Cara Membuat Hyperlink Di Microsoft Excel


Membuat Hyperlink Di Microsoft Excel – Mungkin sebagian besar dari Anda sudah paham apa yang dimaksud dengan hyperlink. Umumnya hyperlink memiliki tampilan dalam bentuk text berwarna biru dan dilengkapi dengan garis bawah atau underline.  Jika Anda menekan text tersebut maka Anda akan langsung dibawa menuju ke sumber lain seperti website atau suatu halaman tertentu.

Nah, tahukah Anda bahwa selain Microsoft Word ternyata hyperlink juga bisa dibuat di Microsoft Excel. Hyperlink tersebut memiliki tujuan untuk memudahkan akses Anda dalam membuka file dokumen yang sudah ditentukan dengan cepat.
Cara Membuat Hyperlink Di Microsoft Excel

Untuk membuat hyperlink bisa dibilang sangat mudah karena Microsoft Excel kini sudah menyediakan toolsnya. Namun sangat tidak disarankan untuk membuat hyperlink jika misalnya Sheet dalam aplikasi yang dibuat tersebut memiliki jumlah yang sedikit. Lalu bagaimanakah cara membuat hyperlink di Microsoft Excel?

Pada artikel ini kami akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat hyperlink di Excel dengan sangat mudah. Selain itu, kami juga akan menjelaskan mengenai pengertian, dan fungsi hyperlink yang perlu Anda ketahui. Untuk lebih jelasnya mari langsung simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Cara Membuat Diagram Di Excel

Pengertian Hyperlink

Pengertian Hyperlink

Pengertian hyperlink adalah suatu cara yang dapat menghubungkan antara halaman satu dengan halaman yang lainnya pada sebuah file atau dokumen. Umumnya hyperlink digunakan untuk menunjukkan lokasi dari sebuah teks ataupun objek yang telah ditampilkan atau di presentasikan. Hyperlink memang bisa digunakan untuk menghubungkan antar beberapa objek, dokumen, file, halaman web dan lain sebagainya.

Sementara itu, hyperlink juga memiliki arti lain yaitu sebuah teks yang bisa mengarahkan ke tampilan halaman lain. Hyperlink juga biasa disebut dengan link. Jika misalnya Anda klik hyperlink yang ada halaman sebuah website maka berarti Anda sudah membuka browser WWW atau World Wide Web sehingga Anda akan diarahkan menuju halaman lain.

Selain pengertian diatas, masih ada banyak pengertian hyperlink yang lainnya, yaitu:

  • Di Buku Cara Mudah Menguasai Google Docs
    Pengertian hyperlink atau yang lebih sering disebut dengan link adalah suatu teks yang bisa menuntun para pembaca untuk menuju suatu URL tertentu.
  • Buku Komputer SMA Kelas XII
    Hyperlink adalah teks atau gambar yang bisa mengarahkan pembaca untuk menuju suatu alamat atau halaman tertentu.
  • Buku Desain Grafis dengan MS Frontpage 97
    Hyperlink adalah hubungan dari WWW ke file pada WW. Tujuan hyperlink umumnya adalah page WWW lainnya, tetapi juga bisa berupa file multimedia atau bahkan berupa program.
  • Wikipedia
    Hyperlink atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan pranala adalah suatu acua dalam sebuah dokumen hypertext ke dokumen yang lain atau referensi lain.

Fungsi Hyperlink

Fungsi Hyperlink

Fungsi hyperlink adalah memudahkan para pembaca untuk menjelajahi banyak informasi terkait yang ada di dalam suatu halaman presentasi ataupun halaman website. Hyperlink merupakan sebuah fungsi dalam Hyper Text Markup Language atau HTML yang bisa memberikan jalan pintas bagi para pembaca untuk menuju informasi yang lainnya.

Pada umumnya teks yang mengandung hyperlink akan terlihat berbeda dengan teks biasa yang ada di suatu halaman website. Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya bahwa hyperlink memiliki warna biru.

Jika kursor komputer Anda arahkan ke link tersebut maka pada teks yang mengandung hyperlink akan terlihat dengan jelas adanya underline, warna tulisan akan berubah, dan tampilan kursor berubah menjadi gambar tangan yang akan langsung menuju ke arah hyperlink tersebut.

Hiperlink bisa disematkan dalam teks atau bisa juga pada gambar sehingga ketika teks atau gambar tersebut Anda klik maka Anda akan langsung diarahkan ke halaman lain sesuai dengan isi link itu sendiri.

