Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis Di Word


Membuat Daftar Pustaka Otomatis Di Word – Dalam penyusanan skripsi, makalah, laporan, jurnal, ataupun buku, daftar pustaka menjadi bagian yang paling penting. Sebab, dengan adanya daftar pustaka maka para pembaca bisa menilai sumber yang telah dijadikan sebagai rujukan.

Maka dari itu, jika Anda seorang pelajar ataupun mahasiswa yang sering membuat karya tulis maka penting sekali untuk mengetahui bagaimana cara membuat daftar pustaka dengan benar. Daftar pustaka sendiri bisa dibuat secara manual atau bisa juga secara otomatis dengan menggunakan program Microsoft Word.

Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis Di Word

Namun kalangan mahasiswa kebanyakan lebih memilih cara membuat daftar pustaka secara manual. Hal ini sebenarnya tidak masalah, tetapi untuk nama penulis, judul penulis, penerbit, dan juga tahun terbit nantinya akan terlihat kurang rapi. Oleh karenanya, kami disini memberikan solusi yang tepat, yaitu membuat daftar pustaka secara otomatis di Microsoft Word.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai daftar pustaka, kami akan menjelaskan terlebih dahulu pengertian dari daftar pustaka. Hal ini sangat penting untuk diketahui terutama bagi Anda yang termasuk kalangan mahasiswa.

Baca juga: Cara Membuat Daftar Pustaka Dari Jurnal

Pengertian Daftar Pustaka

Pengertian Daftar Pustaka

 

Pengertian daftar pustaka atau references adalah tulisan yang terletak di setiap akhir bagian buku atau karya ilmiah. Pada umumnya, daftar pustaka berisi nama penulis, judul tulisan, penerbit, identitas penerbit, dan juga tahun terbit.

Daftar pustaka biasa dijadikan sebagai rujukan atau sumber oleh seorang penulis dalam berkarya, maka tak heran jika daftar pustaka ini memang akan sering dijumpai pada semua tulisan atau karya ilmiah seperti buku, makalah, skripsi, jurnal, dan lain sebagainya.

Daftar pustaka juga mempunyai beberapa istilah atau nama lain, yaitu rujukan, referensi, atau bibliografi.

Fungsi Daftar Pustaka

Daftar pustaka memiliki beberapa fungsi penting yang perlu Anda ketahui, diantaranya:.

  • Untuk mencantumkan sumber informasi yang ditulisnya supaya nantinya dapat ditelusuri dengan mudah oleh para pembaca jika mereka ingin mengetahui informasi ataupun teori tersebut secara lengkap.
  • Sebagai penunjuk bahwa tulisan dan informasi yang ada dalam karya ilmiah bukan merupakan hasil pemikiran dari penulis itu sendiri, tetapi juga dari hasil pemikiran orang lain.
  • Supaya bisa lebih menghargai ataupun memberikan penghargaan kepada penulis sumber informasi, sehingga karya tulis ilmiah tersebut bisa segera terselesaikan.

Unsur Daftar Pustaka

Dalam penulisan daftar pustaka ada beberapa unsur penting yang harus diperhatikan, yaitu:

  • Nama pengarang, yang harus dikutip dengan lengkap.
  • Judul buku, termasuk juga judul tambahannya.
  • Data publikasi, penerbit, tempat terbit, tahun terbit, cetakan yang keberapa, nomor jilid dan juga tebal atau jumah halaman buku itu sendiri.
  • Untuk sebuah artikel maka nantinya akan dibutuhkan judul artikel yang terkait, nama majalah, jilid, nomor dan juga tahun.

Tujuan dan Manfaat Daftar Pustaka

Tujuan dan Manfaat Daftar Pustaka

Penulisan daftar pustaka dalam sebuah karya tulis tentunya bukan tanpa alasan. Adapun tujuan dan manfaat daftar pustaka adalah sebagai berikut:

  • Daftar pustaka memiiki tujuan utama sebagai penunjuk bahwa sebuah tulisan atau karya ilmiah tidak hanya disusun berdasarkan pemikiran orisinal seorang penulisnya saja, namun juga mendapat banyak rujukan dari pemikiran beberapa orang lainnya.
  • Manfaat penulisan daftar pustaka adalah untuk mengarahkan pembaca sebuah tulisan atau karya ilmiah ke beberapa rujukan tertentu yang pastinya berhubungan dengan pembahasan di dalam tulisan ataupun karya ilmiah itu sendiri.
  • Daftar pustaka ternyata juga memiliki manfaat untuk dapat mengetahui di kota manakah penerbitan buku tersebut dilakukan. Selain itu, juga untuk mengetahui tahun berapakah buku tersebut pertama kali diterbitkan.
  • Sebenarnya daftar pustaka juga bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan oleh pembaca dalam mempercayai isi atau pembahasan yang ada dalam tulisan tersebut. Mengapa demikian? Jika isi dari daftar pustaka semakin banyak dan diisi pula dengan banyak rujukan yang saling berkaitan antara satu sama lain maka tulisan tersebut pastinya bisa dipercaya sebagai tulisan atau karya ilmiah yang bagus.

