Ketuk (X) Untuk Menutup

Selamat Datang

Di CARAHARIAN

×

Contoh Soal Aljabar Kelas 7 SMP dan Kunci Jawaban


Contoh Soal Aljabar Kelas 7 SMP dan Pembahasannya – Ilmu aljabar biasanya menjadi salah satu materi yang ditakutkan siswa untuk mempelajari matematika. Hal ini terbukti karena banyaknya siswa yang masih belum memahami dengan baik dalam menyelesaikan soal aljabar.

Perlu kita ketahui bahwa mempelajari ilmu aljabar hanya perlu memahami rumus saja. Meskipun nanti akan ada berbagai jenis soal yang ditampilkan, rumus aljabar memiliki ketentuan yang tetap.



Baca juga: Menyederhanakan Bentuk Aljabar Kelas 8 SMP

Beberapa orang yang tidak memahami mengerjakan matematika biasanya terkendala dengan pemahaman rumus. Padahal, jika kita telah mengetahui rumus tentunya akan dengan sangat mudah dalam menyelesaikan sebuah soal.

Rumus-rumus matematika pun merupakan rumus paten dan tidak berubah-ubah sehingga perlu pemahaman dalam mempelajarinya. Oleh karena itu, dalam menguasai rumus perlu dilakukan latihan yang konsisten agar cepat mengingatnya.

Penguasaan rumus ini tidak hanya diperlukan untuk memecahkan soal saja, namun juga dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Sangat menarik bukan? Mari kita coba beberapa soal berikut sebagai latihan mengenai aljabar.

Baca juga: Materi Dan Contoh Soal Fungsi Kelas 8 SMP

Latihan Soal

  1. Pada bentuk -6x² – x + 4y yang termasuk bagian dari variabel adalah ….
    A. -6, -1 dan 4
    B. x² , x dan y
    C. x + y
    D. x² – 4y
  2. Pada bentuk 3a² -7a -9, suku yang merupakan konstanta saja adalah ….
    A. 3a²
    B. a
    C. -7
    D. -9
  3. Dina lahir di tanggal apabila ditambah 7 akan menghasilkan bilangan dengan kelipatan 9. Bulan lahir Dina adalah bulan Desember, tepatnya di pekan ketiga. Menjelang ulang tahun, ibu dan saudara-saudaranya ingin mengadakan pesta ulang tahun 2 hari sebelumnya. Jadi, dua hari sebelum ulang tahun Dina adalah hari ….
    A. 27 Desember
    B. 12 Desember
    C. 18 Desember
    D. 20 Desember
  4. Calum dan Michael sering bermain sepak bola bersama. Setiap bermain sepak bola mereka selalu menggunakan kaos masing-masing dengan identitas nama dan angka yang melambangkan mereka. Mereka memiliki angka keberuntungan masing-masing. Angka keberuntungan Calum lebih banyak 3 angka dari angka Michael. Jika selisih kuadrat dari angka keberuntungan mereka adalah 45, lalu angka keberuntungan Michael adalah ….
    A. 5
    B. 6
    C. 9
    D. 10
  5. Bam pergi ke toko buku untuk membeli 3 buku gambar dan 5 spidol yang menghabiskan uang sebesar Rp42.000. Bam lalu menyadari bahwa harga sebuah buku gambar adalah 3 kali harga sebuah spidol maka harga masing-masing buku gambar dan spidol adalah ….
    A. Harga spidol Rp3.000 dan harga buku gambar Rp9.000
    B. Harga spidol Rp9.000 dan harga buku gambar Rp3.000
    C. Harga spidol Rp2.000 dan harga buku gambar Rp3.000
    D. Harga spidol Rp3.000 dan harga buku gambar Rp2.000

Baca juga: Contoh Rumus ABC Persamaan Kuadrat

Pembahasan

1. Variabel merupakan bagian dari aljabar yang disimbolkan dengan huruf yang ada pada suatu persamaan. Jadi, variabel dari -6x² – x + 4y adalah x² , x dan y.

2. Konstanta merupakan bilangan yang tidak diikuti variabel pada sebuah persamaan aljabar. Pada bentuk 3a² -7a -9 suku konstantanya adalah -9.

3. Misalnya, kita memberi simbol tanggal lahir Dina sebagai x. Jadi, x + 7 = bilangan kelipatan 9. Pekan ketiga bulan Desember adalah tanggal 15, 16, 17, 18, 19, 20, 21. Di antara tanggal tersebut yang apabila ditambah 7 akan menghasilkan bilangan kelipatan 9.