Menghitung Standar Deviasi di Kalkulator dan Excel


Menghitung Standar Deviasi di Kalkulator dan Excel –  Salah satu pembahasan dasar ilmu statistika dan probalitias adalah materi mengenai standar deviasi atau lebih dikenal dengan simpangan baku. Pembahasan simpangan baku dapat memberikan keterangan mengenai ukuran sebaran statistik yang paling lazim pada sebuah data. Mudahnya, simpangan baku digunakan dalam mengukur nilai-nilai data tersebar dan rata-rata jarak penyimpangan titik-titik data diukur dari nilai rata-rata data tersebut.

Standar deviasi dapat diambil dari rumus akar kuadrat varian yang diterangkan pada materi matematika. Pada pembahasan statistik, akar kuadrat varian karena bilangannya berupa positif dan memiliki satuan yang sama dengan sebuah data, seperti pada penggunaan satuan meter menjadikan kesimpulan hasil simpangan baku harus menggunakan meter juga.



Dengan adanya simpangan baku atau standar deviasi akan memudahkan pengolahan data. Data yang diolah harus melewati beberapa penghitungan dasar berdasarkan konsep dasar dari standar deviasi. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mempermudah penghitungannya adalah memanfaatkan kalkulator sebagai alat hitung.

Baca Juga: Cara Menghitung Simpangan Baku (Standar Deviasi)



Leave a Comment