Contoh Soal Pembagian Bersusun Kelas 4 SD


Pembagian Bersusun Kelas 4 SD – Ketika belajar tentang matematika maka tidak akan lepas dari yang namanya operasi hitung seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan lain sebagainya. Bisa dibilang rumus-rumus tersebut merupakan dasar yang harus kita kuasai sebelum belajar lebih jauh seputar matematika.

Pasalnya hampir semua rumus matematika memiliki operasi hitung. Nah pada kesempatan kali ini kita bahas mengenai pembagian bersusun. Perkalian maupun pembagian seringkali menjadi momok bagi siswa. Padahal sebenarnya perkalian dan pembagian tidaklah sulit.



Sekilas Tentang Pembagian Bersusun

Soal pembagian pun juga bisa kita selesaikan dengan beberapa cara. Salah satunya dengan pembagian bersusun panjang. Sebelumnya perlu kalian ketahui bahwa pembagian bersusun panjang menjadi bagian dari aritmatika dasar.

Pembagian bersusun adalah sebuah cara yang bisa kita gunakan untuk menemukan jawaban soal pembagian panjang dari bilangan yang terdiri dari dua angka atau lebih. Dengan memahami cara mengerjakan pembagian bersusun, kita akan lebih mudah untuk menyelesaikan soal pembagian.

Baca juga: Cara Menghitung Pembagian Matematika (Part 2)

Cara Pembagian Bersusun

Pada pembahasan ini langsung kita bahas langkah-langkah untuk melakukan pembagian bersusun. Silakan pelajari penjelasan di bawah ini.

Menyiapkan Persamaan

Pertama-tama kalian siapkan bilangan yang akan dibagi. Kalian bisa menulisnya di atas selembar kertas. Kemudian buat lambang pembagi yang melintang dari sisi kiri ke sisi atas bilangan tersebut. Selanjutnya tulis bilangan pembagi di sisi kiri lambang pembagi tersebut.



Yang perlu kalian ingat:

  • Sisakan ruang di bawah persamaan yang nantinya dipakai untuk melakukan beberapa kali operasi pengurangan.
  • Jawaban ditulis di sisi atas bilangan atau lambang pembagi.

Bagi Angka Pertama

Setelah persamaan selesai ditulis, selanjutnya adalah membagi dua angka yang sudah kita tulis. Kita mulai dari kiri ke kanan. Pada langkah ini kita perlu mencari berapa kali pembagi yang hasilnya sama seperti angka pertama bilangan yang dibagi, atau hasil yang paling mendekati dan tidak melebihinya.

Bagi Dua Angka Pertama

Dalam beberapa kasus pembagi memiliki nilai yang lebih besar dari angka pertama bilangan yang akan dibagi. Jika menjumpai hal seperti ini kita bisa menggesernya menjadi dua angka pertama pada bilangan yang dibagi. Jadi kita perlu mencari perkalian dari pembagi yang menghasilkan nilai sama dengan dua angka pertama bilangan yang dibagi tanpa melebihinya.



Baca juga: Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat

Menuliskan Angka Jawaban

Dari hasil perkalian di atas, masukkan angka pertama jawaban yang kalian dapat di atas simbol pembagi. Dalam menulis jawaban ini kalian harus memastikan posisinya lurus dengan bilangan yang dibagi supaya tidak ada kesalahan hitung nantinya.

Mengalikan dan Mengurangi Bilangan

Langkah berikutnya adalah mengalikan angka jawaban dengan pembagi. Hasil perkalian ini kita letakkan di bawah bilangan yang dibagi. Ingat, penulisan angka ini juga harus tegak lurus dengan bilangan yang dibagi. Kita tulis dari sisi yang paling kiri.

Setelah itu kurangi bilangan pembagi dengan hasil perkalian yang kalian masukkan. Jangan lupa menambahkan tanda garis di bawahnya sebagai pembatas dan letakkan hasil pengurangan tersebut di bawah garis tersebut. Pada langkah ini kita mengurangi angka yang paling kiri terlebih dahulu. Lalu geser ke kanan dan seterusnya.

Menurunkan Angka Selanjutnya

Sesudah menulis hasil pengurangan, turunkan angka pada bilangan yang dibagi selanjutnya di sisi kanan hasil pengurangan tersebut. Kemudian langkahnya kembali seperti di atas. Yaitu membagi angka baru ini dengan bilangan pembagi. Hasil pembagian ditulis di bawah angka baru tersebut dan kita kurangi, lalu ulangi lagi langkah di atas sampai semuanya habis.

Dalam langkah ini yang perlu diingat:



  • Apabila angka baru tidak dapat dikurangi angka pembagi, maka kita tulis angka 0 di hasil pembagian (di atas lambang pembagi). Setelah itu kita turunkan angka selanjutnya dari bilangan yang dibagi.
  • Jika bilangan tidak habis dibagi dan ingin menghitung desimalnya, kita bisa menambahkan tanda koma di sebelah kanan hasil perhitungan atau jawaban kita yang ada di atas lambang pembagi. Lalu kita sisipkan angka 0 pada hasil pengurangan yang tidak habis. Kemudian langkahnya sama, yakni membagi dengan bilangan pembagi dan menulis hasilnya di sisi kanan koma. Ulangi langkah sampai tak bersisa atau sesuai yang dibutuhkan.

Baca juga: Perkalian Dan Pembagian Pecahan

Contoh Pengerjaan

Contoh Soal

Soal 1

1320 : 12 = …

Jawab:

Jadi, hasil pembagiannya adalah 66

Soal 2

150 : 30 = …

Jawab:

Jadi, hasil pembagiannya adalah 5

Soal 3

8704 : 34 = …

Jawab:

Jadi, hasil pembagiannya adalah 256

Soal 4

38.016 : 11 = …

Jawab:

Jadi, hasil pembagiannya adalah 3456

Soal 5

209.865 : 17 = …

Jawab:

Jadi, hasil pembagiannya adalah 12345

Soal 6 (Porogapit Pecahan)

1 : 8 = …

Jawab:

Jadi, hasil pembagian 1 : 8 = 0,125

Baca juga: Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Biasa

Itulah materi mengenai pembagian bersusun yang biasa diajarkan di bangku sekolah dasar. Semoga pembahasan di atas membantu kalian dalam memahami bagaimana cara melakukan pembagian bersusun panjang.



Leave a Comment