Cara Membuat Garis Tepi Di Microsoft Word


Membuat Garis Tepi Di Microsoft Word – Mungkin sudah banyak orang yang familiar dengan Microsoft Word. Software ini memang mempunyai segudang kemampuan yang dapat kita manfaatkan untuk mengetik berbagai dokumen, mulai dari tugas sekolah, makalah, surat, hingga skripsi.

Akan tetapi tidak semua paham bagaimana cara melakukan suatu hal pada Word. Misalnya membuat garis tepi pada dokumen yang dibuat. Jika Anda juga menghadapi kesulitan terkait hal tersebut, tidak perlu bingung. Sebab pada artikel cara harian ini kami jelaskan mengenai cara membuat garis tepi di aplikasi tersebut.

Sebenarnya kebanyakan dokumen memang tidak membutuhkan garis tepi atau border yang mengelilingi sisi kiri, kanan, atas dan bawah dokumen. Akan tetapi dalam kondisi tertentu kita diharuskan untuk menambahkan border.

Anda bisa saja membuat garis tersebut secara manual dengan menggunakan shape line. Hanya saja cara ini tidak praktis. Ada cara yang lebih ringkas dan mudah. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Simak tutorial berikut ini.

Baca juga: Cara Menghilangkan Garis Merah Di Word

Membuat Garis Tepi

Tutorial ini bisa Anda gunakan untuk berbagai jenis Office yang tersedia saat ini. Yang pasti pada perangkat Anda sudah terinstal Microsoft Office, khususnya Microsoft Word. Kecuali jika Anda memakai versi web, maka Anda harus memiliki koneksi yang memadai. Langsung saja silakan praktekkan cara di bawah ini:

  • Buka dokumen yang ingin ditambah garis pada Word.
  • Setelah dokumen berhasil terbuka, klik tab Page Layout atau Design pada Office 2019. Pilih menu Page Borders.
  • Anda juga bisa menekan tombol dropdown Borders yang ada di tab Home dan grup Paragraph, lalu klik Borders and Shading.

  • Muncul kotak dialog Borders and Shading. Pada tab Page Border Anda bisa menentukan seperti apa garis tepi atau border yang ingin Anda tampilkan pada dokumen.

  • Ada banyak sekali opsi yang bisa Anda atur. Mulai dari style dari garis tepi, warna, ketebalan, hingga opsi Art untuk memilih garis tepi dengan bentuk yang bermacam-macam.
  • Di samping itu juga ada tombol Options. Fungsinya untuk mengatur margin atas, bawah, kanan dan kiri. Berikut beberapa opsi yang bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan.
  • Jika Anda sudah selesai mengaturnya silakan klik tombol OK.

Penjelasan Menu Page Border

Seperti yang bisa Anda lihat di atas, terdapat banyak menu yang bisa Anda otak-atik. Agar lebih jelas, berikut kami jelaskan secara singkat masing-masing menu tersebut:

  1. Setting: memuat beberapa opsi terkait bagaimana bentuk garis tepi nantinya. Ada None, Box, Shadow, 3-D, dan Custom. Opsi None untuk menghilangkan garis tepi, Box untuk memunculkan garis tepi biasa, Shadow untuk menampilkan garis tepi dengan bayangan, 3-D untuk memberikan efek 3 dimensi, dan Custom untuk melakukan kustomisasi.
  2. Style: digunakan untuk menentukan seperti apa gaya garis tepi yang diinginkan. Ada garis putus-putus, garis lurus, garis tipis dan tebal bertumpuk, dan lain sebagainya.
  3. Color: dipakai untuk menentukan warna garis tepi.
  4. Width: memungkinkan pengguna memilih ketebalan garis tepi. Pengguna bisa memilih ¼ pt, ½ pt, 1 pt, sampai 6 pt.
  5. Art: menampilkan beberapa pilihan border lain dengan bentuk motif berwarna. Seperti apel, pohon, kue, balon, hati, dan lain-lain.

