Cara Mengganti Background Power Point


Mengganti Background Power Point – Microsoft Power Point merupakan sebuah program komputer yang telah dikembangkan oleh Microsoft, dimana aplikasi ini bisa membantu kita dalam melakukan kegiatan presentasi.

Power Point memiliki tampilan yang terdiri dari banyak slide sehingga akan memudahkan pengguna untuk mempersiapkan materi presentasi.
Cara Mengganti Background Power Point

Pada umumnya Power Point digunakan untuk melakukan presentasi dalam bidang pendidikan dan bisnis. Dengan menggunakan aplikasi yang satu ini maka presentator hanya perlu menempatkan beberapa point penting yang ingin disampaikan kepada audiens.

Untuk slide presentasi tentunya harus dibuat semenarik mungkin seperti misalnya dengan menambahkan animasi. Dengan tampilan yang menarik tentunya bahan presentasi Anda akan memiliki nilai plus dimata para audience.

Selain animasi, salah satu unsur paling penting yang harus ditambahkan adalah background. Sebab dalam setiap tampilan slide akan selalu ada backgroud di dalamnya. Sebenarnya tidak masalah jika Anda menggunakan background default (warna putih), tetapi background tersebut terkesan sangat membosankan dan kurang menarik untuk dilihat. Maka dari itu, penting sekali untuk mengatur background dengan sedemikian rupa.

Nah, bagi Anda yang sering melakukan kegiatan presentasi tentunya Anda sudah tahu bagaimana cara mengganti background Powerpoint. Namun jika Anda yang masih belum tahu cara mengganti backgroud presentasi maka Anda bisa simak artikel ini sampai akhir.

Baca juga: Cara Membuat Background Di Word

Fungsi Power Point

fungsi Power Point

Sebelum membahas lebih jauh, kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai fungsi Power Point. Seperti yang sudah kami jelaskan diatas bahwa Microsoft Power Point diciptakan tentunya mempunyai tujuan yang jelas, yakni  memudahkan pengguna untuk melakukan kegiatan presentasi.

Namun tahukah Anda bahwa masih banyak sekali fungsi Power Point lainnya. Berikut ini adalah fungsi-fungsi Power Point yang perlu Anda ketahui:

  • Dengan menggunakan Microsoft Power Point maka prentasi akan menjadi lebih mudah untuk dipahami karena ditampilkan dalam bentuk slide.
  • Adanya kemudahan untuk menambahkan gambar, video maupun audio yang bisa membuat presentasi terlihat semakin menarik dan tampak hidup.
  • Materi Power Point dalam bentuk softcopy pastinya akan memudahkan Anda untuk mengakses maupun men-share melalui perangkat komputer.

Keunggulan Power Point

Keunggulan Power Point

Microsoft Power Point mempunyai banyak kelebihan yang bisa diandalkan untuk membantu presentasi Anda. Adapun beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Microsoft Power Point adalah sebagai berikut:

  • Kemudahan dalam mengoperasikan Microsoft Power Point mulai dari pembuatan slide sampai dengan pengoperasiannya ketika presentasi.
  • Memiliki banyak sekali desain dan animasi yang bisa membuat presentasi Anda menjadi semakin menarik disimak.
  • Selain desain, tersedia berbagai macam template yang menarik sehingga akan memudahkan Anda dalam mengoperasikannya.
  • Kebebasan dalam mengkreasikan slide merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Microsoft Power Point. Sebab, dengan demikian Anda bisa berkreasi dan tidak hanya fokus pada satu bentuk tampilan saja.
  • Keunggulan yang dimiliki oleh Microsoft Power Point lainnya adalah kemampuan dalam mengedit gambar atau foto secara langsung sehingga menjadi nilai plus ketika mengoperasikannya.

Cara Mengganti Background PPT dengan Gambar

Mengganti backgroud PPT dengan gambar bisa dibilang sangat mudah dan sederhana. Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang akan kami sampaikan berikut ini untuk mengubahnya. Pada tutorial kali ini, kami menggunakan Microsoft Power Point 2010.

Namun jika Anda menggunakan versi 2007 ataupun 2013 keatas maka Anda tidak perlu khawatir karena langkah-langkahnya hampir mirip.

