Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis Di Word


Membuat Daftar Pustaka Otomatis Di Word – Dalam penyusanan skripsi, makalah, laporan, jurnal, ataupun buku, daftar pustaka menjadi bagian yang paling penting. Sebab, dengan adanya daftar pustaka maka para pembaca bisa menilai sumber yang telah dijadikan sebagai rujukan.



Maka dari itu, jika Anda seorang pelajar ataupun mahasiswa yang sering membuat karya tulis maka penting sekali untuk mengetahui bagaimana cara membuat daftar pustaka dengan benar. Daftar pustaka sendiri bisa dibuat secara manual atau bisa juga secara otomatis dengan menggunakan program Microsoft Word.

Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis Di Word

Namun kalangan mahasiswa kebanyakan lebih memilih cara membuat daftar pustaka secara manual. Hal ini sebenarnya tidak masalah, tetapi untuk nama penulis, judul penulis, penerbit, dan juga tahun terbit nantinya akan terlihat kurang rapi. Oleh karenanya, kami disini memberikan solusi yang tepat, yaitu membuat daftar pustaka secara otomatis di Microsoft Word.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai daftar pustaka, kami akan menjelaskan terlebih dahulu pengertian dari daftar pustaka. Hal ini sangat penting untuk diketahui terutama bagi Anda yang termasuk kalangan mahasiswa.

Baca juga: Cara Membuat Daftar Pustaka Dari Jurnal

Pengertian Daftar Pustaka

Pengertian Daftar Pustaka

 



Pengertian daftar pustaka atau references adalah tulisan yang terletak di setiap akhir bagian buku atau karya ilmiah. Pada umumnya, daftar pustaka berisi nama penulis, judul tulisan, penerbit, identitas penerbit, dan juga tahun terbit.

Daftar pustaka biasa dijadikan sebagai rujukan atau sumber oleh seorang penulis dalam berkarya, maka tak heran jika daftar pustaka ini memang akan sering dijumpai pada semua tulisan atau karya ilmiah seperti buku, makalah, skripsi, jurnal, dan lain sebagainya.

Daftar pustaka juga mempunyai beberapa istilah atau nama lain, yaitu rujukan, referensi, atau bibliografi.

Fungsi Daftar Pustaka

Daftar pustaka memiliki beberapa fungsi penting yang perlu Anda ketahui, diantaranya:.



  • Untuk mencantumkan sumber informasi yang ditulisnya supaya nantinya dapat ditelusuri dengan mudah oleh para pembaca jika mereka ingin mengetahui informasi ataupun teori tersebut secara lengkap.
  • Sebagai penunjuk bahwa tulisan dan informasi yang ada dalam karya ilmiah bukan merupakan hasil pemikiran dari penulis itu sendiri, tetapi juga dari hasil pemikiran orang lain.
  • Supaya bisa lebih menghargai ataupun memberikan penghargaan kepada penulis sumber informasi, sehingga karya tulis ilmiah tersebut bisa segera terselesaikan.

Unsur Daftar Pustaka

Dalam penulisan daftar pustaka ada beberapa unsur penting yang harus diperhatikan, yaitu:

  • Nama pengarang, yang harus dikutip dengan lengkap.
  • Judul buku, termasuk juga judul tambahannya.
  • Data publikasi, penerbit, tempat terbit, tahun terbit, cetakan yang keberapa, nomor jilid dan juga tebal atau jumah halaman buku itu sendiri.
  • Untuk sebuah artikel maka nantinya akan dibutuhkan judul artikel yang terkait, nama majalah, jilid, nomor dan juga tahun.

Tujuan dan Manfaat Daftar Pustaka

Tujuan dan Manfaat Daftar Pustaka



Leave a Comment