Cara Membuka Word Yang Terkunci


Membuka Word Yang Terkunci – Microsoft Word memungkinkan kita untuk membuat dan mengedit tulisan, lalu menyimpannya dalam bentuk file Word dengan ekstensi .docx atau .doc. Hanya saja siapa saja yang membuka file tersebut bisa melakukan perubahan.

Maka dari itu biasanya dokumen yang sudah selesai disusun dan harus disebarkan ke orang lain diubah formatnya terlebih dahulu ke .pdf. Dengan demikian orang lain tidak bisa sembarangan melakukan perubahan.

Sebenarnya Microsoft sendiri menyertakan sebuah fitur yang memungkinkan kita untuk mengunci dokumen yang kita buat. Sehingga orang lain yang membuka dokumen tersebut hanya bisa membacanya saja (read only) dan harus memasukkan kata sandi tertentu untuk mengeditnya.

membuka pasword word

Baca juga: Cara Membuka Password Excel

Lantas bagaimana jika kita tidak sengaja lupa kata sandi untuk membuka dokumen Word yang terkunci? Atau bagaimana jika ingin melakukan perubahan maupun mengutip kata-kata yang ada dalam dokumen tersebut?

Ada trik sederhana yang bisa Anda coba untuk membuka Word yang terkunci sehingga Anda bisa menyalin kata-kata yang ada pada dokumen tersebut. Berikut kami jelaskan satu per satu.

Membuka Dokumen Word dengan Wordpad

Cara pertama adalah membuka dokumen Word yang terkunci dengan aplikasi Wordpad. Software ini tidak perlu diinstal terlebih dahulu karena sudah menjadi aplikasi bawaan Windows. Fungsi Wordpad mirip dengan Microsoft Word, namun dengan fitur yang sangat terbatas.

Kabar baiknya aplikasi ini bisa kita pakai untuk membuka dokumen Word yang diproteksi. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti:

  • Buka dokumen yang dikunci.
  • Setelah dokumen tersebut terbuka pada software Word, klik tab File, pilih Save As dan klik Browse atau bisa dengan pilih salah satu folder yang ada di bagian This PC.
  • Silakan tentukan lokasi penyimpanan dokumen.

  • Saat kotak dialog Save As muncul, jangan lupa untuk mengubah ekstensi dokumen menjadi .rtf (Rich Text Format). Jika sudah mengubah ekstensi dan menentukan lokasi penyimpanan klik tombol Save.
  • Buka drive atau folder tempat Anda menyimpan dokumen tadi. Setelah itu klik kanan pada dokumen yang baru saja Anda ubah ekstensinya dan pilih menu Open with. Pada kotak dialog How do you want to open this file? pilih aplikasi Wordpad. Jika tidak ada klik More apps.

  • Setelah dokumen terbuka klik menu Save di sisi pojok kiri atas atau dengan menekan tombol Ctrl + S.
  • Buka kembali dokumen tersebut dengan Microsoft Word dengan cara yang sama seperti langkah di atas.
  • Setelah itu Anda sudah bisa melakukan perubahan pada dokumen yang sebelumnya terkunci.

Selain cara di atas Anda juga bisa langsung membuka file Word yang terkunci dengan aplikasi Wordpad. Setelah itu Anda bisa langsung mengedit ataupun mengkopi tulisan yang ada pada dokumen tersebut. Anda bisa menyimpannya sebagai dokumen baru dengan ekstensi .rtf atau mengkopi seluruh tulisan ke dokumen baru di Microsoft Word.

Jika menyimpannya dengan ekstensi .rtf dan Anda ingin menggantinya menjadi .docx, maka Anda perlu membuka file tersebut kembali di Microsoft Word dan menyimpannya dengan ekstensi .docx.

Membuka Dokumen Word dengan Google Drive

Selain cara di atas Anda juga bisa mencoba membuka dokumen Word yang terkunci dengan bantuan Google Drive. Akan tetapi Anda harus memiliki akun Google terlebih dahulu. Anda bisa mendaftarnya di situs resmi Google. Anda juga harus memiliki koneksi internet yang memadai.

