Cara Membuat Daftar Pustaka Dari Jurnal


Membuat Daftar Pustaka Dari Jurnal – Dalam menyusun sebuah karya ilmiah pastinya kita akan membutuhkan sumber yang bisa dijadikan sebagai rujukan saat melakukan penelitian.



Sumber tersebut umumnya ditemukan di halaman terakhir pada sebuah karya ilmiah. Inilah yang biasa disebut dengan daftar pustaka.

Cara Membuat Daftar Pustaka Dari Jurnal

Nah, membahas tentang daftar pustaka ternyata banyak sekali yang masih bingung bagaimana cara menulis daftar pustaka yang baik dan benar. Menulis daftar pustaka memang tidak mudah terlebih jika Anda belum pernah mencobanya sama sekali. Banyaknya aturan terkadang membuat orang semakin bingung mengenai cara penulisannya.

Oleh karena itu, pada pembahasan kali ini Anda akan mempelajari bagaimana cara menulis daftar pustaka dari jurnal yang baik dan benar. Selain itu, disini juga akan dijelaskan secara lengkap pengertian daftar pustaka, fungsi daftar pustaka, tujuan daftar pustaka, dan aturan penulisan daftar pustaka. Berikut di bawah ini ulasan selengkapnya.

Pengertian Daftar Pustaka

Pengertian Daftar Pustaka

Daftar Pustaka merupakan tulisan yang terletak di bagian akhir dari sebuah karya tulis ilmiah. Umumnya daftar pustaka digunakan sebagai referensi oleh seorang penulis untuk membuat suatu karya tulis ilmiah baru.



Secara umum, penulisan daftar pustaka terdiri dari nama penulis, tahun terbit, judul tulisan, identitas penerbit, dan juga lokasi penerbit yang ditulis sesuai dengan urutan abjad mulai dari A sampai Z. Penting untuk diketahui bahwa daftar pustaka ini berlaku untuk semua jenis karya ilmiah, seperti buku, makalah, skripsi, laporan, artikel, laporan, jurnal dan lain sebagainya.

Sementara itu, menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian daftar pustaka adalah suatu daftar yang dalam penulisannya menambahkan nama penulis, tahun terbit, judul karya tulis, informasi penerbit dan keterangan lainnya yang dimana letaknya di bagian akhir sebuah karya tulis dan dibuat sesuai abjad.

Baca juga: Cara Membuat Halaman Berbeda Di Word

Fungsi Daftar Pustaka

Fungsi Daftar Pustaka

Daftar pustaka memiliki beberapa fungsi penting, diantaranya:



  • Dengan adanya daftar pustaka maka sebuah karya tulis akan menjadi valid karena disusun berdasarkan sumber yang sudah ada sesuai dengan bidang keahlian masing-masing.
  • Sebagai tanggungjawab ilmiah dan apresiasi dari penulis karena sudah menggunakan ide atau gagasan karya orang lain dalam sebuah karya tulis.
  • Keberadaan daftar pustaka akan membuat sebuah karya tulis terhindar dari tuduhan plagiat.
  • Memenuhi syarat utama dalam menyusun karya tulis karena memang setiap karya tulis harus dilengkapi dengan daftar pustaka.

Tujuan Daftar Pustaka

Penulisan daftar pustaka dalam sebuah karya tulis memiliki beberapa tujuan tertentu. Adapun tujuan dari daftar pustaka adalah sebagai berikut:

  • Memudahkan para pembaca untuk mencari sumber lain selain karya tulis yang sudah Anda buat.
  • Memudahkan para pembaca untuk mengembangkan karya tulis yang sudah dibuat supaya menjadi lebih sempurna.
  • Mengetahui banyak referensi yang Anda gunakan ketika menyusun karya tulis.

Aturan Penulisan Daftar Pustaka

Aturan Penulisan Daftar Pustaka



Leave a Comment