Jika Tautan Rusak atau Halaman Error,

Hubungi Halaman "Kontak Admin"

×

Grafik GLBB Dipercepat dan Diperlambat


Grafik GLBB Dipercepat dan Diperlambat – Pembahasan materi Fisika mengenai gerak salah satunya membahas mengenai gerak lurus berubah beraturan. Gerak lurus berubah beraturan atau GLBB adalah salah satu bentuk gerak lurus yang memiliki lintasan di garis lurus sehingga kecepatannya dapat berubah dan beraturan. Pada gerak lurus berubah beraturan  dapat diartikan sebagai gerak lurus suatu obyek. Penerapan obyek ini sering terjadi pada kehidupan sehari-hari seperti pengereman mobil untuk membuat mobil berhenti.

Pada GLBB sendiri terdapat konsep penyusunnya yang terdiri atas berbagai variabel dalam penyusunan persamaan untuk penghitungan permasalahannya. Dalam beberapa permasalahan GLBB diperlukan contoh grafik dan memiliki beberapa macam jenisnya. Grafik pada GLBB digunakan sebagai penentuan hubungan kecepatan, percepatan, dan waktu sebagai unsur dasarnya.



Baca Juga: Rumus GLBB Gravitasi dan Contoh Soal

Baca Juga: Contoh Soal Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

Pada kesempatan kali ini kalian akan mempelajari mengenai penyusunan grafik pada gerak lurus berubah beraturan atau GLBB. Berikut pembahasannya.

Grafik GLBB

Berdasarkan penjelasan konsep dasar GLBB, terdapat beberapa variabel dasar yang berhubungan dengan kecepatan, percepatan, dan waktu. Dengan begitu, dalam permasalahan GLBB akan memiliki beberapa grafik sebagai berikut.

1. Grafik Percepatan terhadap Waktu

GLBB dengan percepatan tetap memiliki grafik hubungan percepatan dengan waktu adalah seperti garis horizontal yang sejajar dengan sumbu x. Hal ini terjadi pada rentang waktu dimana pun yang dialami benda dan terjadi GLBB tetap dengan grafik berikut ini.