Cara Membuat Diagram Di Microsoft Word


Membuat Diagram Di Word – Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan mengenai bagaimana cara membuat diagram atau grafik dengan mudah di Microsoft Word.

Banyak sekali kalangan pelajar atau mahasiswa yang masih belum paham cara membuat diagram sehingga dengan adanya artikel ini diharapkan bisa membantu mereka ataupun Anda yang sedang mengalami kesulitan untuk membuat diagram.

Cara Membuat Diagram Di Microsoft Word

Sebenarnya cara membuat grafik atau diagram ini bisa dibilang cukup mudah. Apalagi sekarang ini sudah memasuki era teknologi yang dimana diagram bisa dibuat dengan mudah dan efisien, yaitu dengan menggunakan program Microsoft Word. Word kini sudah dapat menyajikan sebuah grafik dengan mudah.

Namun sebelum membahas lebih jauh, kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai pengertian Microsoft Word, Fungsi Microsoft Word, Pengertian grafik atau diagram, jenis-jenis grafik dan juga manfaatnya. Berikut di bawah ini uraian selengkapnya.

Baca juga: Cara Membuat Bagan Di Word

Pengertian Microsoft Word

Microsoft Word merupakan salah satu progam yang biasa digunakan untuk mengolah data dalam bentuk huruf dan angka. Biasanya software yang satu ini digunakan secara khusus untuk tulis menulis dalam pembuatan dokumen atau laporan. Pastinya kebanyakan dari Anda sudah tidak asing lagi dengan Microsoft Word. Meski ternyata masih banyak yang tidak paham bagaiman cara memanfaatkan Microsoft Word.

Microsoft Word pertama kali dikembangkan pada tahun 1983 yang lalu. Kemudian Microsoft Word telah mengalami perkembangan dengan pesat dari tahun ke tahun hingga sekarang ini. Sudah banyak sekali fitur yang disediakan oleh Microsoft Word, salah satunya untuk membuat diagram dengan mudah.

Fungsi Microsoft Word

Microsoft Word memiliki beberapa fungsi penting yang akan memudahkan pengguna, yaitu:

  • Memudahkan pengguna untuk membuat surat resmi ataupun non resmi.
  • Bisa membuat dokumen atau laporan yang bisa di print.
  • Untuk menyimpan suatu dokumen dalam bentuk folder atau file.
  • Bisa memudahkan pengguna untuk menyelesaikan tugas dalam hal tulis menulis.
  • Tersedia fasilitas yang bisa digunakan untuk menambahkan gambar.
  • Bisa digunakan untuk membuat grafik atau diagram pada suatu dokumen.

Pengertian dan Jenis-Jenis Diagram

Secara umum, pengertian diagram atau grafik adalah suatu gambar yang dapat menunjukkan tentang naik turunnya suatu data. Dengan adanya grafik atau diagram maka akan semakin memudahkan kita untuk membaca suatu data daripada harus menghitung satu persatu suatu data.

Pengertian dan Jenis-Jenis Diagram

Ada beberapa jenis diagram yang bisa Anda pilih di Microsoft Word. Supaya Anda bisa menggunakan diagram dengan efektif maka Anda mengenal terlebih dahulu mengenai masing-masing jenis tersebut. Berikut ini adalah jenis-jenis diagram yang tersedia di Microsoft Word:

  • Diagram Kolom: Diagram kolom menggunakan batang vertikal untuk menyampaikan suatu data. Jenis diagram yang satu ini bisa digunakan untuk beberapa jenis data, tetapi diagram kolom umumnya digunakan untuk membandingkan banyak data di dalam sebuah informasi.
  • Diagram Garis: Diagram garis digunakan khusus untuk menampilkan tren. Titik-titik data akan saling terhubung dengan garis. Hal ini tentunya akan memudahkan para pembaca untuk melihat apakah tren atau beberapa data mengalami peningkatan atau penurunan dari waktu ke waktu.
  • Diagram Pie: Sesuai dengan namanya, diagram pie terdiri dari potongan sebuah lingkaran. Diagram pie akan memudahkan para pembaca saat membandingkan proporsi, dimana setiap nilai akan ditampilkan sebagai potongan kue. Dengan demikian pembaca akan lebih mudah untuk melihat nilai-nilai yang telah membentuk persentasi jumlah secara menyeluruh.
  • Diagram Batang: Diagram batang memiliki tampilan yang sama dengan grafik kolom. Perbedaannya hanyalah diagram batang umumnya menggunakan batang horizontal, dan bukan vertikal.
  • Diagram Area: Diagram area memiliki tampilan seperti grafik garis, tetapi terdapat daerah terisi yang berada di bawah garis tersebut.
  • Diagram Permukaan: Dengan menggunakan diagram lingkaran maka kumpulan data Anda akan ditampilkan dalam 3D atau 3 Dimensi. Diagram ini sangat cocok digunakan untuk kumpulan data dalam jumlah besar dan banyak, yang sangat memungkinkan untuk mempresentasikan banyak informasi pada saat yang sama.

