Cara Membuat Podcast Spotify Di Android


Podcast Spotify Di Android – Podcast sebenarnya bukanlah barang baru di dunia ini. Hanya saja popularitasnya naik daun belakangan ini. Sekarang tidak sulit untuk menjumpai konten podcast yang menarik dan menjangkau berbagai kalangan. Podcast tentang rumah tangga ada, podcast gadget pun ada, bahkan podcast tentang cerita horor pun juga bisa kita jumpai.

Ada banyak sekali media yang bisa kita manfaatkan untuk menikmati layanan podcast. Salah satu yang banyak digunakan adalah Spotify. Aplikasi yang satu ini bisa kita unduh secara gratis di berbagai platform, mulai dari Android, iOS, Windows, Mac OS, bahkan juga Linux.

Karena menjamurnya podcaster di Indonesia, mungkin tidak sedikit dari Anda yang juga tertarik untuk turut membuat podcast sendiri. Yang jadi masalah, bagaimana cara membuat podcast?

Sebelumnya perlu diketahui bahwa mengunggah konten podcast berbeda dengan unggah konten di Youtube. Sebab pada podcast kita membutuhkan third party untuk mengunggah konten atau disebut juga dengan nama episode. Dengan kata lain jika ingin meng-upload episode atau konten podcast ke Spotify, kita tidak langsung meng-upload konten tersebut ke sana. Kita membutuhkan agregator lain.

Saat ini ada banyak agregator yang bisa kita manfaatkan. Mulai dari Anchor, Podbean, Blubrry, SimpleCast, hingga BuzzSprout. Hanya saja tidak semuanya gratis dan bisa Anda gunakan sesuka hati. Meski demikian tetap ada aplikasi yang bisa Anda coba sebagai langkah awal untuk terjun di dunia podcaster. Aplikasi tersebut adalah Anchor.

Kelebihan Anchor adalah fitur yang cukup melimpah dan juga gratis. Selain itu Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk langsung merekam konten podcast Anda. Atau juga bisa lewat website Anchor. Menariknya lagi Anchor juga menyediakan art cover yang bisa kita manfaatkan untuk membuat art cover podcast kita. Baik, berikut adalah cara membuat podcast.

Baca juga: Cara Membuat Subtitle Video

Membuat Akun Email

Langkah ini sebenarnya opsional. Akan tetapi tidak ada salahnya untuk memisahkan email pribadi dengan email untuk podcast. Sehingga semua email yang masuk tidak tercampur aduk. Anda bisa menggunakan Gmail, Ymail, hotmail, atau penyedia layanan email lainnya. Supaya lebih mudah menghafalnya gunakan nama podcast sebagai alamat email Anda.

Daftar di Anchor

Setelah membuat email, tahap berikutnya adalah mendaftarkan akun baru di Anchor. Anda bisa daftar via website atau aplikasi. Jika sign up lewat aplikasi, maka Anda bisa melihat beberapa opsi untuk mendaftar. Antara lain dengan email (memasukkan nama, email dan kata sandi), akun Facebook, Twitter, Google dan Apple ID. Silakan tentukan mana yang ingin Anda pakai untuk mendaftar.

Membuat Podcast di Anchor

Langkah di atas bukan akhir, justru sebaliknya. Setelah berhasil mendaftarkan akun baru di Anchor, Anda perlu membuat podcast di Anchor. Caranya sebagai berikut:

  • Silakan tekan menu Podcast Kamu di pojok kiri bawah, lalu tap tiga titik vertikal.
  • Pilih Pengaturan podcast.

  • Kemudian tap tombol Buat podcast kamu sekarang.

  • Silakan isi nama podcast pada kolom yang tersedia. Sebagai saran, gunakan nama podcast yang unik dan mudah untuk dihafal.
  • Anda juga bisa mengubah URL profil Anchor yang digunakan untuk mengakses profil Anchor Anda.
  • Jika sudah klik tombol Gunakan nama & URL ini.

  • Tahap berikutnya kita diminta untuk mengisi deskripsi yang menggambarkan tentang isi podcast kita. Anda juga bisa mengubah deskripsi ini nanti. Jika sudah terisi silakan tap tombol Pakai deskripsi ini. Atau jika ingin melewatinya tap Saya selesaikan nanti.

