Rumus Mencari Luas Trapesium


Rumus Luas Trapesium – Jika membahas mengenai bangun datar memang ada banyak sekali jenisnya. Pada pembahasan yang sebelumnya kami telah mengulas tentang rumus luas dan keliling bangun datar. Namun kali ini kami hanya akan fokus membahas salah satu bangun datar, yaitu bangun datar trapesium.

Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas secara lengkap mengenai rumus mencari luas trapesium beserta contoh soal yang dilengkapi jawaban pembahasannya sehingga akan memudahkan Anda dalam mempelajari materi luas bangun datar yang satu ini. Nah, untuk lebih jelasnya mari langsung saja simak pembahasan selengkapnya.

Rumus  Luas Trapesium

Apa Itu Trapesium

Trapesium merupakan sebuah bangun datar yang dibentuk oleh 4 buah rusuk yang dimana kedua rusuknya saling sejajar tetapi tidak memiliki ukuran yang sama panjang. Trapesium juga merupakan suatu bangun datar dua dimensi yang telah terbentuk dari 4 buah sisi, yang dimana dua buah sisi tersebut saling sejajar namun tidak sama panjang.

Untuk melakukan perhitungan luas dan keliling trapesium pada umumnya juga dibutuhkan rumus-rumus bangun datar yang lainnya seperti rumus luas dan keliling persegi, segitiga, persegi panjang, dan rumus phytagoras. Sehingga untuk memudahkan pemahaman Anda maka kami sarankan supaya Anda memahami terlebih dahulu mengenai rumus dan keliling persegi serta rumus phytagoras.

Nah, sampai sekarang ini apakah Anda sudah mengerti apa yang dimaksud bangun datar trapesium? Jika iya, mari kita ulas lebih lanjut pada pembahasan kita kali ini tentang trapesium. Bangun datar trapesium ini termasuk ke dalam bangun datar yang mempunyai sifat dua dimensi, dan juga termasuk dalam jenis bangun datar segi empat. Trapesium hanya mempunyai satu simetri putar.

Rumus Trapesium

RUMUS TRAPESIUM

RUMUS TRAPESIUM
Nama Rumus
Luas (L) ((x+y) × t) / 2
Keliling (K) AB + BC + CD + DA
Volume (V) Luas alas x tinggi prisma
Tinggi (t) (2×t) / (x+y)

Keterangan :

  • x = panjang sisi AB
  • y = panjang sisi DC
  • t = tinggi

Sifat-Sifat Trapesium

Pada umumnya, bangun datar trapesium mempunyai beberapa sifat. Adapun sifat-sifat yang dimiliki oleh bangun datar trapesium adalah sebagai berikut:

  • Bangun datar trapesium memiliki sepasang sisi yang sejajar, dengan sisi yang paling panjang disebut dengan alas trapesium.
  • Jumlah dari dua sudut yang saling berdekatan atau yang dalam istilah matematika umumnya disebut sebagai dalam sepihak 180○.
  • Jumlah sudut dari seluruh sudut bangun datar trapesium 4 sudut adalah 360○.
  • Bangun datar memiliki satu simetri putar saja.

Baca Juga: Rumus Luas Dan Keliling Bangun Datar

Jenis-Jenis Bangun Datar Trapesium

Trapesium memiliki banyak jenis yang dapat dibedakan berdasarkan sisi dan sudut. Trapesium dibedakan menjadi trapesium siku-siku, trapesium sama kaki, dan trapesium sembarang. Berikut ini adalah ulasan selengkapnya mengenai jenis-jenis bangun datar trapesium.

  1. Trapesium Siku-Siku

Trapesium siku-siku merupakan sebuah trapesium yang dimana kedua sudutnya membentuk sudut siku-siku 90. Jadi kedua garis yang saling sejajar yaitu alas dan atap trapesium akan tegak lurus dengan salah satu garis kaki bangun datar trapesium tersebut.

Perlu Anda ketahui bahwa garis kaki trapesium ini biasa disebut sebagai tinggi trapesium. Karena memiliki bentuk yang tidak simetris maka trapesium ini tidak mempunyai simetri lipat dan hanya mempunyai satu simetri putar saja.

Trapesium Siku-Siku

Berikut ini adalah 3 sifat yang dimiliki oleh trapesium siku-siku:

  • Mempunyai sepasang sisi yang sejajar dan saling berhadapan yang dimana memiliki ukuran tidak sama.
  • Mempunyai sebanyak 2 sudut siku-siku yang saling berdekatan.
  • Mempunyai 2 buah diagonal yang memiliki ukuran panjang berbeda.
  1. Trapesium Sama Kaki

Trapesium sama kaki memiliki dua buah rusuk atau garis yang saling sejajar, selain itu trapesium ini juga memiliki sepasang rusuk yang memiliki ukuran sama panjang. Dengan demikian maka dapat diartikan bahwa trapesium sama kaki merupakan sebuah trapesium yang memiliki kaki atau penyangga yang sama panjang.

