Cara Membuat Bagan Di Word Dengan Mudah


Membuat Bagan Di Microsoft Word – Mungkin Anda pernah mendapat suatu tugas untuk membuat bagan atau struktur yang digunakan untuk perusahaan dimana Anda bekerja atau pun untuk organisasi yang sedang Anda ikuti.

Bagi Anda yang sudah pernah membuat bagan atau struktur tentunya hal ini bukan suatu masalah. Namun akan menjadi masalah bagi Anda yang sedang mendapat tugas tetapi belum paham mengenai cara membuat bagan.
Cara Membuat Bagan Di Word

Padahal cara membuat bagan bisa dibilang sangat mudah dilakukan. Bahkan Anda bisa membuatnya dengan mudah di Microsoft Word. Microsoft Word sendiri merupakan sebuah perangkat lunak yang digunakan khusus untuk membuat data dalam bentuk tulisan, namun tidak menutup kemungkinan juga bisa memasukan gambar, membuat diagram, tabel, bentuk dan fitur yang lainnya.

Dari progam Microsoft Word Anda bisa membuat bagan struktur organisasi atau bagan yang lainnya seperti alur atau proses sebuah masalah dan juga cara kerja sebuah sistem.

Baca juga: Cara Membuat Diagram Di Word

Lalu bagaimana cara membuatnya? Cara membuatnya memang sangat mudah dan akan kami bahas kali ini. Namun sebelum itu mari simak terlebih dahulu penjelasan mengenai pengertian Microsoft Word, manfaat Microsoft Word, dan pengertian struktur atau bagan di bawah ini.

Pengertian Microsoft Word

Pengertian Microsoft Word

Microsoft Word merupakan software atau perangkat lunak yang pada umumnya digunakan untuk tulis menulis suatu teks, gambar, dan lain sebagainya. Ada banyak sekali fitur Microsoft Word yang bisa dimanfaatkan untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan para penggunannya.

Beberapa fitur yang disediakan oleh Microsoft Word seperti pada menu Insert < Picture bisa digunakan untuk menambahkan gambar di lembar kerja, Anda juga bisa membuat beraneka macam bentuk lucu atau bentuk seperti persegi, lingkaran, segitiga, dan masih banyak sekali bentuk-bentuk yang lainnya.

Oleh karena itulah Microsoft Word banyak digunakan oleh masyarakat dari berbagai kalangan mulai dari kalangan pelajar, mahasiswa, perkantoran, dan bahkan pembisnis. Microsoft sendiri memiliki banyak versi, mulai dari versi Microsoft Word tahun 2007 sampai Microsoft Word versi terbaru yaitu Microsoft Word 2016.

Manfaat Microsoft Word

Microsoft Word memiliki beberapa manfaat penting yang perlu Anda ketahui. Adapun beberapa manfaat yang dimiliki oleh program pengolah kata ini adalah sebagai berikut:

  • Memudahkan pengguna untuk mengerjakan suatu tugas atau pekerjaaan.
  • Dapat menghemat waktu untuk hal yang lebih penting.
  • Tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mencetak halaman. Hal ini karena Microsoft Word memiliki fitur untuk menyimpan suatu dokumen yang biasa disebut dengan format. Dalam progam ini sudah menyediakan beberapa jenis format mulai dari PDF, Word Template, Word Dokumen dan masih banyak lagi format-format yang lainnya.

Nah, itulah pengertian dan manfaat Microsoft Word yang perlu Anda ketahui. Hal ini penting untuk diketahui bagi Anda yang merupakan pemulan sebelum kita membahas lebih jauh mengenai cara membuat bagan atau struktur di Microsoft Word.

Jika Anda sudah paham maka kami akan langsung menjelaskan bagaimana cara membuat  bagan di Microsoft Word dengan mudah. Pada tutorial ini kami akan menggunakan Microsoft Word tahun 2007, namun jika Anda menggunakan Microsoft Word versi lain maka Anda tidak perlu bingung karena pada dasarnya cara untuk semua versi tidak jauh berbeda.

Pengertian Bagan atau Struktur

Pengertian Bagan atau Struktur

Pengertian struktur atau bagan adalah urutan atau tingkatan suatu organisasi yang terdiri dari berbagai macam pangkat. Dengan adanya struktur atau bagan organisasi maka bisa semakin memudahkan atau memperjelas Anda untuk dapat mengetahui keseluruhan fungsi yang ada pada suatu organisasi. Disamping itu, struktur juga memiliki beberapa fungsi tertentu seperti:

  • Dapatkan menggambarkan dengan jelas tanggung jawab seseorang.
  • Menjelaskan pangkat atau kedudukan seseorang.
  • Menjelaskan secara detail mengenai tugas seseorang.