  • Berikutnya kita diminta untuk memilih gambar untuk sampul atau art cover. Anda bisa mencari foto, upload gambar atau meminta aplikasi untuk memilih sampul untuk podcast Anda. Silakan pilih mana yang Anda inginkan. Atau tap Simpan dan selesaikan nanti jika ingin melewati tahap ini.

  • Kita juga diminta untuk menambahkan teks pada sampul. Opsi yang ditawarkan cukup banyak, mulai dari pemilihan jenis font, posisi teks, hingga warna. Silakan sesuaikan keinginan dan akhiri dengan tap tombol Lanjutkan.

  • Silakan konfirmasi gambar sampul dengan klik Lanjutkan. Pada tahap ini Anda bisa mengunduh gambar sampul yang sudah dibuat.
  • Tahap berikutnya adalah menentukan kategori dan bahasa. Silakan sesuaikan, jika sudah klik Lanjutkan.

  • Muncul tampilan seperti gambar berikut. Klik Publikasikan podcast saya.

  • Anda akan dibawa ke Pengaturan podcast. Klik tombol tanda panah ke kiri untuk kembali ke tampilan awal.

Membuat Episode Baru dan Mendistribusikannya

  • Klik menu Alat untuk membuat episode baru dan tap tombol +.

  • Anda bisa merekam podcast langsung dari aplikasi atau mengunggah rekaman dari platform lain seperti Audacity, LogicPro, Cubase dan lain sebagainya.

  • Sebagai contoh tap tombol Rekam untuk merekam langsung dari aplikasi. Untuk mengakhiri tap tombol Berhenti. Anda juga bisa menambahkan musik latar jika mau. Jika sudah selesai klik tombol Simpan.

  • Buat nama segmen dan tap tombol Tambahkan rekaman ke episode.
  • Untuk menerbitkan tap menu Alat dan tap Terbitkan.
  • Silakan ketikkan judul episode dan deskripsi episode. Anda juga bisa mengatur season, episode atau jenis episode. Jika sudah klik Terbitkan sekarang.

Yang menarik dari Anchor adalah sistemnya yang bisa mendistribusikan podcast kita secara otomatis ke berbagai platform yang tersedia. Sehingga kita tidak perlu mengirim RSS feed ke masing-masing platform seperti Spotify, Apple Podcast, Google Podcast, dan lain sebagainya.

Jika podcast berhasil tampil di sebuah platform, maka kita akan mendapatkan pemberitahuan. Begitu juga sebaliknya. Jika gagal kita bisa mengevaluasi apa yang salah atau kurang dari podcast kita. Anda bisa mengetahui status distribusi dengan mengakses menu Podcast Kamu, lalu tap tiga titik di pojok kanan atas dan tap menu Status distribusi. Berikut adalah tampilan podcast yang kami buat dan berhasil tayang di Spotify.

Baca juga: Cara Menghapus Adware Secara Permanen

Upload RSS Feed ke Spotify

Jika Anda memanfaatkan host website agar podcast Anda tersedia di internet, maka Anda akan mendapatkan RSS feed setiap kali berhasil mengunggah podcast. Kemudian Anda perlu mengunggahnya ke Spotify. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka halaman Spotify for Podcaster atau https://podcasters.spotify.com/ pada web browser Anda.
  • Silakan login atau masuk dengan akun Spotify Anda.
  • Selanjutnya pilih Get Started pada laman Submit your podcast.
  • Baca Terms and Conditions dan centang jika setuju, lalu klik Continue.
  • Masukkan link RSS feed pada kolom isian yang ada.
  • Setelah itu judul dan cover image atau sampul podcast Anda akan muncul secara otomatis. Langsung saja klik tombol Next.
  • Silakan lengkapi bagian Add podcast info. Pada bagian ini kita diminta untuk memasukkan informasi seputar negara, bahasa, kategori, hingga penyedia layanan. Jika sudah klik Next.
  • Silakan lihat kembali detail yang Anda masukkan sebelumnya. Jika sudah benar klik Submit.

Podcast akan ditinjau atau di-review oleh tim Spotify. Hal ini biasanya akan membutuhkan waktu beberapa hari. Jika beruntung podcast Anda akan tayang di Spotify dalam waktu yang singkat.



Loading...

Leave a Comment