Maka dari itu, bangun datar jenis yang satu ini dapat dilipat menjadi dua bagian yang memiliki ukuran sama besar atau dalam istilah matematikanya disebut dengan 1 simetri lipat. Sedangkan untuk simetri putarnya tidak berbeda dengan jenis trapesium yang lainnya, yakni hanya mempunyai 1 simetri putar saja.

Trapesium Sama Kaki

Berikut ini adalah 3 sifat yang dimiliki oleh trapesium sama kaki:

  • Mempunyai 2 sisi atau 2 kaki dengan ukuran panjang yang sama dan untuk dua sisi lain memiliki ukuran panjang yang berbeda.
  • Mempunyai 2 sudut yang saling berdekatan dan memiliki ukuran sama.
  • Mempunyai 2 diagonal dengan ukuran panjang sama.
  1. Trapesium Sembarang

Sesuai dengan namanya, yaitu “sembarang”, jenis trapesium yang satu ini merupakan bangun datar segi empat yang telah dibentuk oleh garis-garis yang tidak beraturan. Hal ini berarti sepasang garis akan tetap berhadapan dan saling sejajar, tetapi tidak saling tegak lurus dengan garis kaki dan kedua garis kaki tidak memiliki ukuran yang sama panjang.

Menginat bentuk trapesium sembarang ini yang tidak beraturan maka bangun datar ini tidak mempunyai simetri lipat. Tetapi meskipun tidak memiliki simetri lipat, trapesium sembarang memiliki simetri putar sebanyak 1 kali.

Trapesium Sembarang

Berikut ini adalah 3 sifat yang dimiliki oleh trapesium sembarang:

  • Mempunyai sepasang sisi yang sejajar dan saling berhadapan yang dimana memiliki ukuran panjang yang tidak sama.
  • Mempunyai sebanyak 4 sudut yang besarnya tidak sama.
  • Mempunyai diagonal dengan ukuran panjang yang tidak berbeda.

Rumus  Luas Trapesium

Rumus  Luas Trapesium

Sebelum menghitung luas bangun datar trapesium, maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu rumus yang digunakan untuk menghitung luas trapesium. Adapun rumus luas trapesium adalah sebagai berikut ini:

Luas Trapesium (L) = ½ x jumlah panjang sisi yang sejajar x tinggi

Rumus tersebut kemudian dapat diturunkan menjadi rumus luas trapesium siku-siku, rumus luas trapesium sama kaki, dan juga rumus luas trapesium sembarang. Adapun rumusnya adalah sebagai berikut ini.

  1. Rumus Luas Trapesium Sama Kaki

Luas Trapesium (L) = ½ x jumlah panjang sisi yang saling sejajar x tinggi = ½ x (AB+CD) x t

  1. Rumus Luas Trapesium Sama Siku-Siku

Luas Trapesium (L) = ½ x jumlah panjang sisi yang saling sejajar x tinggi = ½ x (AB+CD) x t

  1. Rumus Luas Trapesium Sembarang

Luas Trapesium (L) = ½ x jumlah panjang sisi yang saling sejajar x tinggi = ½ x (AB+CD) x t

Contoh Soal Luas Trapesium

Contoh Soal 1

Sebuah bangun datar trapesium mempunyai sisi sejajar yang dimana masing-masing 12 cm dan 14 cm serta tingginya 10 cm. Hitunglah luas dari bangun datar trapesium tersebut.

Jawaban:

Diketahui sisi AB = 12 cm, sisi CD = 14 cm, dan t = 10

Luas Trapesium (L) = ½ x jumlah panjang sisi yang saling sejajar x tinggi

= ½ x (AB+CD) x t
= ½ x (12+14) x 10
= ½ x (16) x 10
= 80 cm2

Jadi, luas yang dimiliki oleh bangun datar trapesium tersebut adalah 80 cm2.

Baca Juga: Rumus Luas Dan Keliling Segitiga

Contoh Soal 2

Sebuah trapesium mempunyai ukuran luas 32 cm2. Diketahui bahwa sisi AB = 11 cm dan sisi CD = 5 cm. Hitunglah berapa nilai tinggi dari bangun datar trapesium tersebut.

Jawaban :

Diketahui L = 32 cm2, AB = 11 cm, dan CD = 5 cm

Luas trapesium (L) = ½ x (AB+CD) x t

Luas trapesium (L) = ½ x (AB+CD) x t
32 = ½ x (11+5) x t
32 = ½ x (16) x t
t = 32/8
t = 4 cm

Jadi, tinggi dari bangun datar trapesium tersebut adalah 4 cm.



Loading...

Leave a Comment