Cara Membuat Aplikasi Data Otomatis Di Excel


Membuat Aplikasi Otomatis Di Excel – Microsoft Excel merupakan kalkulator yang paling canggih di dunia. Aplikasi yang satu ini akan memudahkan Anda untuk menghitung puluhan bahkan ribuan data dengan berbagai perintah kalkulasi.

Hanya dalam satu worksheet sekaligus Anda sudah bisa melakukan berbagai kalkulasi dalam waktu satu menit. Dapat dikatakan bahwa Microsoft Excel akan memudahkan Anda untuk mengolah data dengan bebas tetapi tetap valid.

Cara Membuat Aplikasi Data Otomatis Di Excel

Nah, berbicara tentang Excel, kali ini kami hanya aka membahas aplikasi data otomatis di Excel. Perlu diketahui bahwa untuk menginput data di sebuah tabel sangatlah mudah untuk dilakukan, tinggal Anda ketikkan sesuatu di sebuah sel lalu berpindah ke sel lain untuk menginput data yang lainya.

Namun yang menjadi masalah adalah ketika kolom-kolom data tersebut sangat banyak dan bahkan bisa melebihi lebar layar monitor tentu akan membuat Anda bingung dan bahkan Anda bisa kehilangan fokus.

Cara Mengaktifkan Menu Data Form

Baca juga: Cara Membuat Hyperlink Antar Sheet Excel

Microsoft Excel sebenarnya memiliki suatu fitur tersembunyi yang dapat dimanfatkan untuk memudahkan pengguna dalam melakukan entry data di sebuah tabel. Fitur yang kami maksud disini adalah “Data Form”.

Data Form tanpa VBA ini harus dipertimbangkan pengunaannya ketika sedang menginput data pada baris-baris data yang terlalu lebar atau banyak kolom sehingga Anda diharuskan untuk menggeser tampilan excel secara horisontal hingga berkali kali.

Pengertian Data Form Excel

Pengertian Data Form secara umum adalah sebuah fitur Microsoft Excel berupa kota dialog yang secar otomatis bisa menampilkan secara maksimal hingga 32 reader kolom sebagai label yang dimana pada label tersebut ada suatu kotak isian yang dapat digunakan untuk memasukan atau mengedit data terkait.

Pengertian Data Form Excel © Kelas Excel | Jangan lupa menyertakan sumber: https://www.kelasexcel.id/2018/02/data-entry-form-excel.html

Dengan adanya Data Form atau formulir data maka Anda bisa memasukkan data baru, menemukan baris record yang tertentu dengan berbagai menu navigasi, atau mengubah isian data serta menghapus baris data yang tertentu.

Apabila Data Form Excel ini diaktifkan maka baris-baris data yang telah tersusun secara mendatar atau horisontal nantinya akan langsung ditampilkan secara vertikal.

Jika sel terkait isinya adalah rumus excel, Anda tidak akan bisa mengubah rumus excel tersebut dan untuk data form nantinya akan menampilkan hasil akhirnya saja.

Secara default tombol perintah yang digunakan untuk mengaktifkan fitur data form tidak akan bisa ditampilkan langsung pada ribbon atau menu bar excel. Maka dari itu Anda diharuskan untuk mengeluarkannya lebih dulu dari tempat persembunyiannya.

Cara Mengaktifkan Menu Data Form

Jika Anda ingin menggunakan alat Data Form ini maka Anda harus mengaktifkan terlebih dahulu tombol perintah Form yang secara default telah disembunyikan oleh Microsoft Excel.

Adapun caranya cukup mudah, yaitu dengan melakukan Customize Ribbon di Microsoft Excel atau bisa juga dengan menambahkan menu tersebut tepat di QAT (Quick Acces Toolbar).

Menampilkan Tombol Data Form Pada Ribbon Excel

Menampilkan Tombol Data Form Pada Ribbon Excel © Kelas Excel | Jangan lupa menyertakan sumber: https://www.kelasexcel.id/2018/02/data-entry-form-excel.html

Selanjutnya kami akan menjelaskan bagaimana cara menampilkan tombol data form pada ribbon Excel. Adapun caranya yang bisa Anda ikuti dengan mudah adalah sebagai berikut:

  1. Pertama Anda harus mengaktifkan kota dialog Customize Ribbon terlebih dahulu. Caranya adalah dengan membuka Tab File > Options > Customize Ribbon. Atau bisa juga dengan klik kanan pada sembarang bagian ribbon kemudian pilih menu Customize Ribbon.
  2. Jika sudah muncul opsi Customize the ribbon, maka pada bagian Choose Command From silahkan pilih All Commands. Setelah itu cari dan pilih menu perintah Form…
  3. Tepat di bagian kanan silahkan Anda buat New Group atau New Tab sebagai tempat baru untuk menempatkan posisi perintah Data Form.
  4. Selanjutnya bisa klik Add untuk memberikan perintah ataupun menu Data From pada TAB baru tersebut.
  5. Jika sudah tinggal klik OK dan selesai.

