Cara Mengganti Background Foto Dengan Paint


Edit Background Foto Dengan Paint – Saat kita duduk di bangku sekolah kita sering diminta untuk mengumpulkan pas foto kita dengan memakai seragam sekolah atau busana hitam dan putih. Kebanyakan orang memanfaatkan jasa studio foto untuk membuat pas foto. Tidak hanya hasilnya saja yang bagus, namun pihak studio biasanya juga sudah mengganti background sesuai dengan yang kita minta.

Background foto untuk dokumen penting biasanya berlatar belakang biru atau merah. Jika file pas foto yang Anda miliki berwarna merah dan ingin menggantinya menjadi biru, Anda bisa menggunakan beberapa software. Yang paling sering digunakan adalah Adobe Photoshop.

Hanya saja software tersebut berbayar. Sehingga akan sangat mubazir jika membelinya hanya untuk mengedit background foto saja. Selain itu software tersebut juga terbilang berat. Sehingga akan sedikit lambat jika dipakai pada PC atau laptop jadul.

Jika memang mendesak dan Anda tidak punya banyak waktu untuk menunggu instalasi software editing foto, Anda bisa mencoba mengganti background foto dengan software Paint. Anda pasti sudah tidak asing dengan software yang satu ini.

Sekilas tentang Paint

Baca juga: Cara Edit Ukuran Foto 4×6 Dan 3×4

Paint adalah salah satu software bawaan Windows yang sudah sejak lama hadir pada sistem operasi Windows. Bahkan di Windows 10 terbaru software ini masih dipertahankan dengan beberapa perkembangan.

Paint dibuat untuk membuat gambar-gambar sederhana. Walaupun demikian Paint dibekali dengan kemampuan untuk mengedit gambar atau foto. Sehingga Anda bisa memanfaatkan kemampuan ini untuk beberapa hal. Kami sendiri biasa memakai software ini untuk menyimpan hasil print screen.

Dan Anda juga bisa memanfaatkannya untuk menghapus background suatu foto. Serta beberapa hal lainnya.

Membuka Software Paint

Untuk membuka software ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Cara pertama adalah dengan menekan tombol Start, klik All Programs, klik Accessories, dan pilih Paint.

Cara kedua dengan menekan tombol Ctrl + R pada keyboard untuk memunculkan kotak dialog Run. Setelah muncul ketikkan mspaint dan klik tombol OK atau tekan tombol Enter pada keyboard. Ingat, nama software-nya adalah mspaint, bukan paint saja.

Cara ketiga dengan memanfaatkan search bar yang ada pada sistem operasi Windows 7, Windows 8, hingga Windows 10. Pada Windows 7 klik tombol Start di pojok kiri bawah layar ataupun pada keyboard. Kemudian langsung ketikkan paint. Hasil pencarian akan muncul dan klik software Paint.

Pada Windows 8 atau Windows 10 juga sedikit mirip. Anda bisa mengetikkan kata kunci pada search bar yang ada di sebelah tombol start. Atau juga bisa dengan menekan tombol Start dan langsung mengetikkan kata kunci paint. Hasil pencarian nantinya akan muncul, dan pilih Paint.

Mengganti Background Foto di Paint

Jika ingin mengganti background foto di Paint, kita perlu menyiapkan foto yang ingin diubah terlebih dahulu. Pada dasarnya cara mengganti background foto di Paint mirip dengan software editing foto lainnya. Kita memakai sebuah tool yang berfungsi untuk menyeleksi bagian yang ingin dihapus.

Tool yang dipakai adalah Selection Shape. Tool ini ada di bagian ribbon, tepatnya pada menu dropdown Select. Tool ini berfungsi untuk menyeleksi bagian-bagian tertentu pada suatu foto, yang nantinya bisa kita hapus atau pindah ke tempat lain.

