Cara Membuat Watermark Di Excel


Membuat Watermark Di Excel –  Microsoft Excel merupakan salah satu layanan dari Microsoft yang paling banyak digunakan oleh perusahaan.  Data yang bisa dibuat didalamnya sangat bervariasi seperti data laporan keuangan ataupun data rahasia yang lainnya.



Nah disinilah pentingnya membuat watermark pada Microsoft Excel.

Cara Membuat Watermark di Excel

Pembuatan watermark memiliki tujuan untuk menandakan seberapa pentingnya data yang ada dalam Microsoft Excel atau kepentingan yang lainnya. Perlu Anda ketahui bahwa ada dua jenis add watermark pada Microsoft Excel, yakni dengan menambahkan gambar ataupun teks pada file yang ingin dikirimkan.

Lalu bagaimanakah cara membuat watermark di Excel?

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai cara membuat watermark di Microsoft Excel dalam bentuk tulisan ataupn logo. Namun sebelum membahas lebih jauh kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai fungsi watermark di Excel.

Untuk lebih jelasnya mari langsung saja simak pembahasan berikut ini.



Fungsi Watermark di Microsoft Excel

Fungsi Watermark di Microsoft Excel

Watermark atau yang biasa disebut tanda air adalah tulisan atau gambar pada suatu file untuk memberikan label hak cipta dengan tujuan untuk melindungi dari tindakan pencurian dan pembajakan. Jika misalnya Anda sudah mengetahui bagaimana cara membuat grafik di Excel, pastinya harus ditandai agar tidak disalahgunakan.

Tanda air sendiri terbagi dalam dua jenis, yakni tulisan (teks) dan logo (gambar) yang pada umumnya memiliki bentuk transparan. Meskipun belum menyediakan fitur tool yang digunakan untuk menambahkan watermark ternyata Anda bisa membuat watermark pada Microsoft Excel.

Cara membuat watermark sendiri bisa dibilang sangat mudah. Dengan menambahkan tanda air maka tulisan yang telah Anda hasilkan akan sangat sulit sekali diklaim oleh orang lain apabila ingin dicuri. Baiklah mari langsung saja simak bagaimana cara membuat watermark di Microsoft Excel berikut ini.



Baca juga: Cara Membuat Barcode Dengan Excel

Cara Membuat Watermark di Microsoft Excel dengan Logo (Gambar)
Membuat Watermark di Excel dengan Logo

Membuat watermark logo atau gambar di Microsoft Excel memang sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan sebuah gambar logo yang telah diatur transparansinya. Namun kami sarankan untuk menggunakan format image PNG yang bisa menyimpan gambar transparan supaya watermark bisa terlihat lebih menarik untuk dipandang dan tidak menutupi teks.

Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat watermark di Microsoft Excel berupa gambar yang bisa Anda ikuti:

  • Pertama silahkan Anda buka program Microsoft Excel di laptop atau PC.
  • Kemudian buka file dokumen Microsoft Excel yang ingin Anda tambahkan watermark.
  • Apabila lembar halaman kerja sudah terbuka maka Anda bisa langsung masuk ke tab menu insert. Kemudian buka dropdown menu Text agar bisa memilih Header & Footer.
    Membuat Watermark di Excel dengan Logo
  • Secara otomatis Anda akan pergi ke tab menu Design. Kursor yang aktif di kotak header kemudian klik Picture untuk bisa mengupload gambar atau logo.
    Membuat Watermark di Excel dengan Logo
  • Pada Microsoft Excel terbaru akan tampil pop up saat Anda ingin mengupload gambar. Silahkan Anda pilih Work Offline.
  • Lalu tempat penyimpanan logo akan terbuka, Anda bisa memilih salah satunya yang ingin diupload ke lembar kerja untuk dijadikan sebagai watermark. Klik tombol insert untuk langsung memasukkannya.
    Membuat Watermark di Excel dengan Logo
  • Apabila logo atau gambar sudah terupload maka Anda bisa mengatur posisinya dengan cara meletakkan kursor di depan tulisan & {Picture} dengan klik tombol Home atau bisa juga dengan menggunakan kursor. Sementara untuk menggeser ke bawah, Anda bisa langsung tekan tombol enter sampai beberapa kali hingga mendapatkan posisi terbaik. Namun jika tidak ingin bisa Anda biarkan default saja.
    Membuat Watermark di Excel dengan Logo
  • Untuk memperbesar size logo, Anda bisa klik kotak Header. Secara tidak langsung Anda akan masuk ke tab menu Design. Klik menu Format Picture tepat di bagian Size. Pada bagian Scale Anda bisa mengatur ukuran gambar. Bisa Anda besarkan atau kecilkan sampai beberapa persen.
  • Tahap terakhir silahkan tekan tombol OK untuk menyimpannya.
    Membuat Watermark di Excel dengan Logo
  • Sekarang file Anda sudah terlindungi oleh watermark. Apabila logo watermark terlihat kurang menarik maka Anda bisa mengganti tanda air pada Microsoft Excel. Carannya adalah dengan klik pada Header & {Picture} lalu pilih Picture. Secara tidak langsung akan muncul notice peringatan.
    Membuat Watermark di Excel dengan Logo
  • Untuk mengganti logo watermark dengan gambar lainnya silahkan Anda pilih Replace. Anda bisa memilih logo pengganti dan upload seperti biasanya.
  • Terkadang ada yang merasa sangat risih dengan tampilan layout saat membuat watermark. Anda pun bisa merubah tampilan lembar kerja seperti biasanya atau normal. Caranya adalah melalui tab menu View lalu pada bagian Workbook Views bisa Anda pilih Normal.
    Membuat Watermark di Excel dengan Logo

Baca juga: Cara Menghitung Persen Di Excel

Cara Membuat Watermark di Microsoft Excel dengan Tulisan

Cara Membuat Watermark di Excel dengan Tulisan



Leave a Comment