Cara Membuat Label Undangan 121 Di Word


Label Undangan 121 – Saat ini ada banyak sekali jenis kertas yang bisa kita manfaatkan sesuai dengan kebutuhan. Ada kertas HVS, glossy, concorde, stiker dan lain sebagainya. Jika Anda ingin membuat undangan pernikahan atau ingin menyisipkan nama dan alamat pada masing-masing undangan, Anda bisa menggunakan kertas stiker label.

Saat ini ada banyak jenis label undangan yang bisa Anda pilih. Perbedaannya terletak pada ukuran dan bentuk label. Untuk keperluan undangan pernikahan dan undangan lainnya, label yang digunakan adalah 103 atau 121.

Kedua tipe label tersebut memiliki ukuran yang kecil dan pas digunakan untuk alamat dan nama dari tamu yang akan diundang. Tentu saja label ini tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk undangan pernikahan saja. Anda juga bisa memakainya untuk undangan khitanan, acara yang bersifat formal atau undangan kegiatan desa.

Menariknya lagi label undangan 103 maupun 121 dapat dengan mudah dibeli di toko alat tulis terdekat dengan harga yang terjangkau. Lalu bagaimana cara membuat label undangan di Word? Sebelumnya kami sudah membuat tutorial membuat label undangan 103. Kini kita bahas bagaimana cara membuat label undangan 121 di Microsoft Word.

Baca juga: Membuat Label Undangan 103

Persiapan

Sebelum mulai membuat format untuk label 121, terlebih dahulu kita perlu menyiapkan beberapa hal. Salah satunya pastikan bahwa komputer Anda sudah terhubung dengan printer jika Anda ingin langsung mencetaknya nanti. Jika pada PC atau notebook belum terinstal driver printer, maka Anda harus menginstalnya terlebih dahulu.

Biasanya masing-masing merek menyertakan software instalasi berupa CD ke dalam paket penjualan. Jika tidak ada Anda bisa mengunjungi situs resmi masing-masing merek printer atau langsung mencari driver di mesin pencari.

Selain itu jangan lupa untuk menyiapkan kertas bekas atau kertas kosong. Kertas ini nantinya kita gunakan untuk melihat apakah hasil cetak label sudah pas sebelum dicetak di label 121.

Dan yang tak kalah penting pastikan pada perangkat Anda sudah terinstal Microsoft Office, berikut Excel dan Word. Anda bisa menggunakan versi 2007, 2010, 2013, 2016, atau versi yang lebih baru. Pada dasarnya caranya sama saja, hanya letak menunya saja yang bisa berbeda.

Menulis Data Label di Microsoft Excel

Jika semua sudah siap, maka langkah selanjutnya adalah menulis data dari tamu undangan di Excel. Silakan buat dokumen baru di Excel, kemudian ketikkan judul kolom seperti nama, alamat dan lain sebagainya. Sebagai contoh yang kita masukkan adalah data nama dan alamat dengan format seperti berikut.

Anda bisa menyesuaikanya sesuai kebutuhan, tidak harus mirip dengan contoh di atas. Jika sudah silakan simpan dokumen tersebut di lokasi yang mudah untuk ditemukan.

Membuat Kolom Label di Word

Tahap berikutnya adalah membuat kolom label di Word. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka Microsoft Word.
  • Klik tab Mailings, lalu klik Start Mail Merge dan pilih opsi Labels.

  • Kotak dialog Label Options akan muncul. Kita buat label baru dengan cara klik tombol New Label….

  • Di kotak dialog Label Details silakan atur sesuai dengan label yang digunakan. Untuk label 121, atur seperti gambar di bawah ini.

  • Khusus bagian Label name Anda bisa mengisinya dengan nama terserah, tidak harus sama seperti contoh di atas. Jika sudah selesai klik tombol OK yang ada di kanan bawah.
  • Kita akan dibawa kembali ke kotak dialog Label Options. Langsung saja klik OK.
  • Pada halaman kerja ukuran kertas akan berubah sesuai dengan yang Anda atur sebelumnya. Hanya saja untuk versi Word terbaru border atau garis tepi belum muncul. Untuk memunculkannya klik tab Home, pilih menu Borders dan klik All Borders.

  • Jangan lupa untuk menyimpan dokumen yang sudah Anda buat untuk menghindari hal yang tidak diharapkan.

Memasukkan Data Label

Pada tahap selanjutnya kita akan memasukkan data label undangan yang telah kita buat di Microsoft Excel ke dalam masing-masing kolom label yang ada di Microsoft Word. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka Microsoft Word.
  • Klik tab Mailings, pilih Select Recipients dan klik Use an Existing List.

  • Selanjutnya cari dan pilih file Excel yang tadi Anda buat.

  • Silakan tentukan nomor sheet di mana data undangan tadi dibuat. Biasanya data tersebut tersimpan pada Sheet 1. Jangan lupa centang pada opsi First row of data contains column headers, lalu klik OK.

  • Pada menu Mailings klik Insert Merge Field dan pilih item Nama. Begitu juga untuk item lain seperti alamat dan lain sebagainya.

  • Anda bisa mengatur posisi dari item yang dimasukkan sesuai keinginan. Anda juga bisa menambahkan teks di masing-masing tabel.
  • Jika sudah selesai, klik tab Mailings dan klik Update Labels. Nantinya seluruh kolom akan terisi dengan data yang sama.

  • Masih pada tab Mailings, silakan klik menu Preview Result untuk melihat data nama dan alamat yang ditampilkan pada masing-masing label.

Baca juga: Membuat Label Undangan Bermotif

Mencetak Label

Langkah terakhir adalah mencetak label yang telah kita buat tadi berikut nama dan alamat dari tamu undangan. Sebelum mulai mencetak jangan lupa untuk mengecek kembali bahwa nama dan alamat yang tercantum dalam masing-masing label sudah benar dan tidak ada yang salah posisi. Jika sudah benar, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Cetak label di Word dengan cara klik File > Print. Atau juga bisa dengan menekan tombol Ctrl + P pada keyboard. Sebagai percobaan kita cetak satu halaman label pada kertas bekas atau kertas kosong. Tujuannya adalah untuk memperhatikan posisi cetak dan orientasinya apakah sudah benar atau belum.
  • Setelah tercetak silakan sandingkan dengan label 121 yang akan dipakai. Jika ada yang kurang pas, sesuaikan kembali ukuran label di Word pada menu Label Details.
  • Jika sudah pas, langsung cetak pada kertas stiker label 121. Disarankan untuk mencetak satu halaman dulu untuk memastikan bahwa hasil cetakan sudah sesuai dengan harapan.
  • Langkah selanjutnya silakan klik tab Mailings dan klik tombol Finish & Merge.

  • Pada kotak dialog yang muncul pilih opsi All dan klik OK. Setelah itu Word baru akan muncul, berikut label, berikut nama dan alamat yang sudah masuk di masing-masing kolom label. Pada dokumen ini Anda bisa melakukan perbaikan jika masih ada yang belum sesuai.
  • Silakan cetak label yang ada di dokumen tersebut pada kertas label 121 yang Anda siapkan sebelumnya. Jangan lupa untuk menyimpan dokumen tersebut agar Anda bisa mencetaknya kembali sewaktu-waktu.

Saat mencetak, jangan lupa untuk selalu memperhatikan hasil cetakan label. Pastikan tidak ada yang miring atau justru terpotong. Selain itu pastikan sandaran kertas atau penjepit kertas pada printer disesuaikan dengan ukuran kertas label sehingga proses mencetak dapat berlangsung dengan baik.



Loading...

Leave a Comment