Tutorial Membuat Diagram di Microsoft Word

Langsung saja masuk ke pembahasan inti, yaitu membuat diagram dengan mudah du Microsoft Word. Pastikan terlebih dahulu bahwa Anda sudah menginstal Microsoft Office di PC atau laptop Anda.  Jika sudah mari simak tahapan cara berikut ini:

Menambahkan Grafik

Pertama silahkan Anda tambahkan grafik ke dalam dokumen Microsoft Word Anda. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Tempatkan kursor teks tepat di sudut dokumen yang manakah Anda ingin menampilkan grafik. Maksud kursor teks disini adalah garis yang kedap-kedip di dokumen Microsoft Word Anda.
  2. Kemudian arahkan kursor mouse ke tab “Insert”, lalu klik “Chart” tepat dikelompok “Illustrations” seperti contoh gambar berikut ini.
    Membuat Diagram di Microsoft Word
  3. Selanjutnya sebuah kotak dialog yang isinya jenis-jenis grafik akan tampil. Silahkan Anda pilih jenis grafik dari panel kiri, kemudian bisa langsung pilih model grafik yang berada di sebelah kanan. Setelah itu, Anda akan menjumpai beberapa pilihan grafik yang bisa dipilih.
  4. Pilih grafik sesuai dengan keinginan Anda, kemudian klik OK.
    Membuat Diagram di Microsoft Word
  5. Jika sudah maka sebuah grafik dan jendela spreadsheet Excel akan langsung muncul. Kenapa bisa ada spreadsheet Excel? Jadi, kolom dan baris yang berada di dalam spreadsheet menjadi tempat yang diisi dengan data sumber Anda. Nah, data sumber inilah yang nantinya akan digunakan Microsoft Word untuk membuat diagram.
    Membuat Diagram di Microsoft Word
  6. Silahkan Anda masukkan data sumber ke spreadshet. Sesuaikan dengan kategori dan seri datanya.
    Membuat Diagram di Microsoft Word
  7. Sebagai informasi tambahan, data yang ada di kotak biru merupakan data yang nantinya akan muncul pada grafik. Jika perlu, Anda bisa klik dan tarik kotak biru tersebut ke sudut kanan bawah secara manual dengan tujuan untuk menambah atau mengurangi rentang data.
    Membuat Diagram di Microsoft Word
  8. Apabila proses dalam memasukkan data tadi sudah selesai maka silahkan langsung klik ikon “Close” untuk menutup jendela spreadshet.
    Membuat Diagram di Microsoft Word
  9. Berikut ini adalah tampilan grafik yang akan muncul pada dokumen Microsoft Word Anda.
    Membuat Diagram di Microsoft Word
  10. Apabila Anda ingin melakukan perubahan data pada grafik, Anda cukup memilih grafik yang ingin diubah, lalu klik “Edit Data” pada tab “Design”. Dengan demikian jendela spreedsheet Excel dari data Anda nantinya akan muncul kembali.
    Membuat Diagram di Microsoft Word

Baca juga: Cara Membuat Grafik Di Word

Kesimpulan

Diatas kami sudah memberikan tutorial secara lengkap dan jelas supaya nantinya bisa memudahkan Anda untuk memahami dasar-dasar membuat diagram. Jika Anda sudah paham maka Anda bisa semakin mudah untuk mengembangkannya sendiri.

Meskipun Anda menggunakan Microsoft Ofiice yang versinya tidak sama dengan yang kami gunakan, yaitu Microsoft Office 2010. Namun Anda tidak perlu khawatir dan masih bisa menggunakan cara yang kami sampaikan diatas. Hal ini karena memang pada intinya tidak berbeda untuk setiap versinya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan kali ini mengenai tutorial cara membuat diagram di Microsoft Word. Semoga informasi yang kami sampaikan kali ini bisa bermanfaat bagi pembaca semua. Terima kasih sudah berkunjung!



Loading...

Leave a Comment