Cara Membuat Bingkai / Border Di Word


Membuat Bingkai / Border Di Ms Word – Microsoft Word menjadi salah satu program yang paling banyak digunakan oleh masyarakat luas dari berbagai penjuru dunia. Pasalnya software ini menjadi yang paling populer untuk mengetik tulisan. Jika kita membeli PC, laptop atau menggunakan PC kantor maupun sekolah, biasanya aplikasi Microsoft Office sudah termasuk di dalamnya.

Software yang satu ini mempunyai banyak sekali manfaat. Seperti untuk mengetik makalah, artikel, membuat laporan, konten grafis dan lain sebagainya. Karena sifatnya yang multifungsi ini Microsoft Word banyak dicari dan dibutuhkan. Hanya saja karena fitur yang kompleks tak jarang kita tidak tahu bagaimana untuk melakukan suatu pekerjaan. Contohnya adalah membuat bingkai atau border di Word.

membuat border word

Bingkai atau border merupakan garis yang mengelilingi kertas. Fungsinya beragam, mulai dari untuk mempercantik teks, untuk undangan, atau bahkan membuat sertifikat. Lalu bagaimana cara membuatnya? Berikut caraharian.com jelaskan lebih lanjut, sehingga bisa Anda praktekkan sendiri.

Baca juga: Cara Membuat Twibbon

Membuat Style Borders di Word

Jika ingin membuat border, kita bisa memanfaatkan menu Style Borders. Opsi ini menjadi yang paling sederhana. Dengan bantuan menu ini kita bisa membuat bingkai dengan garis hitam putih, garis putus-putus, gerigi dan lain sebagainya.

Langkah-langkahnya tidak sulit. Berikut tahap-tahap yang perlu Anda lakukan:

  • Buka dokumen yang ingin ditambahi bingkai
  • Sesudah dokumen terbuka, silakan klik tab Design dan klik menu Page Borders. Pada versi lama klik tab Page Layout dan klik Page Borders.

  • Jendela Borders and Shading akan muncul. Di sana Anda bisa melihat beberapa style borders yang bisa digunakan. Ada beberapa hal yang bisa Anda kustomisasi. Seperti bentuk garis, warna, ketebalan, hingga sisi yang ingin dihiasi dengan bingkai. Anda bisa menyesuaikannya sesuai kebutuhan. Jika sudah selesai silakan klik tombol OK.

  • Bingkai akan diterapkan secara otomatis pada dokumen yang Anda buka tadi.

Membuat Arts Borders di Word

Selain membuat bingkai dengan style borders, kita juga bisa membuat bingkai dengan arts borders. Pada Microsoft Word ada beberapa opsi yang dapat kita gunakan. Seperti gambar buah, hati, pohon cemara dan lain-lain.

Tampilan arts borders tampak lebih lucu dan menarik. Sehingga cocok diaplikasikan untuk dokumen atau tulisan yang memang ditujukan untuk anak-anak. Bagaimana cara membuatnya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Pertama-tama buka dokumen Word yang ingin ditambahi arts border.
  • Langkah selanjutnya masih sama dengan cara di atas, yakni klik tab Design dan klik menu Page Borders.
  • Jendela Borders and Shading akan muncul. Bedanya, yang kita pilih adalah menu dropdown Art yang ada di sisi bawah. Di sana Anda bisa memilih cukup banyak border yang unik. Setelah selesai memilih jangan lupa klik OK.

  • Dokumen akan dihiasi bingkai sesuai dengan yang Anda pilih sebelumnya. Jangan lupa menyimpan perubahan tersebut agar tidak hilang.

Melakukan Kustomisasi Bingkai

Seperti yang disinggung di atas, kita bisa melakukan penyesuaian terhadap bingkai yang kita buat di Microsoft Word. Kita bisa mengatur ketebalan garis bingkai, menyesuaikan tata letaknya hingga mengedit bingkai dengan efek 3D ataupun mengganti warnanya. Penasaran bagaimana caranya?

