Cara Memasang Dasi Yang Benar


Memasang Dasi Dengan Benar – Anda pastinya sudah tidak asing dengan dasi. Kita setidaknya pernah menggunakannya saat duduk di bangku sekolah. Sampai saat ini dasi menjadi salah satu aksesori wajib bagi para siswa yang duduk di bangku SD, SMP hingga SMA.

Tidak hanya itu, pegawai kantoran juga ada yang dituntut untuk berpakaian rapi dengan menggunakan dasi. Oleh karenanya keberadaan aksesori pakaian yang satu ini tidak terpisahkan lagi dari kehidupan kita. Karena keberadaannya sangat dibutuhkan, terutama saat ada acara formal atau resmi.

Hanya saja ada sebagian orang yang kurang paham bagaimana cara menggunakan dasi yang benar. Untuk diketahui, ada beberapa jenis dasi yang dapat kita temui. Dasi-dasi tersebut dibuat sesuai dengan acara yang dihadiri atau dengan kepribadian penggunanya. Maka dari itu Anda perlu mengetahui beberapa jenis dasi dan cara menggunakannya.

Ada beberapa macam dasi yang populer, Seperti dasi panjang, bow tie, ascot tie atau bolo tie. Dari beberapa jenis tersebut, dasi segitiga menjadi yang paling banyak digunakan. Di samping itu ada banyak sekali cara memasangnya berdasarkan gaya yang ingin dihasilkan. Hanya saja dasi segitiga atau juga disebut dasi panjang menjadi yang paling mudah karena bisa dibuat dengan simpul oriental saja.

Pada kesempatan ini kami jelaskan bagaimana cara memasang dasi yang benar dalam beberapa cara. Dengan begitu Anda bisa mencoba dan memilih mana yang paling sesuai dengan gaya Anda.

Memasang Dasi Oriental Knot

Memasang dasi dengan simpul oriental tidak begitu terkenal di dunia barat. Sebab membuka simpulnya tak semudah memasangnya. Akan tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba bagaimana memasang dasi dengan simpul oriental. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Letakkan dasi di leher dengan posisi terbalik. Kemudian letakkan bagian ujung dasi yang lebar di sebelah kanan dan ujung dasi yang sempit di sisi kiri. Posisikan ujung lebar berada sedikit di atas pusar atau sesuaikan dengan panjang yang diinginkan.
  2. Langkah selanjutnya simpangkan ujung sempit dasi di atas ujung lebar dasi sehingga dasi akan berbentuk seperti huruf X.
  3. Bawa ujung dasi yang lebar ke kanan.
  4. Bawa ujung lebar dasi yang sudah berada di kanan naik ke atas lingkaran simpul dasi dari bawah.
  5. Masukkan ujung dasi lewat lingkaran simpul. Sehingga kita sudah membuat bagian depan dasi.
  6. Berikutnya tarik ujung lebar dasi ke bawah untuk mengencangkan dasi. Geser simpul ke atas untuk menyesuaikan dengan kerapatan dasi yang diinginkan.

Baca juga: Cara Menghitung Waktu Kerja Di Excel

Memasang Dasi Nicky Knot

Memasang dasi dengan cara nicky knot menjadi salah satu yang populer. Sebab caranya tidak susah sehingga mudah untuk diikuti.

Memasang Dasi Pratt Knot

Cara memasang dasi pratt knot juga tidak terlalu rumit. Jika diperhatikan caranya mirip dengan nicky knot. Pertama-tama letakkan dasi dari dalam keluar. Kemudian ujung lebar dasi diletakkan menggantung di bagian kanan, sementara ujung kecil di sebelah kiri.

Berikutnya silangkan ujung lebar dasi di bawah ujung kecil dan simpul ujung lebar dasi mengelilingi leher. Tarik ujung lebar dasi ke atas ujung kecil dari kiri ke kanan dengan melewati simpul. Lalu bawa ujung lebar ke bawah lewat simpul di bagian depan. Terakhir, untuk mengencangkan dasi tarik ujung dasi yang kecil.

Memasang Dasi Four in Hand Knot

Untuk Anda yang memiliki leher pendek bisa mencoba memasang dasi dengan simpul 4 jari. Simpul yang satu ini memiliki ikatan yang kecil sehingga membuat leher tampak lebih tinggi dan kurus.