Tutorial Membuat Bagan di Microsoft Word

Membuat Struktur atau Bagan dengan SmartArt

Untuk membuat bagan dengan mudah maka Anda bisa menggunakan cara berikut ini, yaitu dengan menggunakan SmartArt. Adapun cara membuat sebuah struktur atau bagan di SmartArt adalah sebagai berikut:

  • Pertama silahkan Anda buat file baru terlebih dahulu atau bisa juga disisipkan pada halaman baru yang terdapat file dokumen yang sudah ada.
  • Pilih menu “Insert” yang ada di bagian atas tampilan Microsoft Word kemudian klik SmartArt.
    Membuat Bagan atau Struktur Dengan SmartArt
  • Kemudian akan tampil menu pada SmartArt, langsung saja klik “Hierachy”. Silahkan Anda pilih sendiri layout yang sesuai dengan keinginan.
    Membuat Bagan atau Struktur Dengan SmartArt
  • Sebagai contoh, kami disini akan menggunakan salah satu layout seperti gambar berikut ini.
    Membuat Bagan atau Struktur Dengan SmartArt
  • Tahap berikutnya adalah mengisi semua kotak yang ada sesuai dengan struktur organisasi atau perusahan Anda sendiri. Anda juga bisa mengatur posisi dan menambahkan shape. Caranya adalah dengan klik kanan mouse.
    Membuat Bagan atau Struktur Dengan SmartArt
  • Nah, dibawah ini adalah hasil dari membuat bagan dengan menggunakan metode SmartArt.
    Membuat Bagan atau Struktur Dengan SmartArt

Baca juga: Cara Membuat Struktur Organisasi

Membuat Bagan dengan Menggunakan Shapes Text Box dan Line

Apabila Anda sudah berhasil menggunakan cara yang kami sampaikan diatas, maka tak ada salahnya jika Anda mencoba metode lainnya. Jika dengan metode SmartArt untuk tempate bagannya sudah disediakan sendiri oleh Microsoft Word, maka dengan metode ini Anda bisa lebih bebas untuk berkreasi.

Metode untuk membuat bagan atau struktur organisasi ataupun perusahaan di Microsoft Word yang akan kami sampaikan kali ini, yaitu menggunakan Shapes Text Box dan Line. Berikut ini adalah tahapan caranya yang bisa Anda ikuti:

  • Pertama silahkan buka program Microsoft Word terlebih dahulu, Anda bisa membuat file baru atau menyisipkan di dalam halaman file yang telah disedikan.
  • Lalu di bagian atas tampilan program Microsoft Word, silahkan Anda klik menu “insert” kemudian klik “Shapes”.
    Membuat Bagan Dengan Shapes Text Box Dan Line
  • Selanjutnya pilih “text box” yang berada di dalam menu “Shapes”.
    Membuat Bagan Dengan Shapes Text Box Dan Line
  • Drag langsung ke dalam lembar kerja Microsoft Word. Anda bisa mengatur ukuran text box sesuai ukuran, kemudian variasikan warna, otline, dan tambahkan next. Sebagai contoh, Anda bisa membuat dua text box supaya terlihat cantik seperti gambar berikut ini.
    Membuat Bagan Dengan Shapes Text Box Dan Line
  • Anda bisa membuat text box seperti di atas sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan. Untuk lebih mudahnya Anda bisa langsung copy paste kemudian edit isi text dalam box tersebut. Jika sudah silahkan Anda atur penempatan text box sesuai yang Anda inginkan.Membuat Bagan Dengan Shapes Text Box Dan Line
  • Tahapan cara berikutnya, silahkan Anda hubungkan langsung setiap bagan dari bagan tersebut. Adapun untuk cara menghubungkannya adalah dengan klik “Shape” kemudian pilih “line”.
    Membuat Bagan Dengan Shapes Text Box Dan Line
  • Setelah itu, Anda tinggal drag line tersebut kemudian gabungkan langsung setiap bagian dari bagan tersebut.
    Membuat Bagan Dengan Shapes Text Box Dan Line

Terakhir, bagan atau struktur yang dibuat sudah jadi. Dari kedua cara yang kami sampaikan diatas, cara membuat bagan atau struktur di Microsoft Word dengan shapes text box dan line memang jauh lebih rumit jika dibandingkan dengan SmartArt.

Meskipun jauh lebih rumit tetapi Anda lebih bisa berkreasi sesuai dengan keinginan Anda sendiri dan bisa membuat template sendiri tanpa perlu mengikuti apa yang sudah ada di Microsoft Word.



Loading...

Leave a Comment