Cara Membuat Mail Merge Di Word


Cara Membuat Mail Merge – Mail Merge biasa disebut sebagai surat massal. Hal tersebut tentunya bukan tanpa alasan, ini karena Mail Merge merupakan surat yang memiliki isi sama dan bisa dikirimkan ke banyak orang atau bisa dibilang untuk mengirim ke tujuan yang beragam.



Sebagai salah satu fitur yang dimiliki oleh Microsoft Word, mail merge memiliki fungsi untuk menangani masalah dalam hal surat menyurat. Seperti misalnya untuk membuat surat undangan, surat promosi penjualan, surat tagihan, yang bisa dikirim langsung ke beberapa penerima.

Cara Membuat Mail Merge Di Word

Nah, jika Anda sedang ingin membuat undangan untuk suatu acara tetapi cukup merepotkan jika setiap ingin mencetak undangan harus mengetikkan secara manual terlebih dahulu nama dan juga alamat dari si penerima undangan maka Anda bisa mempersingkat pekerjaan Anda tersebut dengan menggunakan bantuan mail merge.

Dalam hal ini Anda hanya perlu melakukan switch data nama penerima lalu mencetaknya. Disamping itu, Anda juga akan membutuhkan database dari Microsoft Excel. Namun jarang sekali orang yang mengetahui cara ini. Sebab jika dilihat secara sekilas cara membuat mail merge terlihat sangat rumit.

Maka dari itu, kami disini akan memberikan panduan bagaimana cara membuat mail merge di Microsoft Word dari data Excel. Namun sebelum itu mari simak terlebih dahulu mengenai pengertian dan fungsi mail merge di bawah ini.

Baca juga: Cara Membuat Struktur Organisasi

Pengertian Mail Merge
Pengertian Cara Membuat Mail Merge Di Word

Pengertian mail merge secara umum adalah fitur pada Microsoft Word yang memiliki fungsi untuk membuat data dalam jumlah banyak secara otomatis. Ada dokumen yang umumnya digunakan untuk membuat mail merge, diantaranya:



  • Data Source, merupakan suatu dokumen yang berisi suatu data pribadi dari masing-masing penerima. Seperti misalnya nama penerima, alamat penerima, tanggal lahir, dan lain sebagainya. Data Source bisa dibuat dengan mudah melalui aplikasi Excel, Acces, Outlook, dan lainnya.
  • Dokumen Master, merupakan dokumen utama yang dimana memiliki isi sama untuk semua penerima dan hanya dibuat di Microsoft Word.

Tutorial Cara Membuat Mail Merge

Tidak serumit yang dibayangkan oleh kebanyakan orang, sebenarnya pembuatan mail merge bisa dibilang sangat mudah. Pembahasan selanjutnya kami akan menjelaskan langkah-langkah membuat merge mail secara lengkap dengan jelas sehingga bisa Anda ikuti dengan mudah. Sebagai contoh, kami menggunakan mail merge untuk membuat piagam atau sertifikat. Adapun tahapan caranya adalah sebagai berikut ini:

Langkah Pertama: Membuat Data Source

Pertama, bukalah aplikasi Microsoft Office Excel 2013 lalu buatlah data seperti berikut ini. Lalu bisa Anda simpan di folder yang mudah dicari, dengan nama Data Source.xlxs atau bisa juga sesuai dengan keinginan Anda sendiri.
Cara Membuat Mail Merge Di Word

Langkah Kedua: Membuat Dokumen Master





Leave a Comment