Cara memakai dasi simpul 4 jari tidak rumit. Anda hanya perlu melingkarkan dasi mengelilingi leher. Letakkan ujung lebar dasi di sebelah kanan dan ujung kecil sekitar 30 cm lebih tinggi di sebelah kiri. Kemudian silangkan ujung lebar dasi ke sisi kiri melewati ujung lainnya.

Tarik ujung dasi yang lebar ke belakang ujung yang lain dan selipkan ujung lebar dasi ke ujung kecil dasi. Langkah selanjutnya putar ujung dasi yang lebar, lalu selipkan dan tarik melalui lilitan leher. Langkah terakhir kencangkan ikatan dengan cara menarik ujung kecil dasi. Jangan lupa untuk memastikan dasi yang Anda gunakan sudah lurus dan panjangnya sesuai.

Memasang Dasi Half Windsor Knot

Simpul windsor setengah juga bisa Anda coba. Caranya letakkan dasi di leher dengan ujung lebar di sebelah kanan. Sesuaikan sampai ujung lebar berada lebih bawah dari ujung kecil dasi.

Kemudian silangkan ujung lebar dengan ujung kecil dan bawa ujung lebar dasi mengelilingi leher di bawah ujung lainnya. Bawa ujung lebar melewati ujung lain ke depan dengan arah dari kanan menuju ke kiri. Berikutnya geser ujung lebar lewat simpul dan lingkarkan pada leher Anda. Kencangkan hingga ikatannya berbentuk segitiga.

Memasang Dasi Full Windsor Knot

Selain half windsor knot, juga ada full windsor knot atau simpul windsor tradisional. Caranya letakkan dasi mengelilingi leher dengan memposisikan ujung lebar di sebelah kanan dan lebih rendah 30 cm dari ujung kecil dasi.

Silangkan ujung dasi yang lebar di atas ujung kecil dan bawa dasi ke atas melewati simpul. Selanjutnya bawa dasi ke bagian bawah dan tarik ujung lebar ke arah kanan. Tarik ujung lebar melewati simpul dan silangkan ke ujung kecil dari kanan ke kiri.

Bawa ujung lebar dasi ke arah bawah dan lipat ujung lebar melewati simpul dasi dan melalui ikatan di sisi depan dasi. Langkah terakhir kencangkan hingga ikatan dasi berbentuk segitiga.

Baca juga: Pidato Perpisahan Kelas 6 SD

Memasang Dasi Kelvin Knot

Memasang dasi dengan simpul kelvin juga tidak terlalu rumit. Caranya posisikan dasi ke leher dengan ujung lebar berada di sisi kanan dan ujung lainnya di sisi kiri. Arahkan ujung lebar dasi ke kiri dan melewati bagian bawah ujung dasi kecil.

Silangkan hingga ujung lebar dasi kembali ke kanan dan melingkari ujung kecil. Kemudian putar ujung dasi ke arah bawah ekor dasi dan bawa ke atas. Setelah itu masukkan ke lingkaran lewat bagian belakang. Tarik kencang simpul dasi hingga terasa pas di leher.

Memasang Dasi Trinity Knot

Yang terakhir adalah memasang dasi simpul trinity. Pertama-tama kalungkan dasi ke leher dengan memposisikan ujung lebar di sisi kiri dan lebih panjang dari ujung kecil. Kemudian arahkan ekor dasi ke bagian kiri dan bawa ke belakang bagian lingkaran dasi sampai membentuk simpul.

Lilitkan dasi dengan posisi masih mengarah ke kiri. Lalu bawa bagian ujung kecil ke kanan dan melewati bagian belakang. Lilitkan bagian ujung kecil tersebut melewati bagian kepala dasi. Kemudian masukkan ujung dasi ke simpul agar ekor dasi berada di sisi depan. Langkah terakhir lilitkan kembali dan rapikan simpul dasi.

Demikian cara memasang dasi yang bisa caraharian.com sampaikan. Seperti yang telah disinggung di atas, cara memasang dasi sebenarnya sangat beragam. Akan tetapi Anda bisa mencoba beberapa simpul di atas dan mencari tahu mana yang lebih cocok dengan gaya Anda.



Loading...

Leave a Comment