Langkah Membuat Daftar Pustaka Secara Otomatis di Microsoft Word

Selanjutnya kami akan menjelaskan bagaimana cara membuat daftar pustaka secara otomatis di Word. Pada tutorial kali ini kami menggunakan Microsoft Word versi 2013. Namun jika versi Microsoft Word yang Anda miliki lebih rendah atau lebih tinggi maka Anda tidak perlu khawatir.

Sebab dalam tutorial kali ini untuk masalah caranya sama saja, kalaupun ada perbedaan pun tidak terlalu siginifikan. Berikut ini adalah langkah-langkah membuat daftar pustaka di Microsoft Word secara otomatis yang bisa Anda ikuti dengan mudah:

  • Pertama silahkan Anda buka terlebih dahulu program Microsoft Word di komputer atau PC Anda.
  • Siapkan satu sheet Document yang nantinya digunakan khusus untuk membuat Halaman Daftar Pustaka.
  • Silahkan Anda tulis “Daftar Pustaka” untuk menjadi judul halaman.
    Membuat Daftar Pustaka di MS Word
  • Kemudian untuk membuat list referensi daftar pustaka silahkan Anda pilih Reference > Manage Sources > New. Untuk lebih jelasnya silahkan ilustrasinya berikut ini dengan urutan yang ditunjukkan mulai dari no 1, 2, 3.
    Membuat Daftar Pustaka di MS Word
  • Selanjutnya akan muncul form seperti gambar di bawah ini. Silahkan Anda pilih Type of Source jenis referensi yang ingin diinput (pada kolom yang diberi panah merah) > isi semua kolom yang ada sesuai dengan data yang diminta.
    Membuat Daftar Pustaka di MS Word

Contoh Membuat Daftar Pustaka Sumber dari Buku dan Website

Berikut ini adalah 2 contoh sumber yang telah kami buat, untuk daftar pustaka ini berasal dari dua sumber yaitu dari buku dan website.

Contoh Pembuatan Referensi Daftar Pustaka Sumber Dari BukuContoh Pembuatan Referensi Daftar Pustaka Sumber Dari Buku

Contoh Pembuatan Referensi Daftar Pustaka Sumber Dari Website

Contoh Pembuatan Referensi Daftar Pustaka Sumber Dari Website

Baca juga: Cara Membuat Footnote Di Word

Menampilkan List Referensi Daftar Pustaka

Pada pembahasan diatas kami sudah memberikan 2 contoh list referensi Daftar Pustaka. Sekarang Anda tinggal menginput beberapa referensi lainnya sesuai dengan jumlah referensi yang ingin Anda jadikan sebagai acuan dalam penulisan karya tulis. Caranya adalah seperti 2 contoh diatas.

Setelah menginput, tentunya Anda harus menampilkan list daftar referensi Daftar Pustaka di lembar kerja Microsoft Word yang sudah disiapkan. Lalu bagaimana caranya? Untuk lebih jelasnya mari simak ulasan dibawah ini.

  1. Pertama silahkan Anda klik terlebih dahulu Bibliography.
  2. Jika sudah Anda klik kemudian langsung saja klik Insert Bibliography.
    Menampilkan List Referensi Daftar Pustaka
  3. Setelah itu akan muncul suatu tampilan seperti pada gambar berikut ini.
    Menampilkan List Referensi Daftar Pustaka

Itulah langkah-langkah membuat daftar pustaka otomatis di microsoft word. Dengan menggunakan langkah yang telah kami sampaikan pada pembahasan kali ini dijamin akan memudahkan Anda dalam mengerjakan skripsi, makalah, laporan, dan lainnya.

Sebab, jika referensi daftar pustaka Anda sangat banyak (misalnya ada 20 lebih), Anda tidak perlu repot-repot lagi untuk mengurutkan nama pengarang berdasarkan abjad, tidak perlu lagi memberikan tanda kurung, membuat tulisan judul referensi yang miring, dan lain sebagainya. Semuanya bisa dilakukan secara otomatis oleh Microsoft Word.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan pada pembahasan kali ini mengenai cara membuat daftar pustaka di Microsoft Word secara otomatis. Semoga dengan adanya pembahasan ini bisa memudahkan Anda dalam mengerjakan tugas atau setidaknya bisa sedikit menambah wawasan Anda mengenai daftar pustaka. Terima kasih sudah berkunjung di caraharian.com!



Loading...

Leave a Comment