Rumus Integral Trigonometri dan Contoh Soal


Oleh karena itu, dalam penghitungan integral trigonometri perlu menggunakan perubahan fungsi trigonometri dalam pengintegralan substitusinya yang dapat dipahami seperti berikut.



Baca juga: Nilai Maksimum Dan Minimum Fungsi Trigonometri

Rumus Integral Trigonometri

Perlu diingat bahwa dalam penyelesaian masalah integral trigonometri kita perlu mengelola fungsi trigonometri baku terlebih dahulu. Selain itu, kalian juga harus mengetahui fungsi identitas trigonometrinya. Hal ini digunakan untuk menyederhanakan fungsi trigonometri menjadi bentuk yang tepat sehingga lebih mudah untuk menentukan nilai trigonometrinya.

Setelah itu, kalian dapat masuk ke pengolahan utama integral trigonometri berdasarkan rumus berikut.

Rumus integral trigonometri yang diberikan di atas akan selalu digunakan untuk menentukan integral dari fungsi trigonometri yang lebih kompleks. Dengan begitu, dalam sebuah perhitungan integral trigonometri sebaiknya dapat memahami terlebih dahulu mengenai fungsi dasar dan beberapa fungsi identitas fungsi trigonometri.

Salah satu penerapan integral trigonometri dapat diaplikasikan pada pembahasan integral trigonometri tertentu dan tak tentu. Hal ini berhubungan juga dengan fungsi aljabar dalam metode penyelesaian soalnya. Namun, kalian perlu menerapkan fungsi trigonometri juga dalam menyelesaikannya. Contohnya seperti berikut.



Baca juga: Sudut Istimewa Trigonometri Lengkap

Contoh Soal

Setelah mempelajari secara singkat mengenai integral yang berhubungan dengan trigonometri, cobalah untuk memperhatikan beberapa contoh soal berikut beserta jawabannya untuk memperkuat pemahaman kalian mengenai materi ini.

Pembahasan:



2.

Pembahasan:



Pembahasan:

Baca juga: Rumus Identitas Trigonometri Dan Contoh Soal

Demikian pembahasan mengenai materi mengenai salah satu jenis integral, yaitu integral trigonometri. Semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat untuk kalian dan jangan lupa untuk selalu senantiasa belajar, ya.



Leave a Comment