Cara Membuat Bullet Journal Untuk Pemula


Lalu bagaimana untuk membuat bullet journal? Berikut kami sampaikan beberapa poin penting seputar bagaimana membuat bullet journal yang benar.



Sesuaikan Template dengan Kebutuhan

Setiap orang memiliki aktivitas yang berbeda-beda. Maka dari itu untuk membuat bullet journal jangan lupa untuk menyesuaikan template dengan kebutuhan Anda sendiri. Anda bisa memulai dari jurnal kosong dan mengisinya dengan template yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda. Selanjutnya tambahkan dekorasi atau elemen-elemen pemanis sehingga jurnal yang Anda buat terlihat lebih menarik dan tidak membosankan untuk dilihat.

Jadikan Kebiasaan

Untuk mengisi bullet journal juga perlu pembiasaan, terlebih jika Anda baru pertama kali membuat bullet journal. Biasakan untuk selalu mengisi bullet journal setiap saat. Agar tidak lupa menulis setiap kegiatan atau ide yang terlintas di pikiran Anda, letakkan bullet journal di samping tempat tidur atau tempat yang mudah Anda jangkau.

Hindari Membandingkan Karya Sendiri dengan Orang Lain

Contoh bullet journal di internet sangat banyak dan terlihat sangat indah. Akan tetapi jangan sampai Anda membanding-bandingkan karya bullet journal Anda dengan orang lain. Sebab hal ini bisa membuat Anda tidak bersemangat dan ujung-ujungnya Anda malas untuk menulis bullet journal.

Menggunakan Media Lain

Untuk membuat bullet journal Anda tidak diharuskan selalu menggunakan notebook. Anda bisa memanfaatkan media lainnya. Misalnya papan tulis, atau bahkan smartphone maupun tablet. Dengan bantuan aplikasi pihak ketiga Anda bisa membuat bullet journal secara digital yang tak kalah menarik.



Track Goals

Biasanya seseorang akan semakin bersemangat saat sebuah pencapaian sudah tercatat ke dalam bullet journal. Maka dari itu jangan lupa untuk memberikan tracking goals. Sehingga Anda tetap bersemangat untuk mengisi bullet journal dan mencatat semua kegiatan atau tugas yang harus dilakukan dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Baca juga: Cara Membuat Kurva S Di Excel

Catat Semua Ide

Seperti yang sudah disinggung di atas, dengan bullet journal Anda bisa mencatat seluruh ide yang terlintas di pikiran Anda. Saat ada ide baru muncul, jangan buang-buang waktu untuk mencatatnya ke dalam bullet journal. Seluruh ide yang tertampung dalam bullet journal bisa menjadi inspirasi bagi Anda di masa mendatang. Hal semacam ini akan memudahkan kita saat melakukan brainstorming.

Bullet journal mempunyai banyak kegunaan. Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, jurnal ini bisa membuat kita lebih produktif, menganalisis aktivitas yang dilakukan pada hari tertentu, hingga membuat kita lebih kreatif. Tidak hanya itu saja, bullet journal juga bisa membantu mengurangi stres.

Hanya saja hal tersebut bisa tercapai jika kita sanggup mengisi bullet journal secara rutin. Maka dari itu jangan sampai patah semangat atau malas untuk menyusun bullet journal. Sehingga Anda bisa mendapatkan manfaatnya di suatu saat nanti.





Leave a Comment