Cara Membuat Podcast Spotify Di Android


Podcast Spotify Di Android – Podcast sebenarnya bukanlah barang baru di dunia ini. Hanya saja popularitasnya naik daun belakangan ini. Sekarang tidak sulit untuk menjumpai konten podcast yang menarik dan menjangkau berbagai kalangan. Podcast tentang rumah tangga ada, podcast gadget pun ada, bahkan podcast tentang cerita horor pun juga bisa kita jumpai.



Ada banyak sekali media yang bisa kita manfaatkan untuk menikmati layanan podcast. Salah satu yang banyak digunakan adalah Spotify. Aplikasi yang satu ini bisa kita unduh secara gratis di berbagai platform, mulai dari Android, iOS, Windows, Mac OS, bahkan juga Linux.

Karena menjamurnya podcaster di Indonesia, mungkin tidak sedikit dari Anda yang juga tertarik untuk turut membuat podcast sendiri. Yang jadi masalah, bagaimana cara membuat podcast?

Sebelumnya perlu diketahui bahwa mengunggah konten podcast berbeda dengan unggah konten di Youtube. Sebab pada podcast kita membutuhkan third party untuk mengunggah konten atau disebut juga dengan nama episode. Dengan kata lain jika ingin meng-upload episode atau konten podcast ke Spotify, kita tidak langsung meng-upload konten tersebut ke sana. Kita membutuhkan agregator lain.

Saat ini ada banyak agregator yang bisa kita manfaatkan. Mulai dari Anchor, Podbean, Blubrry, SimpleCast, hingga BuzzSprout. Hanya saja tidak semuanya gratis dan bisa Anda gunakan sesuka hati. Meski demikian tetap ada aplikasi yang bisa Anda coba sebagai langkah awal untuk terjun di dunia podcaster. Aplikasi tersebut adalah Anchor.

Kelebihan Anchor adalah fitur yang cukup melimpah dan juga gratis. Selain itu Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk langsung merekam konten podcast Anda. Atau juga bisa lewat website Anchor. Menariknya lagi Anchor juga menyediakan art cover yang bisa kita manfaatkan untuk membuat art cover podcast kita. Baik, berikut adalah cara membuat podcast.



Baca juga: Cara Membuat Subtitle Video

Membuat Akun Email

Langkah ini sebenarnya opsional. Akan tetapi tidak ada salahnya untuk memisahkan email pribadi dengan email untuk podcast. Sehingga semua email yang masuk tidak tercampur aduk. Anda bisa menggunakan Gmail, Ymail, hotmail, atau penyedia layanan email lainnya. Supaya lebih mudah menghafalnya gunakan nama podcast sebagai alamat email Anda.

Daftar di Anchor

Setelah membuat email, tahap berikutnya adalah mendaftarkan akun baru di Anchor. Anda bisa daftar via website atau aplikasi. Jika sign up lewat aplikasi, maka Anda bisa melihat beberapa opsi untuk mendaftar. Antara lain dengan email (memasukkan nama, email dan kata sandi), akun Facebook, Twitter, Google dan Apple ID. Silakan tentukan mana yang ingin Anda pakai untuk mendaftar.



Leave a Comment