Berikut langkah-langkah melakukan kustomisasi bingkai di Word:

  • Buka menu Page Borders yang berada di tab Design.
  • Pada jendela Borders and Shading Anda dapat memilih style mana yang ingin diterapkan pada dokumen. Menu style memuat berbagai macam jenis garis yang nantinya diterapkan sebagai border untuk dokumen kita.
  • Sedangkan jika ingin menyesuaikan warnanya, Anda bisa menekan menu dropdown Color yang berada tepat di bawah menu style. Pada menu ini ada banyak pilihan warna yang tersedia. Jika masih kurang Anda bisa menekan menu More Colors untuk memilih warna sesuai keinginan.

  • Apabila ingin mengatur bingkai, silakan klik menu dropdown width. Ketebalan yang tersedia mulai ¼ pt, ½ pt sampai dengan 3 pt. Silakan pilih sesuai keinginan.

  • Sedangkan jika ingin menambahkan efek tiga dimensi, klik menu 3-D yang ada di sisi kiri bawah.
  • Tidak hanya efek 3D saja, Microsoft Word juga menawarkan beberapa efek lainnya, seperti shadow, box atau custom. Khusus efek custom Anda bisa menentukan di sisi mana saja bingkai diterapkan. Anda bisa menyesuaikannya pada bagian preview.
  • Apabila kustomisasi selesai, silakan klik tombol OK untuk menerapkan border yang Anda atur ke dalam dokumen Anda.

Mengaplikasikan bingkai di Halaman Tertentu

Bingkai yang diterapkan pada dokumen tertentu biasanya akan membuat seluruh halaman di dalam dokumen tersebut disisipi bingkai tersebut. Jika ingin mengaplikasikan pada halaman tertentu, ada sedikit hal yang perlu kita atur.

Pengaturan ini bisa kita temui pada menu Page Borders, tepatnya pada menu Apply to. Kita bisa mengatur bingkai diterapkan pada keseluruhan halaman atau hanya di halaman pertama saja. Berikut adalah cara mengaturnya:

  • Seperti langkah-langkah di atas, silakan buka dokumen yang ingin ditambah bingkai.
  • Klik tab Design dan pilih menu Page Borders.
  • Pada jendela Borders and Shading tab Page Border, terdapat menu dropdown Apply to:. Ada beberapa pilihan yang bisa kita pilih, yakni Whole Document (mengaplikasikan di seluruh halaman), This Section (hanya di halaman yang sedang aktif), This Section – First Page Only (hanya di halaman pertama), dan This Section – All except First Page (semua halaman kecuali halaman 1).

  • Silakan pilih salah satu sesuai dengan keinginan. Setelah selesai langsung klik tombol OK.
  • Border atau bingkai nantinya hanya muncul pada halaman sesuai dengan yang Anda pilih. Silakan simpan perubahan jika sudah selesai.

Cara Menghapus Bingkai di Word

Jika kita bisa membuat bingkai, maka kita juga bisa menghapus bingkai di Word. Cara menghapus bingkai lebih mudah dari saat membuatnya. Lebih jelasnya silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka dokumen yang sebelumnya telah ditambah bingkai.
  • Klik tab Design dan pilih menu Page Borders.
  • Setelah menu Page Borders muncul, pilih opsi None yang ada di sisi kiri atas. Terakhir silakan klik tombol OK.

  • Maka bingkai akan hilang dari dokumen Anda.

Baca juga: Cara Membuat Garis Tepi Di Word

Membuat Bingkai dengan Gambar

Selain dua cara di atas, kita bisa menyisipkan gambar bingkai ke dalam dokumen yang membuatnya sebagai bingkai pada dokumen kita. Sebelumnya Anda perlu menyiapkan gambar bingkai yang bisa diunduh di internet. Jika sudah silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  • Pada dokumen yang ingin ditambah bingkai, klik tab Insert dan pilih menu Pictures. Setelah itu pilih gambar yang ingin dijadikan sebagai bingkai.
  • Klik dan geser gambar ke dalam dokumen untuk menyisipkan gambar.
  • Setelah muncul, klik gambar tersebut dan klik tab Format.
  • Klik menu Wrap Text dan pilih Behind Text yang membuat gambar diposisikan di bawah teks. Kita juga bisa menyesuaikan letak gambar atau mengubah ukurannya sehingga bisa terlihat sesuai dengan teks di dalam dokumen tersebut.



Leave a Comment