Cara Membuat Titik Titik Daftar Isi Di Word


Membuat Titik Titik Daftar Isi Di Word – Dalam membuat makalah, skripsi, tesis atau bahkan sebuah buku, maka kita akan menjumpai halaman yang memuat daftar isi. Daftar isi adalah halaman yang menjadi petunjuk isi pokok dari suatu buku. Daftar isi juga dapat diartikan sebagai sebuah peta yang menunjukkan letak-letak bagian buku.



Daftar isi sering kita jumpai dalam berbagai buku, karya tulis ilmiah, skripsi, tesis disertasi dan lain sebagainya. Jika diperhatikan, dalam daftar isi ada beberapa bagian. Selain itu juga ada titik-titik yang membentang dari arah kiri ke kanan. Sedangkan di sisi kanan terdapat nomor halaman dimana bab atau poin tersebut berada.

titik titik daftar isi

Mungkin saat ini masih ada yang membuat titik-titik tersebut secara manual ketika harus membuat karya tulis ilmiah atau skripsi. Secara manual artinya titik-titik tersebut diketik dengan menekan tombol titik pada keyboard secara terus-menerus sampai bagian tertentu.

Kekurangan menggunakan cara ini adalah hasil titik-titik yang tidak rapi sehingga akan membuat daftar isi menjadi tidak bagus. Selain itu Anda juga akan membuang banyak waktu hanya untuk membuat titik-titik tersebut.

Sebenarnya ada cara mudah untuk membuat titik-titik di Word. Pada kesempatan kali ini kami berikan tutorial membuat titik-titik pada daftar isi di Microsoft Word. Ada dua cara yang bisa Anda coba. Anda bisa mencobanya di beberapa versi Microsoft Office yang lazim digunakan saat ini. Seperti Microsoft Office 2007, 2010, 2013, 2016, 2019 ataupun Microsoft 365. Berikut tutorial selengkapnya yang bisa Anda coba.

Baca juga: Cara Membuat Daftar Gambar Otomatis

Membuat Titik Daftar Isi Otomatis di Word

Dalam Microsoft Word juga terdapat menu heading yang merupakan judul dari suatu halaman. Di Word ada beberapa heading yang bisa digunakan, antara lain heading 1, heading 2, hingga heading 8.



Dari heading ini kita bisa membuat daftar isi secara otomatis. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka dokumen Word yang sudah dilengkapi dengan judul bab dan sub-bab.
  • Setelah itu atur masing-masing bab beserta sub-bab tersebut sesuai dengan levelnya. Misalnya untuk bab pendahuluan kita blok dan pilih Heading 1 pada ribbon Home.

  • Lalu pada bagian lainnya pilih Heading 2. Contohnya pada dokumen berikut yang kita ubah menjadi Heading 2 adalah bagian Latar Belakang. Silakan sesuaikan dengan kebutuhan. Jangan lupa untuk memperhatikan mana yang harus dijadikan heading 1, heading 2 dan seterusnya.

  • Secara default teks yang kita ubah gayanya akan berubah warna menjadi biru. Tidak perlu panik, sebab Anda bisa mengubah warna, ukuran hingga jenis font sesuka hati.



  • Sesudah style judul, bab hingga sub-bab selesai diatur, langkah berikutnya adalah membuat daftar isinya. Caranya adalah pindah ke halaman kosong, lalu klik ribbon References dan pilih menu Table of Contents yang berada di bar paling kiri.

  • Pada menu ini kita bisa memilih beberapa format daftar isi. Misalnya kita pilih Automatic Table 1.
  • Sistem secara otomatis membuat daftar isi berdasarkan format yang dipilih sebelumnya. Contohnya adalah seperti berikut ini.

  • Daftar isi telah tersusun dengan rapi, berikut bab, sub-bab, titik-titik dan juga halamannya. Anda bisa menyesuaikan atau mengedit daftar isi tersebut. Misalnya pada bagian Contents yang ada di sisi atas diganti menjadi Daftar Isi dan diletakkan di bagian tengah. Anda juga bisa mengubah ukuran, jenis dan warna font sesuai keinginan. Contohnya seperti gambar berikut ini.



Leave a Comment