Selain yang disebutkan di atas, juga ada menu Apply to: yang dipakai untuk menentukan bagian mana saja yang ingin ditambah garis tepi. Ada beberapa opsi yang bisa dipilih. Simak penjelasannya berikut ini:

  1. This section: garis tepi hanya diterapkan pada halaman yang dipilih oleh pengguna.
  2. Whole document: menerapkan garis tepi pada seluruh halaman dokumen Word.
  3. This section – All except first page: menerapkan garis tepi pada setiap halaman yang ada pada dokumen Word, kecuali halaman pertama.
  4. This section – First page only: hanya menerapkan garis tepi atau border pada halaman pertama.

Menghilangkan garis Tepi Halaman Pertama

Setelah mengetahui bagaimana cara menambahkan garis tepi, tak lengkap rasanya jika tidak membahas bagaimana cara menghilangkannya. Sebenarnya cara menghapus garis tepi di Word juga tidak kalah mudah dibandingkan dengan saat menambahkannya. Hanya saja cara ini hanya bisa dilakukan untuk menghilangkan garis tepi di halaman pertama.

Caranya cukup klik menu dropdown Apply to dan pilih This section – All except first page. Lalu klik tombol OK.

Maka garis tepi di halaman pertama akan dihilangkan. Jangan lupa menyimpan dokumen jika tidak ingin kehilangan perubahan yang Anda buat.

Menentukan Letak Garis Tepi

Jika Anda perhatikan, garis tepi berada pada jarak tertentu dari teks yang Anda ketik. Anda bisa mengatur letaknya sehingga berada di sekeliling teks dengan jarak yang lebih dekat. Ikuti cara berikut:

  • Buka kotak dialog Borders and Shading dengan cara yang sudah kami jelaskan di atas.
  • Silakan tentukan garis tepi mana yang ingin Anda pakai.
  • Jika sudah selesai klik menu Options yang ada di sisi kanan bawah.
  • Muncul kotak dialog baru. Pada kotak dialog ini Anda bisa mengatur margin garis tepi, menentukan titik mana dimulainya pengukuran margin, dan mengatur beberapa opsi tambahan.

  • Silakan klik dropdown Measure from dan pilih Text dari yang sebelumnya Edge of page. Jika sudah klik tombol OK, lalu klik OK juga pada kotak dialog Borders and Shading.

Anda akan bisa melihat bahwa sekarang garis tepi akan berada tepat di sebelah teks. Jika dirasa masih kurang pas Anda bisa menyesuaikan margin border yang ada pada kotak dialog Options.

Baca juga: Cara Menghilangkan Garis Di Excel

Membuat Border pada Teks

Anda juga bisa memberikan border pada teks tertentu, sehingga garis kotak akan muncul hanya pada teks yang diinginkan, tidak satu halaman penuh. Bagaimana cara melakukannya? Simak panduan di bawah ini:

  • Silakan seleksi atau blok tulisan yang ingin ditambah border.
  • Buka kotak dialog Borders and Shading dengan cara di atas.
  • Klik tab Borders. Anda akan menjumpai beberapa opsi yang bisa Anda atur sesuai keinginan. Tampilannya mirip dengan tab Page Border.

  • Silakan tentukan garis seperti apa yang ingin Anda terapkan pada teks. Sama seperti cara di atas, Anda bisa mengatur style garis, warna, hingga ketebalan garis.
  • Pada opsi Apply to ada dua pilihan yang bisa dipilih, yakni Text dan Paragraph. Opsi Text akan membuat garis diterapkan pada setiap baris teks yang Anda seleksi. Sedangkan opsi Paragraph border akan diterapkan pada paragraf teks yang Anda seleksi.
  • Jika Anda sudah menentukan pilihan silakan klik tombol OK.
  • Contohnya bisa Anda lihat pada gambar di bawah ini.

Itulah tutorial seputar membuat garis tepi di Word. Perlu diingat tidak menutup kemungkinan ada sedikit perbedaan langkah pada beberapa versi Office. Pada contoh di atas kami gunakan Office 2019. Akan tetapi umumnya perbedaannya tidak terlalu mencolok sehingga Anda tetap bisa mengikutinya dengan mudah. Semoga cara yang kami sampaikan di atas mudah untuk dipahami, sehingga Anda bisa mempraktekkannya sendiri pada dokumen Word Anda.



Leave a Comment