Manfaat dan Jenis-Jenis Hyperlink

Manfaat dari hyperlink atau link yaitu membuat shorcut atau melompat untuk dapat membuka dokumen yang sudah disimpan pada network server, internet maupun intranet serta drive.

Hyperlink ternyata tidak hanya memiliki satu jenis saja, tetapi ada 3 jenis. Beberapa jenis hyperlink tersebut adalah absolute address (alamat mutlak”), relatif address (alamat relatif), dan link section.

Dari ketiga jenis hyperlink tersebut, link section merupakan hyperlink yang paling umum digunakan khususnya untuk membuat section dalam seluruh dokumen perusahaan. Dengan begitu jika menggunakan hyperlink pada isi dokumen tertentu yang terkait dengan file ataupun dokumen lain maka bisa memudahkan pencarian.

Tutorial Membuat Hyperlink di Microsoft Excel

Selanjutnya akan kami jelaskan mengenai tutorial membuat hyperlink yang bisa Anda ikuti dengan mudah. Adapun tahapan caranya adalah sebagai berikut ini:

Langkah 1: Silahkan Anda buat terlebih dahulu beberapa tulisan yang ingin dijadikan sebagai link. Sebagai contoh, silahkan lihat gambar berikut ini:
Membuat Hyperlink di Microsoft Excel

Langkah 2: Lalu Anda bisa langsung pergi menuju menu Insert yang letaknya di bagian atas. Seperti pada contoh gambar berikut ini.
Membuat Hyperlink di Microsoft Excel

Langkah 3: Selanjutnya langsung saja klik “Hyperlink”. Namun sebelum itu pastikan bahwa Anda sudah mengarahkan ke teks yang ingin dijadikan link.

Membuat Hyperlink di Microsoft Excel

Langkah 4: Jika sudah maka akan tampil jendela insert hyperlink. Silahkan pilih sendiri link sesuai yang diinginkan. Ada 4 jenis pilihan link yang bisa Anda pilih dengan bebas. Misalnya saja jika Anda ingin link tersebut mengarah ke sebuah file, Anda harus klik pada bagian “Existing File or Web Page”. Kemudian pilih file sesuai keinginan dan tinggal Anda klik OK.

Membuat Hyperlink di Microsoft Excel

Langkah 5: Ternyata Anda juga bisa membuat link tersebut mengarah ke worksheet lainnya. Silahkan Anda klik bagian “Place in this document” kemudian pilih sheet sesuai keinginan.  Jika sudah tinggal Anda klik OK.
Membuat Hyperlink di Microsoft Excel

Langkah 6:  Selain itu, Anda juga bisa membuat link tersebut mengarah ke sebuah file baru. Silahkan klik di bagian “Create new document” kemudian isi nama file baru yang diinginkan. Kemudian silahkan Anda klik OK.

Membuat Hyperlink di Microsoft Excel

Langkah 7: Bahkan Anda juga bisa membuat link tersebut langsung mengarah ke alamat email. Silahkan langsung saja klik pada bagian “Email Address” kemudian masukkan alamat email tujuan yang sudah Anda tentukan sebelumnya dan klik OK.
Membuat Hyperlink di Microsoft Excel

Baca juga: Cara Enter Di Excel

Menghapus dan Mengedit Hyperlink yang Sudah Dibuat

Hyperlink yang sudah berhasil dibuat ternyata juga bisa dihapus atau diedit jika kurang sesuai. Berikut ini terlebih dahulu kami akan menjelaskan langkah-langkah untuk menghapus hyperlink yang sudah dibuat:

Langkah 1: Klik kanan pada teks yang mengandung hyperlink. Jika sudah langsung saja klik “Remove Hyperlink”.
Menghapus Hyperlink yang Sudah Dibuat

Langkah 2: Dengan demikian maka hyperlink yang sudah Anda sematkan dalam teks tersebut akan langsung terhapus secara otomatis.

Selain dihapus, hyperlink yang sudah dibuat juga bisa diedit jika kurang sesuai. Adapun cara mengedit hyperlink yang sudah dibuat adalah sebagai berikut:

Langkah 1: Pertama silahkan Anda klik kanan pada teks yang mengandung hyperlink. Kemudian klik “Edit Hyperlink” seperti contoh gambar berikut ini.

Mengedit Hyperlink yang Sudah Dibuat

Langkah 2: Jika sudah maka akan langsung tampil jendela insert hyperlink. Pada jendela inilah Anda bisa mengedit kembali hyperlink yang sudah dibuat sebelumnya.



Loading...

Leave a Comment