Ketuk (X) Untuk Menutup

Selamat Datang

Di CARAHARIAN

×

Cara Menghitung Kepadatan Populasi Penduduk


Menghitung Kepadatan Penduduk – Mungkin Anda penasaran bagaimana orang-orang atau suatu lembaga mengetahui kepadatan populasi penduduk. Kepadatan penduduk berhubungan juga dengan pertumbuhan penduduk.

Perlu diketahui bahwa pola pertumbuhan penduduk di dunia cenderung mengikuti deret ukur atau deret geometri. Hanya saja menghitung kepadatan penduduk justru tidak memakai rumus deret geometri. Lalu bagaimana cara menghitung kepadatan populasi penduduk? Sebelum masuk ke cara menghitung, kita bahas terlebih dahulu apa itu kepadatan penduduk.



Pengertian Kepadatan Penduduk

Kepadatan penduduk adalah besarnya angka yang menyatakan perbandingan jumlah penduduk dan luas area. Semakin besar angkanya maka dapat diartikan semakin padat pula kepadatan penduduk di area tersebut.

Mengetahui tingkat populasi penduduk menjadi hal yang penting. Karena semakin tinggi tingkat populasi suatu wilayah membuat kebutuhan sumber daya alam seperti air, bahan makanan, listrik dan lain sebagainya juga turut meningkat. Hal tersebut juga menyebabkan persediaan sumber daya alam menurun.

Dengan kata lain kepadatan populasi penduduk dengan ketersediaan sumber daya alam mempunyai hubungan kebalikan. Yang artinya semakin padat populasi manusia di suatu wilayah maka akan semakin menurun sumber daya alam yang tersedia.

Tidak hanya itu saja, kepadatan populasi juga berdampak langsung terhadap tingkat pencemaran lingkungan. Seperti yang diketahui, bertambahnya jumlah penduduk sejalan dengan semakin tingginya tingkat pencemaran lingkungan.