Sifat Sifat Tabung Dan Gambar Jaring Jaringnya


Sifat Tabung Dan Jaring Jaring Tabung – Pada pembahasan kali ini kita akan mengenal lebih jauh bangun ruang tabung. Tentunya kalian sudah tidak asing dengan bentuk yang satu ini. Maka dari itu pada kesempatan ini kita bahas apa saja sifat yang dimiliki tabung dan seperti apa gambar jaring-jaringnya.

Pengertian Tabung

Tabung atau seringkali disebut silinder adalah suatu bangun ruang yang terdiri dari susunan 3 buah sisi yakni 2 buah lingkaran yang berukuran sama serta 1 segiempat yang menyelimuti atau mengelilingi kedua buah lingkaran tersebut.



Contoh benda-benda yang berbentuk tabung yang biasa kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari diantaranya adalah potongan kayu, pipa, drum, botol, bambu serta benda-benda lainnya dengan bentuk yang serupa.

Pengertian lain dari tabung yakni suatu bangun ruang yang mempunyai sisi melengkung. Dimana bangun tabung memiliki 3 bidang sisi utama, yaitu bidang sisi alas yang biasanya disebut alas tabung, bidang lengkung yang disebut selimut tabung, serta bidang atas yang disebut dengan tutup tabung. Sedangkan bagian sisi alas dan sisi atas tabung tersebut berbentuk lingkaran yang kongruen dan sejajar.

Tabung terdiri atas unsur-unsur, yakni jari-jari, diameter, dan  tinggi tabung. Jari-jari tabung merupakan setengah dari titik pusat lingkaran pada bagian tabung, kemudian diameter itu sendiri merupakan suatu garis lurus yang ditarik dari sebuah lingkaran yang memiliki dua kali dari  panjang jari-jari tabung. Sedangkan tinggi tabung merupakan lebar pada sisi bagian lengkung yang terletak pada selimut tabung.

Baca juga: Rumus Volume Dan Luas Permukaan Tabung

Sifat-sifat Tabung

Tabung mempunyai beberapa sifat yang membuatnya tampak berbeda dari bangun ruang lainnya. Berikut adalah sifat-sifat tersebut:



  1. Tersusun atas 3 buah sisi, yakni dua lingkaran sama panjang serta satu buah segiempat. 
  2. 2 lingkaran yang ada pada tabung memiliki peran sebagai tutup tabung dan juga alas tabung. 
  3. Selimut tabung adalah bangun segiempat yang berfungsi untuk mengelilingi tutup serta alas tabung. 
  4. Tabung tidak memiliki titik sudut. 
  5. Tabung memiliki 2 buah rusuk, yakni rusuk yang mengelilingi alas serta tutup tabung. 
  6. Jari-jari tabung merupakan panjang jari-jari lingkaran yang membentuk suatu tabung. 
  7. Tinggi tabung merupakan jarak yang memisahkan antara kedua lingkaran pada tabung.

Unsur-unsur Tabung

Setelah mengetahui apa saja sifat dari tabung, kita juga perlu mengetahui unsur-unsur tabung. Simak gambar di bawah ini untuk mengetahui apa saja unsur dari tabung.

Berikut penjelasan singkat masing-masing unsur tersebut:

  1. Sisi tabung. Sisi tabung merupakan bidang yang membentuk suatu tabung. Sisi tabung terdiri atas dua buah lingkaran serta satu buah selimut.
  2. Selimut tabung. Selimut tabung merupakan suatu bidang yang menutupi bentuk tabung. Selimut tabung mempunyai bentuk persegi panjang.
  3. Diameter. Jika salah satu alas maupun tutup yang berbentuk lingkaran dipotong di tengah-tengah maka akan menjadi ukuran yang sama, dimana jarak potongan itu disebut sebagai diameter tabung.
  4. Jari-jari. Jari-jari merupakan setengah dari diameter tabung. Tabung mempunyai tiga parameter ukuran yang bisa dihitung yakni keliling, luas dan juga volume.

Baca juga: Sifat Kerucut Dan Gambar Jaring-Jaringnya

Jaring-jaring Tabung

Jika sebuah tabung kita buka dan rebahkan pada bidang datar, maka kita akan mengetahui bahwa bangun ruang tersebut memiliki jaring-jaring yang terdiri dari beberapa bangun datar. tabung mempunyai jaring-jaring yang terdiri dari dua lingkaran yang menjadi alas dan penutupnya. Kedua alas ini kongruen dengan jari-jari r.



Di samping itu juga terdapat sebuah selimut yang mempunyai bentuk persegi panjang. Di mana panjang selimut tersebut merupakan keliling lingkaran alas, sementara lebarnya adalah tinggi tabung.

Baca juga: Rumus Volume Dan Luas Permukaan Bola

Membuat Jaring-jaring Tabung

Ketika ingin menggambarkan jaring-jaring tabung, kita harus memahami bagaimana ukuran yang tepat sehingga nantinya akan terbentuk jaring-jaring yang sempurna. Berikut adalah tahap-tahap membuat jaring-jaring tabung:

  1. Tahap pertama kita buat selimut tabungnya. Karena panjangnya harus sesuai dengan besarnya lingkaran alas dan penutup, maka yang harus kalian ingat adalah aturan “panjang = keliling alas”. Gunakan rumus 2 x π x r untuk menentukan panjang selimut tabung. r atau jari-jari pada rumus harus sesuai dengan jari-jari lingkaran alas dan penutupnya.
  2. Tahap berikutnya adalah membuat alas dan penutup berbentuk lingkaran. Keduanya harus dibuat sama besar. Maka dari itu perhatikan seberapa besar jari-jari kedua lingkaran tersebut dan pastikan sudah sama besar dengan panjang selimut.
  3. Gambar lingkaran di sisi atas dan bawah selimut.

Kita sudah berhasil membuat jaring-jaring tabung. Jika ingin menyusunnya sehingga menjadi sebuah tabung, pakai alat bantu seperti gunting, cutter, dan lem. Potong garis-garis yang ada pada jaring-jaring tabung. Kemudian bentuk semuanya sedemikian rupa sehingga berbentuk tabung dan rekatkan dengan lem.



Baca juga: Sifat Sifat Kubus Dan Balok

Agar mengelem selimut lebih mudah kalian bisa melebihkan panjang selimut dari hasil perhitungan yang kalian buat. Dan bagian yang lebih tersebut akan dipakai untuk merekatkan kedua ujung selimut. Kalian juga bisa menambahkan ruang pada lingkaran alas dan penutup sehingga nantinya kedua bagian tersebut bisa menempel dengan baik bersama selimutnya.



Leave a Comment