Cara Mencari Panjang Sisi Segitiga Lengkap


Cara Mencari Panjang Sisi Segitiga – Sebuah bangun datar memiliki ciri-ciri permukaan datar dan terbentuk dari dua dimensi. Dua dimensi ini biasanya terdiri atas panjang, lebar, luas, keliling, sisi, sudut hingga garis simetris yang berbentuk beraturan. Dari ciri-ciri tersebut menjadikan banyak sekali beberapa jenis sebuah bangun yang masuk ke dalam kategori bangun datar.



Salah satu bangun datar yang memiliki ciri-ciri khusus adalah segitiga. Ciri khusus inilah yang membedakan segitiga dengan bangun lain, mulai dari bentuk, sudut, dan rumus dalam mencari luas atau kelilingnya. Dengan begitu, dalam menentukan konsep sebuah segitiga perlu dilakukan pemahaman lebih lanjut.

Pada pembahasan kali ini kalian akan mempelajari segitiga, khususnya dalam mengetahui panjang sisinya. Berikut penjelasannya.

Baca juga: Sifat-Sifat Segitiga Secara Umum

Segitiga dalam Geometri

Segitiga merupakan jenis bangun datar yang berbentuk poligon dan masuk ke dalam kategori bangunan 2 dimensi pada lingkup geometri. Segitiga didefinisikan sebagai poligon karena memiliki 3 sisi, panjang sisi yang dapat sama panjang atau berbeda, dan 3 memiliki sudut.

Sebuah segitiga sebagai bangun datar memiliki beberapa ciri umum sebagai berikut.

  1. Memiliki sisi sebanyak 3 buah.
  2. Memiliki sudut sebanyak 3 titik.
  3. Memiliki 3 sisi yang dilengkapi 3 sudut.
  4. Semua sisi dan sudut pada segitiga dapat memiliki ukuran yang berbeda.

Baca juga: Rumus Sudut Segitiga Dan Contoh Soal

Jenis-Jenis Segitiga

Segitiga memiliki banyak jenis dan berikut uraiannya.



1. Segitiga sama sisi

Segitiga sama sisi merupakan segitiga yang ketiga sisinya memiliki panjang yang sama. Dengan begitu, pada segitiga sama sisi memiliki sudut yang sama besar, yaitu masing-masing 600. Berikut adalah karakteristik dari segitiga sama sisi.

  • Ketiga sisinya memiliki panjang sama (a = b = c).
  • Ketiga titik sudutnya berukuran 600 (∠ABC =∠BCA = ∠CAB = 60º jumlah total = 180º)
  • Ketiga sumbunya simetri sehingga masing-masing dapat membagi segitiga menjadi pasangan bangun datar yang simetris.
  • Sumbu simetrinya dapat digunakan sebagai tinggi segitiga.

2. Segitiga sama kaki

Segitiga sama kaki memiliki makna bangunan segitiga yang dibentuk dengan dua dari tiga sisinya yang memiliki panjang sama. Segitiga sama kaki memiliki dua sudut yang sama besar di sisi kakinya yang sama. Sudut pada sisi kaki yang sama adalah 60º.



3. Segitiga sembarang

Segitiga sembarang merupakan segitiga yang ketiga sisinya berbeda semua. Dengan begitu, sudut pada setiap sisinya pun juga berbeda-beda.

4. Segitiga siku-siku

Segitiga siku-siku memiliki satu sudut yang besarnya 90º. Susunan dari segitiga ini memiliki sisi miring di depan sisi dengan sudut siku-siku. Biasanya, dalam penentuan panjang sisi lainnya dapat menggunakan teorema phytagoras.



Leave a Comment