Setelah itu silakan ikuti langkah berikut:

  • Masuk ke situs drive.google.com dan lakukan login dengan akun Anda.
  • Setelah berhasil masuk klik menu New atau Baru yang ada di sisi kiri atas. Kemudian pilih opsi File upload.

  • Cari dokumen Word yang terkunci lalu klik tombol Open.
  • Proses upload akan berjalan. Silakan tunggu sampai selesai.
  • Jika selesai dokumen tersebut akan terlihat dalam Google Drive. Buka dokumen tersebut dengan cara klik kanan pada dokumen, pilih opsi Buka dengan dan klik Google Dokumen. Atau juga bisa langsung klik dua kali pada dokumen tersebut.

  • Jendela baru pada browser akan terbuka dan menampilkan dokumen Anda pada Google Dokumen. Anda bisa menyalin, mengedit, menghapus tulisan tersebut. Google Dokumen akan menyimpan perubahan secara otomatis.

  • Jika ingin mengunduhnya klik menu File di sisi kiri atas dan klik Download. Silakan pilih ekstensi .docx. File akan terunduh secara otomatis.

  • File yang terunduh sudah bisa Anda buka tanpa adanya kunci atau proteksi. Sehingga Anda bisa mengkopi, melakukan perubahan, ataupun menghapus tulisan langsung pada dokumen tersebut.

Untuk tips tambahan, Anda juga bisa mengunggah atau upload file ke Google Drive dengan cara drag file tersebut ke Google Drive yang terbuka di browser. Caranya buka situs Google Drive pada browser Anda, lalu kecilkan jendela browser Anda.

Selanjutnya cari dokumen atau file yang akan diunggah. Klik tahan dan geser file tersebut ke arah Google Drive, lalu lepaskan. Maka file akan otomatis di-upload pada Google Drive.

Membuka Word yang Terkunci dengan Mudah

Selain langkah-langkah di atas Anda juga bisa mencoba cara ketiga. Yakni dengan cara langsung membuka file .docx yang terkunci dengan Wordpad. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka file Word yang terkunci dengan aplikasi Wordpad seperti cara di atas.
  • Saat terbuka Anda bisa langsung melakukan perubahan ataupun mengkopi isi tulisan.
  • Hanya saja saat ingin menyimpan dituliskan bahwa Wordpad tidak mendukung semua fitur yang ada pada file .docx. Sehingga ada kemungkinan beberapa konten dalam dokumen tersebut tidak tampil dengan benar.
  • Pada saat menyimpan juga akan muncul kotak dialog Some content might be lost seperti gambar di bawah ini.

  • Anda bisa memilih Save untuk menyimpannya atau Save a copy untuk menyimpannya sebagai file baru (tetapi tidak ada format .docx). Maka dari itu disarankan untuk menggandakan dokumen sebelum mencobanya dengan cara ini.
  • Selain itu jangan lupa untuk mengecek kembali apakah ada tulisan atau konten yang tidak ditampilkan dengan benar.

Sekian tutorial yang bisa kami sampaikan. Semoga apa yang kami sampaikan di atas bisa membuat Anda terbantu. Terlebih jika ada dokumen yang harus Anda ubah atau ingin Anda salin tulisannya namun tidak bisa diedit lantaran file tersebut dalam keadaan terkunci.

Baca juga: Cara Mengatur Margin Kertas A4 Di Word

Cara-cara di atas sangat bermanfaat untuk dokumen Anda yang sebelumnya Anda kunci namun Anda lupa kata sandinya. Selain itu juga bermanfaat untuk mengkopi beberapa kalimat pada sebuah dokumen yang diproteksi.

Hanya saja ada satu kekurangan dari cara di atas. Perlu dicatat bahwa cara di atas bekerja pada file Word yang masih bisa dibuka namun tidak dapat dilakukan perubahan. Bukan file Word yang terkunci dan harus memasukkan password sebelum membukanya. Jika Anda mencobanya maka file tidak akan bisa dibuka. Baik dengan Google Dokumen maupun Wordpad.



Loading...

Leave a Comment