Cara Membuat Huruf Kapital Di Excel


Membuat Huruf Kapital Di Excel –  Microsoft Excel merupakan salah satu perangkat lunak (software) yang banyak digunakan oleh berbagai kalangan selain Microsoft Word.  Program ini memang banyak digunakan terutama oleh orang yang bekerja di kantoran yang sudah pasti berhubungan dengan dokumen-dokumen penting setiap harinya.

Namun ternyata masih banyak juga orang yang masih belum tahu bagaimana cara membuat huruf kapital di Microsoft Excel.  Maka tak heran jika kebanyakan orang yang masih awam akan melakukannya secara manual. Sebenarnya hal ini tidak menjadi masalah, namun bagaimana jika datanya mencapai ribuan?

Cara Membuat Huruf Kapital Di Excel

Berbeda halnya dengan Microsoft Word yang menyedikan tombol Change Case untuk membuat huruf kapital, tetapi di Microsoft Excel tidak menyediakan fasilitas tersebut. Hal inilah yang membuat kebanyakan orang bingung terutama bagi mereka yang masih awam dan belum terbiasa menggunakan Microsoft Excel.

Namun kini Anda tidak perlu bingung lagi karena kami disini akan menjelaskan bagaimana cara membuat huruf kapital pada program Microsoft Excel. Untuk penjelasan selengkapnya, silahkan simak pembahasan dibawah ini.

Baca juga: Cara Membuat Watermark Di Excel

Menggunakan Fungsi Huruf Kapital

Cara Membuat Huruf Kapital Di Excel

Untuk mengubah huruf kecil ke huruf besar di Microsoft Excel sebenarnya tidak begitu sulit. Di Microsoft Excel tersedia beberapa fungsi secara khusus untuk membuat huruf kapital. Beberapa diantaranya adalah Upper, Lower, dan Proper.  Berikut ini kami akan menjelaskan cara mengubah huruf kecil menjadi huruf besar dengan menggunakan fungsi huruf kapital:

Langkah 1: Silahkan Anda masuk ke kolom lembar kerja, di kolom manakah yang ingin Anda ubah hurufnya menjadi huruf besar. Sebagai contoh, kami disini akan menjadikan kolom A1 sebagai data awal sedangkan untuk kolom B1 merupakan kolom dari huruf yang akan diubah menjadi besar.

 

Langkah 2: Karena kolom B1 disini merupakan kolom baru maka Anda bisa arahkan kursor ke kolom tersebut. Pada kolom tersebut Anda bisa membuat formula atau fungsi huruf kapital langsung ke sel.

Menggunakan Fungsi Huruf Kapital

Langkah 3: Lalu arahkan kursor menuju tombol atau kolom formula yang berada di atas, kemudian silahkan ketik fungsi “UPPER”. Untuk lebih mudahnya Anda bisa langsung ketik format ini pada kolom formula (fx): =UPPER(A1) kemudian tekan enter. Dengan demikian secara otomatis pada kolom B tersebut akan muncul teks dalam huruf kapital atau besar.

Menggunakan Fungsi Huruf Kapital di Excel

Langkah 4: Sementara untuk mengubah semua kolom A menjadi huruf besar maka bisa arahkah kursor tepat di kotak kecil di sudut kanan yang ada di bagian bawah kolom B1. Silahkan drag langsung ke bawah untuk mengisi rangkaian pada masing-masing sel kolom pertama supaya disalin ke kolom kedua dalam huruf besar.
Menggunakan Fungsi Huruf Kapital di Excel

Langkah 5: Sampai langkah ke 5 ini masih belum selesai, Anda harus cek terlebih dahulu semua teks yang sudah disaling dengan benar ke kolom kedua dalam huruf besar atau kapital. Silahkan Anda sorot atau blok kolom B tersebut, lalu pada menu edit bisa Anda klik copy. Kemudian pilih “paste values”. Perintah tersebut akan memungkinkan Anda untuk mengganti formula dengan nilai. Dengan demikian tidak akan merubah apapun pada kolom B walaupun kolom A sudah dihapus.

Nah, sekarang Anda sudah selesai mengganti semua teks yang terdapat di kolom A menjadi huruf besar atau kapital di kolom B. Kemudian Anda bisa menghapus teks yang terdapat di kolom A tersebut dan pastinya tidak akan mempengaruhi kolom B.

