Cara Menggunakan Mendeley Untuk Daftar Pustaka


Cara Membuat Daftar Pustaka Mendeley – Saat ingin membuat tugas akhir atau karya tulis ilmiah maka kita akan berkecimpung dengan banyak sekali sumber yang kita jadikan acuan dalam menyusun karya tulis. Maka dari itu kita perlu memberikan perhatian lebih dalam penulisan sumber rujukan.

Seperti yang diketahui, sumber rujukan tidak bisa hilang dari karya tulis yang kita buat. Sebab kita akan membutuhkan pendapat para ahli untuk memperkuat ataupun memperkaya pembahasan kita. Sumber-sumber tersebut biasanya dicantumkan pada bagian daftar pustaka yang ada di halaman paling akhir.

Hanya saja dalam menyusun daftar pustaka bukan tanpa halangan. Kita bisa saja menjumpai permasalahan saat mengetiknya secara manual. Seperti salah ketik, daftar yang kita tulis tidak urut, dan lain sebagainya.

Sebagai gantinya kita bisa menggunakan software yang bisa membuat daftar pustaka secara otomatis. Ada beberapa opsi yang bisa Anda gunakan. Salah satunya adalah software Mendeley. 

Penasaran bagaimana cara menggunakan software ini untuk membuat daftar pustaka secara otomatis? Pada artikel ini kami bahas secara lengkap agar Anda bisa belajar dan mempraktekkannya sendiri pada PC atau notebook Anda. Terlebih dahulu kita bahas secara singkat seputar Mendeley.

Baca juga: Cara Membuat Daftar Pustaka Dari Jurnal

Apa itu Mendeley?

Mungkin Anda asing dengan aplikasi yang satu ini. Padahal sebenarnya aplikasi ini sudah rilis cukup lama, yakni pada pertengahan tahun 2008. Mendeley adalah program komputer dan web yang dibuat untuk mengelola dan berbagi makalah penelitian. Di samping itu kita juga bisa memanfaatkannya untuk bekerja sama secara online ataupun mencari data penelitian yang dibutuhkan.

Mendeley bisa diakses di berbagai platform. Mulai dari desktop, web, hingga perangkat Android atau iOS. Dengan aplikasi ini pengguna bisa menyimpan seluruh data pada server Mendeley untuk diakses di kemudian hari.

Tujuan dari Mendeley adalah untuk memudahkan pengguna dalam menulis karya tulis ilmiah seperti tugas akhir, skripsi, jurnal, dan lain-lain. Sebab aplikasi ini mampu membuat referensi dan daftar pustaka pada suatu karya ilmiah secara otomatis. Sehingga kita tidak perlu memasukkannya secara manual.

Mendeley bisa bekerja secara otomatis dalam membuat kutipan referensi atau daftar pustaka setelah pengguna membuat perpustakaan (library) pada server Mendeley. Perpustakaan inilah yang bisa dipakai penggunanya untuk membuat daftar pustaka, referensi, catatan kaki atau body note secara otomatis.

Cara Memakai Mendeley

Setelah mengetahui sekilas mengenai Mendeley, sekarang kita bahas bagaimana cara mengoperasikannya. Silakan ikuti panduan berikut ini untuk lebih jelasnya.

Instalasi, Registrasi, dan Sign In

  • Unduh aplikasi Mendeley Desktop pada situs resmi www.mendeley.com.
  • Selesai mendownload lakukan instalasi dengan menjalankan file yang tadi Anda unduh.
  • Langkah berikutnya adalah membuka aplikasi yang telah terinstal. Maka akan muncul tampilan awal seperti berikut.

  • Lakukan registrasi dengan klik tombol Register. Atau sign in dengan memasukkan email dan password yang Anda buat (jika sudah pernah mendaftar) dan akhiri dengan menekan tombol Sign In.
  • Proses pendaftaran dan sign in ini membutuhkan koneksi internet. Jadi pastikan perangkat Anda terhubung ke internet agar semuanya berjalan dengan lancar.
  • Jika Anda melakukan proses registrasi, web browser akan terbuka dan mengakses situs untuk proses pendaftaran.
  • Selesai melakukan pendaftaran silakan buka aplikasi Mendeley dan lakukan proses sign in dengan menggunakan akun yang tadi Anda daftarkan.

