Manfaat Jaringan Komputer Sehari Hari


Manfaat Jaringan Komputer – Jaringan komputer merupakan sesuatu yang sering kita manfaatkan. Hanya saja kebanyakan orang tidak menyadarinya dan tidak tahu apa sebenarnya jaringan komputer. Padahal jaringan komputer ini memiliki banyak sekali manfaat.

Untuk itu artikel ini membahas seputar manfaat jaringan komputer dalam kehidupan sehari-hari. Termasuk mengetahui apa itu jaringan komputer.



Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah suatu sistem yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling berhubungan satu sama lain lewat media transmisi atau media komunikasi. Dengan begitu komputer-komputer tersebut bisa saling berbagi data, aplikasi ataupun berbagi perangkat keras komputer.

Selain itu jaringan komputer juga bisa didefinisikan sebagai kumpulan beberapa terminal komunikasi yang terdiri dari dua komputer atau lebih yang saling terhubung. Jaringan komputer mempunyai tujuan untuk menjadi perantara pengirim (transmitter) dan penerima (receiver) sehingga keduanya bisa saling mengirim dan menerima informasi atau data.

Jaringan yang ada pada komputer memungkinkan para pengguna untuk melakukan komunikasi satu sama lain dengan mudah. Tidak hanya itu saja, jaringan komputer juga dibutuhkan untuk mengintegrasikan data antar komputer-komputer client sehingga didapatkan data yang relevan.

Untuk membuat jaringan komputer, switch dan router memakai berbagai protokol dan algoritma untuk bertukar informasi dan untuk membawa data ke titik akhir yang diinginkan.



Akan tetapi jaringan komputer juga bisa saja dibuat dengan memanfaatkan gabungan teknologi kabel dan wireless sekaligus.

Sejarah Singkat Jaringan Komputer

Jaringan komputer bermula dari lahirnya konsep jaringan di tahun 1940-an di Amerika Serikat yang digagas oleh proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan grup riset Universitas Harvard yang dipimpin Profesor Howard Aiken.

Proyek tersebut ditujukan untuk memanfaatkan perangkat komputer sehingga bisa digunakan bersama-sama. Sedangkan di tahun 1950-an ditemukanlah super computer. Akibatnya sebuah komputer harus melayani beberap tempat yang tersedia.

Maka dari itu ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang disebut TSS (Time Sharing System). Maka untuk pertama kalinya bentuk jaringan (network) komputer diaplikasikan.



Baca juga: Cara Menghitung IP Address

Manfaat Jaringan Komputer

Suatu teknologi diciptakan tentu saja untuk suatu tujuan. Begitu juga dengan jaringan komputer. Anda pastinya sudah mendapatkan gambaran apa fungsi dan manfaat jaringan komputer. Akan tetapi sebenarnya ada banyak manfaat dari jaringan komputer.

Berikut akan kami bahas secara ringkas.

Konektivitas

Jaringan komputer dapat dengan mudah membantu seseorang untuk berhubungan dengan orang lain dari berbagai negara. Sehingga kita tidak perlu ke luar negeri untuk bisa berkomunikasi dengan seseorang.

Efisiensi transfer data

Tidak hanya sebagai konektivitas, jaringan komputer juga memberikan efisiensi kepada penggunanya. Lewat jaringan komputer kita bisa mengirim data dengan cepat dan efisien. Data yang dikirimkan bisa tiba saat itu juga ke penerima.



Tidak cukup sampai di situ, data kita juga bisa terkirim dengan aman sampai ke penerima.

Kemudahan akses informasi

Kita bisa mengakses informasi maupun berita dengan mudah dan cepat lewat internet. Perlu diketahui, internet merupakan salah satu contoh implementasi dari jaringan komputer.

Kemudahan berbagi file

Adanya jaringan komputer memudahkan para penggunanya untuk mengakses suatu file, baik yang mereka miliki sendiri maupun milik orang lain yang sudah disebarluaskan lewat internet. Salah satu contohnya adalah file transfer protocol dan penyimpanan awan.

Manfaat Jaringan Komputer untuk Aktivitas Sehari-hari

Di atas telah kami jelaskan apa saja manfaat jaringan komputer secara umum. Manfaat jaringan bisa dijabarkan lagi lebih spesifik sehingga Anda tahu sebenarnya apa saja kegunaan jaringan komputer dalam kegiatan sehari-hari.

Langsung saja berikut manfaat jaringan komputer untuk kegiatan kita.

Menjaga Data yang Bersifat Rahasia

Jaringan komputer berguna untuk memberikan proteksi dan keamanan terhadap data-data penting dari suatu organisasi ataupun perusahaan. Dengan adanya jaringan, termasuk jaringan lokal (LAN), memungkinkan hanya komputer yang terhubung ke dalam jaringan tersebut saja yang bisa membuka dan mengakses suatu data.

Hal tersebut bisa mengurangi dan mencegah risiko kejahatan siber seperti peretasan data atau hacking. Di samping itu jaringan komputer juga akan memudahkan pengguna untuk berbagi dokumen dengan aman.

Sebab kita bisa memakai private email yang memungkinkan kita melindungi aktivitas kita sehingga tidak ada orang lain yang mengetahuinya.

Berkirim Pesan dengan Email

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa jaringan komputer memungkinkan kita untuk berkirim data. Kita juga bisa mengirim pesan dengan memanfaatkan email kepada seseorang atau suatu perusahaan. Email atau surat elektronik memang merupakan pengganti dari kartu pos.

Sehingga kita tidak perlu repot-repot untuk menulis pesan yang ingin dikirimkan dan membawanya ke kantor pos. Anda bisa menulis email dan mengirimnya langsung dari komputer atau bahkan ponsel yang mendukung jaringan internet.

Sehingga proses pengiriman surat elektronik atau surel bisa dilakukan dengan praktis, nyaman dan cepat.

Menggunakan Media Sosial

Media sosial merupakan suatu sarana digital yang banyak digandrungi oleh masyarakat. Perlu Anda ketahui bahwa media sosial atau disingkat medsos adalah salah satu produk dari jaringan komputer.



Leave a Comment