Tool ini terbagi menjadi dua macam, yaitu Rectangular selection dan Free-form selection. Untuk mengganti background kita pakai seleksi bebas atau Free-form selection. Lebih jelasnya berikut langkah-langkahnya:

  • Buka folder di mana foto yang ingin Anda edit berada.
  • Klik kanan pada foto tersebut dan klik Edit. Aplikasi Paint akan terbuka secara otomatis bersama dengan foto yang akan diedit.

  • Atau Anda juga bisa klik Open with dan pilih Paint. Jika tidak ada dalam daftar dan pilih Choose default program. Klik Other Programs dan cari aplikasi Paint jika tidak ada di bagian Recommended Programs. Jangan lupa hilangkan centang Always use the selected program to open this kind of file dan klik OK.

  • Cara lain adalah dengan membuka Paint dengan cara yang telah kami sampaikan di atas, lalu klik File > Open dan pilih foto yang akan diedit.

  • Setelah foto terbuka, langsung klik menu dropdown Selection shapes dan pilih Free-form selection.

  • Langkah berikutnya lakukan seleksi pada batas antara objek foto dengan background. Caranya dengan klik kiri dan geser mouse (drag) mengikuti alur objek. Saat melakukan seleksi jangan melepas jari dari tombol mouse.
  • Jika terlalu kecil Anda bisa memperbesarnya dengan tekan tahan tombol Ctrl + scroll mouse ke atas untuk memperbesar tampilan. Anda juga bisa memperbesar tampilan dengan klik tab View dan klik menu Zoom in untuk memperbesar.
  • Lakukan seleksi dengan hati-hati agar objek tidak sampai ikut terseleksi. Anda juga dapat menyeleksi sedikit demi sedikit jika ada bagian yang cukup sulit untuk diseleksi.

  • Lepaskan jari dari tombol kiri mouse. Bagian yang kita tandai tadi akan terseleksi dan bisa kita hapus dengan cara klik kanan lalu pilih Delete. Atau langsung klik tombol Delete pada keyboard.

  • Bagian yang kita tandai tadi akan hilang. Ulangi langkah di atas untuk menghapus seluruh background.
  • Jika semua background sudah terhapus, langkah selanjutnya adalah memberi warna dengan tool Brushes pada pinggir objek. Warna yang dipilih adalah yang kita pakai untuk background.

  • Kemudian gunakan tool bucket dan pilih warna yang sama, lalu klik pada bagian background untuk mewarnai seluruh latar belakang foto.

  • Anda bisa menyimpan foto yang sudah diedit. Klik tab File dan pilih Save as. Pilh JPEG picture dan tentukan lokasi penyimpanan foto.

Tips tambahan

  • Untuk tips tambahan, saat melakukan kesalahan Anda bisa melakukan undo dengan klik tombol anak panah ke kiri di pojok kiri atas atau dengan menekan Ctrl + Z.
  • Selain memakai tool selection di atas Anda juga bisa memanfaatkan tool Brushes dengan warna putih atau langsung warna background yang diinginkan.
  • Anda bisa memperbesar ukuran tool brushes, eraser atau pencil dengan cara tekan tombol Ctrl + Numpad +. Untuk mengecilkannya klik Ctrl + Numpad –.

Baca juga: Cara Membuat Twibbon

Menghilangkan Background Foto dengan Paint 3D

Pada Windows 8 atau Windows 10 kita bisa memakai Paint 3D yang lebih modern untuk menghapus background foto. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Buka gambar pada Paint 3D
  • Klik Magic select tool.
  • Tentukan bagian gambar yang akan kita hapus background-nya, lalu klik Next pada side bar kanan.
  • Aplikasi akan mendeteksi objek secara otomatis. Jika kurang pas pakai tool Add atau Remove untuk menyesuaikan seleksi. Kemudian klik Done.
  • Kotak baru akan muncul di luar gambar dan menandakan bahwa objek sudah terpisah.
  • Klik kanan pada objek tersebut dan pilih Copy.
  • Paste pada jendela baru.
  • Anda bisa menyesuaikan warna background.
  • Setelah itu simpan foto.


Loading...

Leave a Comment