Cara Mengubah Desimal ke Pecahan dengan Mudah


Pembulatan bilangan desimal dapat diterapkan dengan beberapa aturan seperti berikut.



  1. Pada pembulatan satuan, angka 1,7 dapat dibulatkan ke angka 2 karena satuan dalam bilangan tersebut, yaitu angka 7 lebih mendekati ke 10 dibanding ke 0.
  2. Pada pembulatan puluhan, dapat dibulatkan ke puluhan terdekat. Contoh angka 2,768 bisa kita bulatkan ke 2,760 atau 2,846 bisa kita bulatkan ke 2,840
  3. Pada pembulatan ratusan, kita bisa bulatkan ke ratusan terdekat. Contoh angka 2,768 bisa dibulatkan menjadi 2,800 karena 768 lebih dekat ke 800 dibanding 700.

Intinya, dalam aturan pembulatan bilangan desimal kalian harus mencari satuan terdekat pada angka-angka yang ditampilkan.

Baca juga: Cara Menghitung Operasi Pecahan Campuran

Pengubahan Bilangan Desimal ke Bilangan Pecahan

Dalam pengubahan bilangan desimal ke pecahan biasa dapat dilakukan dengan memperhatikan penyebutnya. Biasanya, pengubahan desimal yang mudah dilakukan adalah dengan penyebut kelipatan 10. Hal ini dapat disederhanakan dengan mudah dalam bentuk pecahan seperti berikut.

Untuk beberapa bilangan desimal yang tidak memiliki penyebut kelipatan 10, terdapat beberapa langkah yang perlu diterapkan untuk menghitungnya sebagai berikut.

  1. Misalnya, terdapat bentuk desimal dengan beberapa angka di belakang koma. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan menghitung jumlah angka di belakang koma, tetapi angka nol di belakang tidak usah dihitung. Contohnya seperti berikut.
    0,225 : jumlah angka di belakang koma = 3
    0,350 : jumlah angka di belakang koma = 2 (angka nol di belakang tidak usah dianggap)
  2. Hilangkan tanda  koma dan angka nol di depan koma kemudian setelah dihilangkan jadikan bilangan tersebut menjadi pembilang pecahan (ingat pembilang letaknya di atas). Contohnya seperti berikut.
    0,13 : setelah dihilangkan menjadi 13 dan kita jadikan pembilang.
  3. Pada bilangan dengan angka satu yang dirangkai dengan angka nol sebanyak angka yang didapat pada angka satu lalu sederhanakan. Contohnya seperti berikut.
    0,75 : angka di belakang koma 2 (langkah 1), kemudian dihilangkan koma dan nol di depannya menjadi 75 sebagai pembilang (langkah 2), lalu bagi 75 dengan angka 1 diikuti 2 dan buat 0 jadi 75/100 = 3/4 (pembilang dan penyebut masing-masing dibagi 25).

Baca juga: Cara Perkalian Dan Pembagian Pecahan

Ingat, untuk melakukan penyederhanaan pembilang dan penyebut kalian dapat membagi pembilang dan penyebutnya dengan angka yang sama. Apabila ingin memastikan apakah bilangan desimal yang diubah ke pecahan benar dapat melakukan pembagian. Misalnya, ¾ = 3 : 4 = 0,75.

Langkah di atas dapat diterapkan untuk mengubah bentuk desimal menjadi pecahan biasa. Namun, kita tahu bahwa bentuk pecahan tidak hanya pecahan biasa. Selain pecahan biasa, bentuk desimal dapat diubah menjadi pecahan campuran. Caranya pun hampir sama dengan pengubahan bentuk desimal ke bentuk pecahan biasa. Misalnya, pengubahan bilangan 1,15.



  1. Pertama, pisahkan bilangan desimal dari bilangan bulat menjadi 1,15 = 1 + 0,15.
  2. Kedua, cari pecahan dari 0,15 yaitu 15/100 = 3/20.
  3. Kemudian, gabung dengan bilangan bulat yang telah dipecah yaitu 1 menjadi 1 3/20.

Dalam pengubahan bilangan desimal ke pecahan memiliki beberapa hal yang perlu diterapkan, baik dalam mengubah bentuk pecahan biasa ataupun pecahan campuran sebagai berikut.

  1. Jika bilangan desimal memiliki satu angka di belakang koma dapat dijadikan dalam bentuk pecahan menjadi per sepuluh.
  2. Jika bilangan desimal memiliki dua angka di belakang koma dapat dijadikan dalam bentuk pecahan menjadi per seratus.
  3. Jika bilangan desimal memiliki tiga angka di belakang koma dapat dijadikan dalam bentuk pecahan menjadi per seribu, dan begitu seterusnya.
  4. Setelah diubah ke bentuk pecahan, sederhanakan dengan membagi pembilang dan penyebutnya dengan bilangan yang sama hingga menjadi bentuk pecahan yang paling sederhana.

Baca juga: Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Biasa

Terkadang, kita juga dapat menemukan bilangan desimal yang jumlahnya tak terhingga. Hal ini dapat menyulitkan kita untuk mengubahnya dalam bentuk pecahan. Namun, terdapat trik untuk mencarinya. Sebagai contoh bilangan 0,777… langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Kita lakukan permisalan 0,777 menjadi x.
  2. Kemudian buat persamaan jika x = 0,777… dan 10x = 7,777..
  3. Kurangkan 10x dengan x seperti berikut.

  1. Dengan begitu, kita akan mendapatkan hasil bilangan desimal 0,777 yang diubah ke bentuk pecahan menjadi 7/9.

Cara ini dapat digunakan untuk permisalan dengan satu angka yang sama seperti 0,777. Apabila terdapat dua angka yang sama dapat seperti 0,242424 dapat diberi permisalan 100x, lalu untuk 3 angka seperti 0,123123 dapat diberi permisalan 1000x. Contohnya seperti berikut.





Leave a Comment