Sifat Limas Segi Empat Dan Gambar Jaring-Jaringnya


Sifat Limas Segi Empat Dan Gambar Jaring-Jaring Limas – Dalam materi geometri yang kita jumpai pada mata pelajaran matematika kita mengenal ada banyak sekali bangun ruang. Bahkan kebanyakan dari bangun ruang tersebut bisa kita jumpai dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu dari sekian banyak bangun ruang yang familiar di telinga adalah limas segi empat. Akan tetapi pada kesempatan ini kita tidak akan bahas soal rumus limas segi empat .Kita hanya bahas sifatnya dan seperti apa jaring-jaringnya.



Pengertian Limas Segi Empat

Limas merupakan salah satu jenis bangun ruang yang memiliki sisi alas berbentuk segi-n dan mengerucut ke satu titik dan pada akhirnya terbentuk sisi-sisi tegak berbentuk segitiga. Limas bisa dikelompokkan menjadi beberapa macam berdasarkan bentuk alasnya. Di antaranya limas segitiga, limas segi empat, limas segi lima, hingga limas segi enam. Sesuai dengan judul di atas, kita akan fokus membahas tentang limas segi empat.

Limas segi empat adalah sebuah bangun ruang yang memiliki alas berbentuk segi empat. Bentuk segi empat tentu saja tidak terbatas hanya persegi saja. Akan tetapi juga bisa berupa sebuah persegi empat, jajar genjang, belah ketupat, jajar genjang, maupun trapesium. Lantaran mempunyai bentuk segi empat maka ada beberapa hal yang bisa diketahui, antara lain:

  1. Jumlah sisi limas segitiga = n + 1 = 4 + 1 = 5 sisi
  2. Jumlah rusuk limas segitiga = 2 × n = 2 × 4 = 8 rusuk
  3. Jumlah titik sudut limas segitiga = = n + 1 = 4 + 1 = 5 titik sudut

Baca juga: Rumus Volume Limas Segi Empat Dan Segitiga

Sifat-sifat Limas Segi Empat

Dari penjelasan di atas kita sudah mengetahui seperti apa bentuk dari limas segi empat. Sehingga kita juga sudah memiliki gambaran apa saja ciri-ciri dari bangun ruang ini. Supaya lebih jelas berikut adalah beberapa sifat dari limas segi empat:



  1. Mempunyai 5 buah sisi (1 sisi alas dan 4 sisi tegak)
  2. Sisi alas berbentuk segi empat
  3. 4 Sisi tegak berbentuk segi tiga
  4. Mempunyai 5 titik sudut
  5. Mempunyai 8 rusuk

Baca juga: Rumus Limas Segi Enam Beraturan Dan Tidak Beraturan

Bagian-bagian Limas Segi Empat

Jika diperhatikan limas segi empat terdiri dari beberapa bagian. Yakni alas berbentuk segi empat yang dibentuk 8 rusuk, 5 bidang sisi, 5 titik sudut, 2 diagonal bidang, dan 2 diagonal sisi. Berikut penjelasan singkat mengenai beberapa bagian tersebut:

Rusuk

Rusuk merupakan bagian yang terbentuk oleh pertemuan dua sisi berupa ruas garis pada bangun ruang. Dari gambar di atas kita bisa mengetahui bahwa limas segi empat terdapat 8 rusuk. 4 rusuk ada di sisi alas, dan 4 rusuk sisanya di sisi selimut.

Sisi

Sisi merupakan bagian yang membatasi bangun ruang dengan ruangan di sekitarnya. Pada limas segi empat ada 5 bidang sisi. 1 merupakan sisi alas, dan 4 adalah sisi selimut.



Titik Sudut

Titik sudut merupakan titik pertemuan rusuk yang mempunyai jumlah sebanyak tiga buah atau lebih. Pada limas terdapat 5 titik sudut yang bisa kita ketahui. Di mana salah satu titiknya merupakan titikk puncak dari limas.

Tinggi

Bangun ruang umumnya memiliki tinggi. Tinggi merupakan jarak dari titik pertemuan diagonal sisi alas dengan titik puncaknya. Pada limas segi empat tinggi ditarik dari tengah-tengah alas yang merupakan titik perpotongan dua diagonal sisi hingga titik puncak limas.

Diagonal Sisi

Diagonal sisi adalah garis diagonal yang berada pada bidang sisi bangun ruang. Pada limas segi empat terdapat 2 diagonal sisi yang ada di bagian alas.

Bidang Diagonal

Pada limas segi empat terdapat dua bidang diagonal yang memiliki bentuk segitiga. Yakni bidang yang terbentuk oleh diagonal sisi alas dengan dua rusuk selimut. Sebagai gambaran, pada gambar limas di atas yang menjadi bidang diagonal adalah AOC dan BOD.



Baca juga: Rumus Volume Prisma

Membuat Jaring-jaring Limas Segi Empat

Sebelum membuat jaring-jaring limas segi empat kita perlu mengetahui seperti apa bentuknya. Kalian bisa melihat gambar jaring-jaring limas segi empat di bawah ini.

Lalu seperti apa cara membuat jaring-jaring limas segi empat? Tidak perlu bingung. Berikut adalah cara membuat jaring-jaring tersebut yang bisa kalian praktikkan sendiri. Pada Contoh ini kita buat limas segi empat dengan alas berbentuk persegi.

  1. Buat bangun datar segi empat dengan panjang sisi sesuai keinginan kalian
  2. Buat segitiga di salah satu sisi alas dengan rumus (sisi/2) + sisi
  3. Ulangi langkah di atas sampai keempat rusuk alas ditempeli dengan selimut berbentuk segitiga. Contohnya lihat gambar di bawah.

Kalau ingin membentuknya, kalian bisa memanfaatkan media seperti kertas karton untuk menggambar jaring-jaring limas segi empat. Gunakan alat bantu seperti pensil, spidol, penggaris, gunting atau cutter untuk memudahkan kalian dalam membuat garis hingga memotongnya.

Selain itu jangan lupa untuk menambahkan ruang di dua sisi selimut yang nantinya kita pakai untuk merekatkan keempat bagian selimut. Contohnya adalah seperti berikut.



Leave a Comment