Install Plugin Mendeley

Tahap selanjutnya adalah melakukan instalasi plugin pada Microsoft Word. Sehingga kita bisa menggunakan Mendeley di aplikasi tersebut. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Sebelum melakukan instalasi pastikan Anda tidak sedang membuka aplikasi Word. Jika iya silakan tutup aplikasi tersebut. Jangan lupa simpan pekerjaan Anda.
  • Buka aplikasi Mendeley.
  • Pada jendela aplikasi tersebut silakan klik menu Tools, dan pilih opsi Install Ms Word Plugin.

  • Apabila proses instalasi berhasil maka pada Microsoft Word Anda akan terdapat logo Mendeley di tab Reference.

Tips

Menutup aplikasi Word yang terbuka saat proses instalasi plugin adalah sebuah keharusan. Sebab jika Anda mengabaikannya aplikasi tidak dapat melakukan instalasi dan muncul sebuah peringatan bahwa software tersebut sedang berjalan. Anda akan diminta untuk menutupnya untuk melanjutkan instalasi.

Menambahkan File Sumber ke Mendeley

Saat ingin menggunakan Mendeley untuk membuat daftar pustaka secara otomatis, maka kita perlu menyiapkan file pdf yang menjadi sumber bagi karya tulis ilmiah kita. Jika sudah silakan ikuti panduan berikut:

  • Pertama-tama kita perlu memasukkan pdf referensi ke aplikasi Mendeley. Caranya Klik tombol Add yang ada di aplikasi tersebut. Aplikasi ini memungkinkan kita untuk menambahkan satu file atau beberapa file sekaligus. Silakan pilih opsi mana yang sesuai kebutuhan.

  • Selesai menambahkan referensi, tahap selanjutnya adalah mengecek beberapa informasi seperti tipe referensi, nama penulis, judul buku atau jurnal, tahun terbit dan lain sebagainya. Pastikan penulisan informasi tersebut pada aplikasi Mendeley sudah sesuai dengan yang ada pada file referensi. Dengan demikian kesalahan penulisan bisa dihindari.
  • Berikutnya silakan tentukan gaya penulisan daftar pustaka yang diinginkan. Caranya klik menu View > Citation Style. Pada menu ini Anda bisa menjumpai ada banyak gaya penulisan yang bisa dipakai. Pastikan pemilihan gaya penulisan daftar pustaka sesuai dengan ketentuan dari lembaga atau perguruan tinggi tempat Anda akan menyetorkan karya ilmiah.

Baca juga: Cara Menulis Footnote Dari Jurnal Internet

Membuat Daftar Pustaka

Setelah beberapa langkah di atas sudah Anda lakukan, maka berikutnya adalah membuat daftar pustaka dan kutipan berdasarkan referensi yang sudah diunggah di Mendeley. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Buka file yang ingin Anda cantumkan sitasi.
  • Setelah terbuka klik tab References dan pilih Style. Pilih sesuai dengan yang sudah diatur pada aplikasi Mendeley.

  • Posisikan kursor di bagian kalimat yang akan Anda beri kutipan atau sitasi.
  • Klik tab References dan pilih menu Insert Citation.

  • Kotak dialog baru akan muncul. Ketikkan sumber yang ingin dicantumkan pada kolom pencarian.

  • Anda juga bisa memanfaatkan opsi Go To Mendeley. Anda akan dibawa ke aplikasi tersebut. Pada Mendeley silakan klik file sumber kutipan dan klik menu Cite yang ada di bagian toolbar.
  • Nantinya referensi akan muncul pada dokumen Anda. Jika diperhatikan gaya penulisannya akan sesuai dengan yang Anda pilih sebelumnya.
  • Anda bisa mengulangi langkah-langkah di atas untuk memasukkan kutipan baru.
  • Jika sudah selesai, yang perlu Anda lakukan di tahap terakhir adalah membuat daftar pustaka. Caranya letakkan kursor di bawah bagian Daftar Pustaka.
  • Klik tab References dan pilih Insert Bibliography.

  • Sumber rujukan yang Anda masukkan pada dokumen Anda akan muncul pada daftar pustaka sesuai dengan gaya penulisan yang Anda pilih.

Sekian yang bisa kami sampaikan kepada Anda seputar bagaimana memakai aplikasi Mendeley untuk menyusun daftar pustaka secara otomatis. Semoga informasi yang kami sampaikan bisa memudahkan Anda dalam memahami bagaimana cara kerja dari software Mendeley, berikut cara melakukan instalasi hingga menyisipkan daftar pustaka ke dalam dokumen.



Loading...

Leave a Comment