Mengubah Huruf Pertama Menjadi Huruf Kapital

Tutorial untuk mengubah huruf kecil menjadi huruf besar di Microsoft Excel yang kedua adalah dengan fungsi nama. Cara yang kami sampaikan ini hanya digunakan untuk dapat mengubah huruf pertama saja supaya menjadi huruf kapital.

Umumnya cara seperti ini digunakan khusus untuk mengganti format nama-nama orang atau kota yang yang sudah terlanjur di ketik menggunakan huruf kecil dan ingin diganti menjadi huruf kapital namun diawal kata saja.

Lalu bagaimana caranya? Mari langsung saja simak tahapan caranya berikut ini.

Langkah 1: Sama dengan cara sebelumnya, silahkan Anda masuk terlebih dahulu ke teks kolom manakah yang ingin Anda ubah hurufnya menjadi besar. Pada cara ini Anda juga akan menggunakan fungsi untuk dapat mengkapitalkan huruf pada kolom A ke kolom B.

Mengubah Huruf Pertama Menjadi Huruf Besar di Excel

Langkah 2: Selanjutnya bisa Anda arahkah kursor ke sel B1, kemudian klik pada tombol formula (fx). Pada kolom formula tersebut silahkan Anda ketikkan rumus berikut ini =PROPER(A1) kemudian tekan enter.

Mengubah Huruf Pertama Menjadi Huruf Besar di Excel

Langkah 3: Jika sudah maka Anda bisa melihat sel pada kolom B1. Ada huruf pertama yang pada awalnya merupakan huruf kecil akan berubah menjadi huruf kapital.

Mengubah Huruf Pertama Menjadi Huruf Besar di Excel

Langkah 4: Kemudian Anda bisa melakukan drag kolom B1 ke bawah dengan tujuan supaya setiap sel pada kolom A berubah secara otomatis menjadi huruf kapital untuk kata pertamanya saja.

Mengubah Huruf Pertama Menjadi Huruf Besar di Excel

Langkah 5: Seperti halnya cara sebelumnya, silahkan Anda Paste Values untuk semua sel yang ada di kolom B. Kemudian Anda sudah bisa menghapus semua sel kolom A.

Baca juga: Cara Membuat Link Antar Sheet Di Excel

Menggunakan Flash Fill di Microsoft Excel 2013

Cara ini mungkin lebih sulit jika dibandingkan dengan cara-cara yang kami sampaikan diatas. Selain itu, cara ini hanya bisa Anda lakukan khusus di versi Microsoft Excel 2013.

Fungsi ini umumnya digunakan khusus untuk rangkaian daftar nama orang. Adapun tujuan dari fitur ini adalah untuk membaca serta mengubah nama-nama supaya huruf pertama dari nama depan dan belakan berubah menjadi kapital. Berikut ini adalah tahapan cara yang bisa Anda ikuti:

Langkah 1: Sebagai contoh, kolom A disini akan berisi nama-nama orang yang menggunakan huruf kecil semuanya. Anda bisa menggunakan kolom yang berada di sebelah kanan untuk menjalankan perintah flash fill (yang kami maksud disini adalah kolom B).

Langkah 2: Silahkan Anda arahkan kursor ke sel B1. Kemudian ketika nama yang sama dan harus sesuai dengan nama yang terdapat pada kolom sel A1. Seperti misalnya untuk nama pertama berisi “silvia widya”, maka pada kolom B1 harus diketik “Silvia Widya” kemudian tekan enter.

Langkah 3: Kemudian masuk ke menu Data yang terdapat di kolam menu bar dan pilih Flash Fill. Fungsi yang satu ini untuk mempelajari pola serta membuat perubahan yang tidak berbeda dalam rangkaian data Anda. Atau Anda juga bisa menggunakan kode pintasan CTRL + E untuk dapat mengaktifkan Flash Fill.

Menggunakan Flash Fill di Excel 2013

Langkah 4: Silahkan hapus nama-nama huruf kecil dan untuk mencegah duplikasi maka klik langsung pada bagian atas kolom huruf kecil. Klik kanan lalu tekan delet untuk dapat menghapus dan membiarkan daftar huruf besar kecilnya sesuai.

Langkah 5: Jangan sampai lupa untuk selalu memastikan fungsi dari Flash Fill berjalan sesuai dengan yang Anda inginkan ke semua daftar sebelum kolom pertama dihapus.



Loading...

Leave a Comment