Menampilkan Tombol Data From Pada Quick Acces Toolbar (QAT)

Menampilkan Tombol Data Form Pada Quick Acces Toolbar © Kelas Excel | Jangan lupa menyertakan sumber: https://www.kelasexcel.id/2018/02/data-entry-form-excel.html

Jika Anda sering membutuhkan Data From ini kami sarankan untuk menempatkan perintah Form ini pada QAT supaya semakin mudah dan cepat untuk diakses. Adapun caranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Silahkan Anda pilih segitiga kecil di bagian QAT kemudian pilih menu More Commands di pilihan menu yang tampil sehingga akan langsung muncul opsi Customise The Quick Access Toolbar.
  2. Cara lain yang bisa dilakukan untuk menampilkan opsi Customise The Quick Access Toolbar yaitu dengan cara memilih Tab File > Options > Wuick Acces Toolbar.
  3. Jika sudah muncul pilihan Customise The Quick Acces Toolbar, di bagian Choose Command From silahkan pilih All Commands. Selanjutnya bisa langsung Anda cari menu perintah Form.
  4. Jika menu perintah tersebut sudah ketemu maka bisa langsung Anda klik Add.
  5. Klik OK kemudian selesai.

Jika sudah berhasil menampilkan command from maka Microsoft Excel sudah siap digunakan untuk memanfaatkan lebih jauh fitur excel Data Form ini.

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan menyiapkan tabel data yang ingin digunakan untuk menempatkan data-data yang ingin diinput melalui fitu Data Form.

Baca juga: Cara Membuat Database Di Excel

Cara Menggunakan Data Form Excel

Dengan adanya fitur Data Form di Microsoft Excel maka Anda bisa memasukan, mengedit dan menghapus record. Bahkan Anda juga bisa melakukan filter untuk menampilkan catatan atau record data yang telah memenuhi kriteria tertentu.

Namun sebelum menggunakan data form, sebaiknya tabel data yang digunakan untuk menyimpan record-record data sangat disarankan untuk diformat terlebih dahulu ssebagai Format Tabel.

Jika Format Tabel sudah dibuat selanjutnya tinggal Anda aktifkan Data Form. Caranya adalah dengan memilih Tombol atau menu yang telah dimunculkan sebelumnya.

Cara Menggunakan Data Form Excel © Kelas Excel | Jangan lupa menyertakan sumber: https://www.kelasexcel.id/2018/02/data-entry-form-excel.html

Cara Menambahkan Data Baru

Berikut ini adalah cara mamsukan data baru dengan melalui Data Fom:

  1. Pada data Form silahkan Anda pilih menu NEW.
  2. Lalu masukkan data-data baru untuk baris yang ingin ditambahkan pada bagian field yang ada.
  3. Jika sudah selesai mengetikkan semua data untuk 1 baris data, silahkan Anda tekan Enter untuk menyimpan perubahan serta memasukkan data tersebut ke baris terakhir range data.

Cara untuk Mencari dan Menemukan Data dengan Menu Navigasi

  1. Untuk pindah ke data selanjutnya silahkan klik Find Next. Sedangkan untuk pindah ke data sebelumnnya bisa Anda klik Find Prev.
  2. Anda juga bisa berpindah antar data dengan menggunakan scrollbar yang ada.
  3. Sementara itu, untuk pindSh 10 baris sekaligus bisa Anda klik bagian tengah yang kosong di scrollbar.

Cara Mencari dan Menemukan Data dengan Kriteria Tertentu

Berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan untuk memfilter data-data yang akan ditampilkan pada Form:

  • Silahkan Anda klik menu Criteria.
  • Kemudian Anda harus tentukan filter kriteria yang diiinginkan pada bidang kolom field yang sesuai.
  • Selanjutnya langsung saja klik Find Next atau Find Prev untuk berpindah antar data yang telah terfilter.

Selain itu, ternyata Anda juga bisa menggunakan karakter wilchard  untuk dapat memfilter data Form ini.

Wildcard Character © Kelas Excel | Jangan lupa menyertakan sumber: https://www.kelasexcel.id/2018/02/data-entry-form-excel.html



Loading...

Leave a Comment