Macam Macam Bilangan Dalam Perhitungan Matematika


Contoh: I = {i, 4i, 5i, …}

Bilangan Kompleks

Bilangan kompleks adalah sebuah bilangan yang mempunyai anggota a + bi, dimana a,b ϵ R, i2 = -1. Selain itu bilangan a merupakan bagian dari bilangan riil dan b merupakan bagian dari bilangan imajiner. Selain itu bilangan ini dilambnakan dengan huruf “K”.



Contoh: K = {2-3i, 8+2, …}

Bilangan Bulat

Bilangan bulat merupakan salah satu jenis bilangan himpunan dari bilangan yang di dalamnya terdapat bilangan asli, cacah, komposit, prima, nol, satu, negatif, ganjil, maupun genap. Bisa dikatakan bahwa bilangan bulat merupakan gabungan dari beberapa macam bilangan.

Contoh: 1, 2, 3, -1, -2, -3, dan lain-lain.

Baca juga: Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat

Bilangan Cacah

Bilangan cacah merupakan himpunan bilangan bulat yang tidak negatif. Selain itu bilangan ini juga mempunyai sebutan himpunan bilangan asli yang ditambah nol “0”. Itu berarti bilangan cacah harus mempunyai tanda posit.



Contoh: 0,1,2,3,4,5,6,7, …

Bilangan Rasional

Jenis bilangan selanjutnya adalah bilangan rasional. Bilangan rasional adalah bilangan yang dapat dinyatakan sebagai p/q, dimana p, q ϵ bulat dan q ≠ 0. Selain itu bisa juga dinyatakan sebagai bilangan desimal secara berulang-ulang. Bilangan ini mempunyai batasan, yaitu dimulai dengan tanda “-∞, ∞”.

Bilangan ini juga bisa diartikan sebagai bilangan yang bisa dinyatakan sebagai a/b, dimana a dan b merupakan bilangan bulat, serta b ≠ 0. Bilangan rasional ini mencakup beberapa jenis bilangan lain, seperti bilangan bulat, cacah, asli, dan prima.

Bilangan Irasional

Bilangan irasional adalah bilangan riil yang artinya sudah tidak bisa dibagi lagi. Jika dibagi, maka hasilnya tidak akan berhenti. Dalam bilangan ini kita tidak bisa menyatakannya dengan a/b, dimana a dan b merupakan bilangan bulat dan b ≠ 0. Itulah yang membedakan bilangan irasional dengan bilangan rasional.



Baca juga: Cara Menghitung Bilangan Biner

Contoh: π atau 3,14 yang sebenarnya tidak tepat sebesar itu. Jika dijabarkan nilainya adalah 3,14159 26535 89793 23846 26433 83279 50288 41971 69399 37510…

Bilangan Real

Bilangan real merupakan bilangan yang terdiri dari gabungan bilangan rasional dan irasional. Bilangan ini dilambangkan dengan huruf “R”. Bilangan ini juga bisa ditulis dalam bentuk desimal

Contoh: {0, 1, ¼, ⅔, √2, √5, log 100, …}

Bilangan Kuadrat

Bilangan kuadrat merupakan bilangan yang didapat dari perkalian suatu bilangan dengan bilangan itu sebanyak dua kali. Bilangan ini dilambangkan dengan pangkat dua “²”.

Contoh: K = {2², 3²,4² ,5² ,6², …}





Leave a Comment