Manfaat Jaringan Komputer Sehari Hari


Manfaat Jaringan Komputer – Jaringan komputer merupakan sesuatu yang sering kita manfaatkan. Hanya saja kebanyakan orang tidak menyadarinya dan tidak tahu apa sebenarnya jaringan komputer. Padahal jaringan komputer ini memiliki banyak sekali manfaat.



Untuk itu artikel ini membahas seputar manfaat jaringan komputer dalam kehidupan sehari-hari. Termasuk mengetahui apa itu jaringan komputer.

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah suatu sistem yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling berhubungan satu sama lain lewat media transmisi atau media komunikasi. Dengan begitu komputer-komputer tersebut bisa saling berbagi data, aplikasi ataupun berbagi perangkat keras komputer.

Selain itu jaringan komputer juga bisa didefinisikan sebagai kumpulan beberapa terminal komunikasi yang terdiri dari dua komputer atau lebih yang saling terhubung. Jaringan komputer mempunyai tujuan untuk menjadi perantara pengirim (transmitter) dan penerima (receiver) sehingga keduanya bisa saling mengirim dan menerima informasi atau data.

Jaringan yang ada pada komputer memungkinkan para pengguna untuk melakukan komunikasi satu sama lain dengan mudah. Tidak hanya itu saja, jaringan komputer juga dibutuhkan untuk mengintegrasikan data antar komputer-komputer client sehingga didapatkan data yang relevan.

Untuk membuat jaringan komputer, switch dan router memakai berbagai protokol dan algoritma untuk bertukar informasi dan untuk membawa data ke titik akhir yang diinginkan.



Akan tetapi jaringan komputer juga bisa saja dibuat dengan memanfaatkan gabungan teknologi kabel dan wireless sekaligus.

Sejarah Singkat Jaringan Komputer

Jaringan komputer bermula dari lahirnya konsep jaringan di tahun 1940-an di Amerika Serikat yang digagas oleh proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan grup riset Universitas Harvard yang dipimpin Profesor Howard Aiken.

Proyek tersebut ditujukan untuk memanfaatkan perangkat komputer sehingga bisa digunakan bersama-sama. Sedangkan di tahun 1950-an ditemukanlah super computer. Akibatnya sebuah komputer harus melayani beberap tempat yang tersedia.

Maka dari itu ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang disebut TSS (Time Sharing System). Maka untuk pertama kalinya bentuk jaringan (network) komputer diaplikasikan.



Baca juga: Cara Menghitung IP Address

Manfaat Jaringan Komputer

Suatu teknologi diciptakan tentu saja untuk suatu tujuan. Begitu juga dengan jaringan komputer. Anda pastinya sudah mendapatkan gambaran apa fungsi dan manfaat jaringan komputer. Akan tetapi sebenarnya ada banyak manfaat dari jaringan komputer.

Berikut akan kami bahas secara ringkas.

Konektivitas

Jaringan komputer dapat dengan mudah membantu seseorang untuk berhubungan dengan orang lain dari berbagai negara. Sehingga kita tidak perlu ke luar negeri untuk bisa berkomunikasi dengan seseorang.

Efisiensi transfer data

Tidak hanya sebagai konektivitas, jaringan komputer juga memberikan efisiensi kepada penggunanya. Lewat jaringan komputer kita bisa mengirim data dengan cepat dan efisien. Data yang dikirimkan bisa tiba saat itu juga ke penerima.





Leave a Comment