaman Anda terkait rumus di atas, kami berikan contoh sederhana yang bisa Anda amati. Berikut ini kita hitung kepadatan penduduk di DKI Jakarta pada tahun 2015.

Informasi data luas wilayah DKI Jakarta dan jumlah penduduknya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

Sehingga, dapat diketahui bahwa kepadatan penduduk (KP) DKI Jakarta di tahun 2015 adalah:



Dapat diketahui bahwa KP DKI Jakarta adalah 15.386,1285 yang bisa kita bulatkan menjadi 15.386. Artinya kepadatan penduduk di wilayah DKI Jakarta adalah 15.386 untuk setiap 1 km2. Dengan kata lain setiap 1 km2 luas wilayah DKI Jakarta dihuni sebanyak 15.386 orang.

Kepadatan Penduduk Kasar

Cara di atas juga disebut dengan kepadatan penduduk kasar atau crude density of population. Kepadatan penduduk kasar juga mempunyai istilah lain, yakni kepadatan penduduk aritmatika.



Leave a Comment