Pertidaksamaan Logaritma dan Contoh Soal


Pertidaksamaan Logaritma dan Contoh Soal – Pembelajaran logaritma merupakan salah satu materi yang sangat dipergunakan dalam berbagai bidang ilmu, seperti matematika dan kimia. Pada bidang matematika, logaritma dapat berupa deskripsi dengan serangkaian langkah dalam memecahkan perhitungan matematika. Berbicara mengenai logaritma, pasti tidak akan terlepas dengan bilangan pangkat. Bilangan pangkat sendiri merupakan suatu bentuk perkalian berulang dari suatu bilangan yang sama. Selain itu, logaritma menjadi bagian dari eksponen pangkat yang digunakan untuk memangkatkan bilangan dasar. Pada logaritma, eksponen pangkat ini memiliki fungsi untuk menghasilkan bilangan tertentu dengan hasil kebalikan dari hitungan pangkat. Misalnya, log 100 = 2 memiliki makna 10 pangkat 2 = 100.



Logaritma sendiri menjadi sebuah invers atau kebalikan dari pemangkatan, jadi dapat kita pahami bahwa eksponen tujuannya untuk mencari hasil sebuah pangkat, sedangkan logaritma digunakan untuk menentukan besar pangkat. Umumnya, fungsi logaritma dapat digunakan untuk menentukan besar pangkat dari suatu bilangan pokok dengan menunjukkan beberapa notasinya. Notasi logaritma menunjukkan bahwa bilangan dalam bentuk pangkat dapat diubah ke bentuk logaritma dan sebaliknya. Sebagai akibat dari definisi dan notasi logaritma maka dapat ditunjukkan berlakunya sifat-sifat pokok logaritma untuk dijadikan dasar perhitungan.

Baca juga: Cara Cepat Menyelesaikan Soal Logaritma

Dalam praktiknya, logaritma dapat memuat persoalan-persoalan dalam materi matematika. Salah satunya membahas mengenai sebuah pertidaksamaan. Jika umumnya kita mendengar pertidaksamaan pada operasi linear, ternyata logaritma juga dapat menerapkan persoalan ini. Dengan begitu, beberapa masalah matematika mengenai pertidaksamaan logaritma dapat dipecahkan dengan beberapa tahapannya.

Baca juga: Contoh Soal Domain dan Range Suatu Fungsi

Pada pembahasan kali ini, kalian akan mempelajari mengenai materi pertidaksamaan logaritma dengan beberapa makna dan contoh soal beserta pembahasannya. Berikut penjelasannya.

Pengertian Pertidaksamaan Logaritma

Konsep pertidaksamaan dalam matematika dapat dimaknai dengan adanya kalimat matematika yang mengandung tanda kurang dari (<), lebih dari (>), kurang dari sama dengan (), dan lebih dari sama dengan (). Biasanya, pertidaksamaan dalam matematika berupa kalimat/pernyataan matematika yang menunjukkan perbandingan ukuran dua objek atau lebih.

Dengan begitu, jika berhubungan dengan logaritma sebuah pertidaksamaan memiliki makna sebuah kalimat matematika yang memuat bentuk logaritma dan berkaitan langsung dengan tanda ketidaksamaan. Tanda-tanda pertidaksamaan akan menunjukkan adanya bilangan pokok (numerus) yang didalamnya terdapat fungsi peubah (variabel) pada pembahasan pertidaksamaan logaritma.



Biasanya, penyelesaian pertidaksamaan logaritma akan mengikuti penyelesaian pertidaksamaan secara umum seperti dalam beberapa materi matematika. Secara umum, penyelesaian pertidaksamaan dilakukan dengan tahap-tahap untuk menentukan akar-akarnya terlebih dahulu. Kemudian, dapat menentukan garis bilangan dan tanda sehingga dapat mengarsir daerah yang diminta berdasarkan tanda ketidaksamaannya.



Leave a Comment