Ketuk (X) Untuk Menutup

Selamat Datang

Di CARAHARIAN

×

Sifat Sifat Tabung Dan Gambar Jaring Jaringnya


Berikut penjelasan singkat masing-masing unsur tersebut:

  1. Sisi tabung. Sisi tabung merupakan bidang yang membentuk suatu tabung. Sisi tabung terdiri atas dua buah lingkaran serta satu buah selimut.
  2. Selimut tabung. Selimut tabung merupakan suatu bidang yang menutupi bentuk tabung. Selimut tabung mempunyai bentuk persegi panjang.
  3. Diameter. Jika salah satu alas maupun tutup yang berbentuk lingkaran dipotong di tengah-tengah maka akan menjadi ukuran yang sama, dimana jarak potongan itu disebut sebagai diameter tabung.
  4. Jari-jari. Jari-jari merupakan setengah dari diameter tabung. Tabung mempunyai tiga parameter ukuran yang bisa dihitung yakni keliling, luas dan juga volume.

Baca juga: Sifat Kerucut Dan Gambar Jaring-Jaringnya

Jaring-jaring Tabung

Jika sebuah tabung kita buka dan rebahkan pada bidang datar, maka kita akan mengetahui bahwa bangun ruang tersebut memiliki jaring-jaring yang terdiri dari beberapa bangun datar. tabung mempunyai jaring-jaring yang terdiri dari dua lingkaran yang menjadi alas dan penutupnya. Kedua alas ini kongruen dengan jari-jari r.



Di samping itu juga terdapat sebuah selimut yang mempunyai bentuk persegi panjang. Di mana panjang selimut tersebut merupakan keliling lingkaran alas, sementara lebarnya adalah tinggi tabung.

Baca juga: Rumus Volume Dan Luas Permukaan Bola

Membuat Jaring-jaring Tabung

Ketika ingin menggambarkan jaring-jaring tabung, kita harus memahami bagaimana ukuran yang tepat sehingga nantinya akan terbentuk jaring-jaring yang sempurna. Berikut adalah tahap-tahap membuat jaring-jaring tabung:

  1. Tahap pertama kita buat selimut tabungnya. Karena panjangnya harus sesuai dengan besarnya lingkaran alas dan penutup, maka yang harus kalian ingat adalah aturan “panjang = keliling alas”. Gunakan rumus 2 x π x r untuk menentukan panjang selimut tabung. r atau jari-jari pada rumus harus sesuai dengan jari-jari lingkaran alas dan penutupnya.
  2. Tahap berikutnya adalah membuat alas dan penutup berbentuk lingkaran. Keduanya harus dibuat sama besar. Maka dari itu perhatikan seberapa besar jari-jari kedua lingkaran tersebut dan pastikan sudah sama besar dengan panjang selimut.
  3. Gambar lingkaran di sisi atas dan bawah selimut.