Ketuk (X) Untuk Menutup

Selamat Datang

Di CARAHARIAN

×

Apa Hubungan Ilmu Budaya Dasar dengan Teknik Mesin? Penjelasan Lengkap Disini


Baca juga: Contoh Soal Metode Grafik Pada Program Linear

Baca juga: Cara Menghitung ROI Sebuah Usaha Atau Perusahaan



Ahli atau pakar dari teknik mesin biasanya disebut sebagai insinyur (teknik mesin)  yang memanfaatkan pengertian atas ilmu teknik ini dalam mendesain dan menganalisis pembuatan kendaraan, pesawat, pabrik industri, peralatan dan mesin industri dan lain sebagainya. Teknik mesin biasanya terdiri dari konsep dasar berikut.
1. Perancangan mekanik dan konstruksi.
2. Proses manufaktur dan sistem produksi.
3. Konversi energy.
4. Ilmu bahan/metalurgi.

Hubungan Ilmu Budaya Dasar dengan Teknik Mesin

Ilmu budaya dan teknik mesin menjadi dua buah disiplin ilmu yang memiliki dasar berbeda. Jika ditelaah lebih dalam, pemahaman budaya akan masuk ketika seseorang mulai menjalani kehidupannya sebagai seorang manusia. Seorang mekanik juga seseorang yang berusaha menjalani kehidupannya dan tentunya harus menerapkan konsep kebudayaan ketika menjalani bidangnya.

Dalam pelaksanaan budaya dalam asas etika profesi, seseorang harus mempelajari mengenai orientasi nilai budaya yang berhubungan dengan hakikat hidupnya dan tidak terkecuali pada seorang teknisi mesin. Berikut beberapa hakikat hidup yang patut diterapkan oleh seorang mekanik.

1. Hakikat hidup manusia

Hakikat hidup untuk setiap kebudayaan berbeda secara ekstern. Ada yang berusaha untuk memadamkan hidup, ada pula dengan pola-pola kelakuan tertentu. Seorang mekanik harus senantiasa paham mengenai pola setiap kelakukan atau sifat-sifat orang lain. Tentunya, penyesuaian yang baik dapat menciptakan seseorang yang berbudaya ketika melaksanakan kewajibannya.

2. Hakikat karya manusia

Setiap kebudayaan hakikatnya berbeda-beda, untuk hidup, kedudukan/kehormatan, gerak hidup untuk menambah karya. Seorang mekanik memiliki hak dalam membuat karya. Hakikat yang ditanamkan contohnya berdasarkan aspek ketika memperlakukan orang lain ketika membuat karya bersama.

3. Hakikat waktu manusia

Hakikat waktu untuk setiap kebudayaan berbeda, orientasi masa lampau atau untuk masa kini. Contohnya setiap orang harus selalu disiplin waktu dan hal ini berlaku kepada setiap profesi yang ada, tak terkecuali seorang mekanik.

Baca juga: Cara Menghitung Weton Jodoh Menurut Primbon Jawa