Rumus Mencari Luas Trapesium


  1. Trapesium Siku-Siku

Trapesium siku-siku merupakan sebuah trapesium yang dimana kedua sudutnya membentuk sudut siku-siku 90. Jadi kedua garis yang saling sejajar yaitu alas dan atap trapesium akan tegak lurus dengan salah satu garis kaki bangun datar trapesium tersebut.



Perlu Anda ketahui bahwa garis kaki trapesium ini biasa disebut sebagai tinggi trapesium. Karena memiliki bentuk yang tidak simetris maka trapesium ini tidak mempunyai simetri lipat dan hanya mempunyai satu simetri putar saja.

Trapesium Siku-Siku

Berikut ini adalah 3 sifat yang dimiliki oleh trapesium siku-siku:

  • Mempunyai sepasang sisi yang sejajar dan saling berhadapan yang dimana memiliki ukuran tidak sama.
  • Mempunyai sebanyak 2 sudut siku-siku yang saling berdekatan.
  • Mempunyai 2 buah diagonal yang memiliki ukuran panjang berbeda.
  1. Trapesium Sama Kaki

Trapesium sama kaki memiliki dua buah rusuk atau garis yang saling sejajar, selain itu trapesium ini juga memiliki sepasang rusuk yang memiliki ukuran sama panjang. Dengan demikian maka dapat diartikan bahwa trapesium sama kaki merupakan sebuah trapesium yang memiliki kaki atau penyangga yang sama panjang.

Maka dari itu, bangun datar jenis yang satu ini dapat dilipat menjadi dua bagian yang memiliki ukuran sama besar atau dalam istilah matematikanya disebut dengan 1 simetri lipat. Sedangkan untuk simetri putarnya tidak berbeda dengan jenis trapesium yang lainnya, yakni hanya mempunyai 1 simetri putar saja.

Trapesium Sama Kaki



Berikut ini adalah 3 sifat yang dimiliki oleh trapesium sama kaki:

  • Mempunyai 2 sisi atau 2 kaki dengan ukuran panjang yang sama dan untuk dua sisi lain memiliki ukuran panjang yang berbeda.
  • Mempunyai 2 sudut yang saling berdekatan dan memiliki ukuran sama.
  • Mempunyai 2 diagonal dengan ukuran panjang sama.
  1. Trapesium Sembarang

Sesuai dengan namanya, yaitu “sembarang”, jenis trapesium yang satu ini merupakan bangun datar segi empat yang telah dibentuk oleh garis-garis yang tidak beraturan. Hal ini berarti sepasang garis akan tetap berhadapan dan saling sejajar, tetapi tidak saling tegak lurus dengan garis kaki dan kedua garis kaki tidak memiliki ukuran yang sama panjang.

Menginat bentuk trapesium sembarang ini yang tidak beraturan maka bangun datar ini tidak mempunyai simetri lipat. Tetapi meskipun tidak memiliki simetri lipat, trapesium sembarang memiliki simetri putar sebanyak 1 kali.

Trapesium Sembarang



Berikut ini adalah 3 sifat yang dimiliki oleh trapesium sembarang:

  • Mempunyai sepasang sisi yang sejajar dan saling berhadapan yang dimana memiliki ukuran panjang yang tidak sama.
  • Mempunyai sebanyak 4 sudut yang besarnya tidak sama.
  • Mempunyai diagonal dengan ukuran panjang yang tidak berbeda.

Rumus  Luas Trapesium

Rumus  Luas Trapesium

Sebelum menghitung luas bangun datar trapesium, maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu rumus yang digunakan untuk menghitung luas trapesium. Adapun rumus luas trapesium adalah sebagai berikut ini:

Luas Trapesium (L) = ½ x jumlah panjang sisi yang sejajar x tinggi

Rumus tersebut kemudian dapat diturunkan menjadi rumus luas trapesium siku-siku, rumus luas trapesium sama kaki, dan juga rumus luas trapesium sembarang. Adapun rumusnya adalah sebagai berikut ini.





Leave a Comment