Contoh Soal Pembagian Bersusun Kelas 4 SD


Setelah itu kurangi bilangan pembagi dengan hasil perkalian yang kalian masukkan. Jangan lupa menambahkan tanda garis di bawahnya sebagai pembatas dan letakkan hasil pengurangan tersebut di bawah garis tersebut. Pada langkah ini kita mengurangi angka yang paling kiri terlebih dahulu. Lalu geser ke kanan dan seterusnya.



Menurunkan Angka Selanjutnya

Sesudah menulis hasil pengurangan, turunkan angka pada bilangan yang dibagi selanjutnya di sisi kanan hasil pengurangan tersebut. Kemudian langkahnya kembali seperti di atas. Yaitu membagi angka baru ini dengan bilangan pembagi. Hasil pembagian ditulis di bawah angka baru tersebut dan kita kurangi, lalu ulangi lagi langkah di atas sampai semuanya habis.

Dalam langkah ini yang perlu diingat:

  • Apabila angka baru tidak dapat dikurangi angka pembagi, maka kita tulis angka 0 di hasil pembagian (di atas lambang pembagi). Setelah itu kita turunkan angka selanjutnya dari bilangan yang dibagi.
  • Jika bilangan tidak habis dibagi dan ingin menghitung desimalnya, kita bisa menambahkan tanda koma di sebelah kanan hasil perhitungan atau jawaban kita yang ada di atas lambang pembagi. Lalu kita sisipkan angka 0 pada hasil pengurangan yang tidak habis. Kemudian langkahnya sama, yakni membagi dengan bilangan pembagi dan menulis hasilnya di sisi kanan koma. Ulangi langkah sampai tak bersisa atau sesuai yang dibutuhkan.

Baca juga: Perkalian Dan Pembagian Pecahan

Contoh Pengerjaan

Contoh Soal

Soal 1

1320 : 12 = …

Jawab:



Jadi, hasil pembagiannya adalah 66

Soal 2

150 : 30 = …

Jawab:



Jadi, hasil pembagiannya adalah 5

Soal 3

8704 : 34 = …

Jawab:

Jadi, hasil pembagiannya adalah 256



Soal 4

38.016 : 11 = …

Jawab:

Jadi, hasil pembagiannya adalah 3456

Soal 5

209.865 : 17 = …

Jawab:

Jadi, hasil pembagiannya adalah 12345

Soal 6 (Porogapit Pecahan)

1 : 8 = …

Jawab:

Jadi, hasil pembagian 1 : 8 = 0,125

Baca juga: Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Biasa

Itulah materi mengenai pembagian bersusun yang biasa diajarkan di bangku sekolah dasar. Semoga pembahasan di atas membantu kalian dalam memahami bagaimana cara melakukan pembagian bersusun panjang.



Leave a Comment