  • Pertama silahkan Anda buka aplikasi Power Point di komputer Anda. Pada menu silahkan Anda pilih Design lalu Background Style yang berada di pojok kanan atas.
  • Setelah itu, pilih Format Background.
    Cara Mengganti Background PPT
  • Pada kotak Format Background tersebut Anda bisa pilih Fill lalu klik Picture or texture fill.
  • Kemudian pada bagian insetr form silahkan Anda klik File untuk mengupload gambar ataupun foto yang diinginkan.
    Cara Mengganti Background PPT
  • Jika sudah langsung saja pilih gambar yang ingin Anda masukkan lalu klik Insert. Secara otomatis maka Microsoft Power Point 2010 akan langsung mengatur dan mengisi background slide.
  • Tahap ini sebenarnya merupakan tahap terakhir dan langkah-langkah sudah selesai. Anda pun tinggal klik Close. Tetapi apabila tampilan atau posisi gambar tersebut kurang sesuai maka Anda bisa melakukan modifikasi.
  • Klik Picture Corretions jika Anda ingin melakukan modifikasi. Pada bagian Presets, silahkan Anda pilih modifikasi gambar untuk tingkat Soften dan juga Sharpen.
    Cara Mengganti Background PPT
  • Sedangkan pada bagian Brightness and Contrast, Anda bisa langsung memilih modifikasi gambar yang cocok. Tetapi jika gambar tersebut masih kurang sesuai dan Anda ingin kembali seperti gambar semula maka sebelum modifikasi, klik Reset.
  • Terakhir klik Close untuk menyelesaikan.

Mengganti Warna Desain Background PPT

Selain mengganti background Power Point dengan gambar atau foto ternyata Anda juga bisa mengganti warna desain background supaya tidak terlihat monoton. Banyak sekali variasi warna yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan atau selera Anda sendiri.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk mengganti warna desain background Power Point:

  • Sama dengan langkah sebelumnya, pada menu Design silahkan Anda pilih Theme atau tema yang ingin digunakan.
    Mengganti Warna Desain Background PPT
  • Pilih dan klik Colors yang terletak di bagian atas. Kemudian pilih warna sesuai keinginan Anda. Pada Microsoft Power Point ada banyak sekali variasi warna yang bisa Anda pilih untuk mempercantik ataupun memodifikasi tampilan background PPT. Seperti misalnya Anda bisa memilih Austin, Clarity, Civis, Composite, dan lain sebagainya.
    Mengganti Warna Desain Background PPT

Baca juga: Cara Menghilangkan Garis Merah Di Word

Akhir Kata

Gambar ataupun warna yang ingin diterapkan pada background Power Poin harus diperhatikan dengan baik. Tujuan utamanya memang untuk menghindari kesan monoton dari hasil presentasi Anda. Bisa dibayangkan jika Anda merupakan seorang audience, tentunya Anda tidak akan tertarik untuk menyimak presentasi yang begitu-begitu saja.

Dengan demikian jika nantinya menjadi presentator maka Anda pun akan berusaha untuk menampilkan gambar ataupun kombinasi gambar yang terlihat jelas dan menarik.

Dalam mengganti background Power Point dengan gambar kami sarankan untuk menggunakan gambar yang kontras dengan teks yang akan Anda gunakan. Hal ini bertujuan agar audience bisa membedakan dengan jelas antara background dengan teks yang telah Anda jadikan penjelas presentasi.

Jika misalnya Anda menggunakan warna background yang gelap maka gunakan teks yang terang. Supaya tulisan terlihat semakin jelas maka Anda bisa memodifikasi gambar supaya lebih transparan. Ini bisa membantu dalam membuat teks supaya nampak menonjol dan bisa terlihat dengan mudah.

Nah, sampai disini apakah Anda masih merasa kesulitan dengan cara yang kami sampaikan diatas? Pastinya dengan langkah-langkah yang sudah kami sampaikan sejelas mungkin diatas diharapkan para pembaca tidak mengalami kesulitan dan bisa mudah dalam mengikutinya.

Sekian dulu informasi yang dapat kami sampaikan kali ini mengenai bagaimana cara mengganti background Power Point dengan mudah.

Semoga informasi yang telah kami sampaikan ini bisa memberikan manfaat dan wawasan bagi pembaca semua.

Terima kasih sudah mengunjungi website kami.



Loading...

Leave a Comment