Cara Melihat Pengguna Wifi Berbagai Modem


Cara Melihat Pengguna Wifi – Jika Anda memiliki WiFi di rumah mungkin sesekali Anda merasakan internet WiFi Anda tak secepat biasanya. Biasanya hal ini disebabkan oleh banyak faktor. Salah satu di antaranya adalah banyaknya perangkat yang terhubung ke WiFi. Terlebih jika perangkat-perangkat tersebut mengakses konten video atau bahkan download.

Hanya saja tak semua orang paham bagaimana cara melihat pengguna suatu WiFi. Tenang saja, pada artikel ini kami akan bahas hal itu. Ada beberapa cara yang bisa Anda coba. Seperti melihat pengguna WiFi dengan bantuan command prompt, melihat pengguna WiFi modem Huawei, mengetahui pengguna WiFi modem ZTE ataupun dengan memanfaatkan aplikasi Android seperti Fing maupun TP-Link Tether.

Berikut akan kami jelaskan satu per satu.

Mengetahui Pengguna WiFi Lewat CMD

Untuk pengguna PC dengan sistem operasi berbasis Windows, Anda bisa mencoba melihat pengguna WiFi dengan bantuan Command Prompt (CMD). Berikut langkah-langkahnya:

  1. Tekan tombol Windows + R pada keyboard untuk membuka menu Run. Pada kolom tersebut ketik cmd lalu klik OK atau tekan Enter.
  2. Setelah Command Prompt terbuka, langsung saja ketikkan net view. Perintah ini berfungsi untuk menampilkan pengguna pada jaringan internet yang sedang terhubung ke PC.
  3. Selanjutnya ketikkan perintah arp -a. Perintah ini berfungsi untuk menampilkan semua pengguna internet yang terhubung pada WiFi.

Baca juga: Cara Membatasi Pengguna Wifi Indihome

Mengetahui Pengguna WiFi di Modem Huawei

Jika Anda merupakan pengguna modem WiFi Huawei, Anda juga bisa melihat siapa saja yang terhubung ke WiFI Anda. Caranya tentu saja tidak sama dengan opsi di atas. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikut:

  1. Buka panel admin lewat web browser dengan mengakses IP Address panel admin dari modem. Biasanya IP yang digunakan adalah 192.168.0.1. Anda bisa mencari tahu IP Address ini pada router WiFi Anda dengan asumsi IP yang dipakai masih standar bawaan pabrik.
  2. Jika berhasil halaman login akan terbuka. Masukkan admin sebagai username dan password. Username dan password ini tidak selalu admin. Bisa juga diganti dengan yang lain. Hubungi teknisi untuk mengetahuinya.
  3. Setelah berhasil masuk, klik Status > User Device Information. Lalu lihat informasi pada User Device Information.
  4. Pada menu tersebut Anda akan melihat beberapa informasi, mencakup:
    • Host name : ini adalah nama host perangkat yang tersambung
    • Device Type: Nah ini memberikan informasi Tipe Device dari perangkat yang menggunakan WiFi
    • Mac Address: ini adalah ID pengguna yang tersambung
    • Application: Menu yang dapat Sobat pilih untuk mengatur WiFi pengguna termasuk melakukan blokir dan menghapus pengguna yang tidak dikenal.

Mengetahui Pengguna WiFi di Modem ZTE

Selain modem Huawei, modem WiFI ZTE menjadi modem yang sering digunakan oleh provider internet kabel. Pada modem ini Anda bisa melihat siapa saja yang terhubung ke WiFi Anda. Caranya pada dasarnya tidak terlalu berbeda. Supaya lebih jelas silakan lihat cara di bawah ini:

  1. Buka web browser, dan akses panel admin dengan mengetikkan IP 192.168.1.1 atau 192.168.100.1.
  2. Setelah muncul halaman login, ketikkan username dan password. Username dan password default dari modem ZTE adalah admin.
  3. Buka menu Network > WLAN > Associated Devices.
  4. Di halaman tersebut Anda bisa melihat perangkat apa saja yang terhubung ke WiFi Anda. Anda juga bisa menekan tombol Refresh untuk mengecek apakah ada perangkat lain yang baru saja terhubung.

Jika ada perangkat yang mencurigakan, Anda bisa memblokir perangkat tersebut. Cara untuk memblokirnya adalah:

  1. Catat atau salin MAC Address dari perangkat yang akan diblokir. Anda bisa melihat MAC Address pada menu Associated Devices.
  2. Klik Network > WLAN > Access Control List.
  3. Selanjutnya pilih Mode > Block.
  4. Isi MAC Address dari perangkat yang akan diblokir, lalu klik ADD.

Melihat Pengguna WiFi dengan Aplikasi Android

Jika Anda menggunakan ponsel Android, Anda bisa mengunduh aplikasi Fing untuk melihat siapa saja yang terhubung ke WiFi Anda. Aplikasi tersebut bisa diunduh di Google Play Store.

Dengan menggunakan aplikasi tersebut kita bisa mengetahui perangkat mana saja yang terhubung ke suatu jaringan WiFi. Tentunya hal ini akan bermanfaat untuk Anda yang memang memasang WiFi untuk kebutuhan pribadi dan tidak ingin membaginya dengan orang lain.

Cara memakai aplikasi ini juga lebih simpel dibandingkan cara-cara yang kami sebutkan di atas. Setelah terinstal, sambungkan smartphone ke WiFi Anda. Lakukan Scan lewat aplikasi tersebut dan ikuti langkah yang ada di dalamnya.

Melihat Pengguna WiFi Router TP-Link

Jika Anda merupakan pengguna router WiFi TP-Link, ada aplikasi khusus yang disediakan langsung oleh TP-Link. Aplikasi tersebut adalah TP-Link Tether. Anda bisa langsung mengunduhnya via Google Play Store. Silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Unduh aplikasi TP-Link Tether di Play Store.
  2. Pastikan smartphone telah terhubung ke WiFi Anda.
  3. Buka aplikasi tersebut, lalu pilih My Device.
  4. Anda akan melihat pilihan router yang terdeteksi. Klik router tersebut.
  5. Anda akan dibawa ke menu login TP-Link.
  6. Masukkan username dan password router WiFi TP-Link Anda. Biasanya username dan password default-nya adalah admin.
  7. Setelah sukses login, Anda akan melihat tampilan status Wireless. Untuk melihat perangkat yang terhubung dengan WiFi Anda, pilih menu Clients.
  8. Pada menu tersebut Anda bisa melihat daftar perangkat yang tersambung.
  9. Anda tidak hanya bisa melihat pengguna lain yang terhubung saja, namun juga memblokir perangkat tersebut.

Baca juga: Cara Melihat Mac Address Wifi

Tips

Biasanya teknisi provider internet tidak mengubah username dan password modem WiFi. Dengan kata lain username dan password masih dalam keadaan default. Hal ini sebenarnya cukup riskan, sebab orang lain yang paham bisa saja masuk ke panel admin WiFi tanpa seizin Anda.

Oleh karenanya Anda bisa mengganti username dan password modem WiFi Anda demi keamanan.

Mengganti Username dan Password Router WiFi ZTE

Untuk router WiFi ZTE, Anda bisa mengganti username dan password dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Akses panel admin seperti cara yang sudah disebutkan di atas.
  2. Login dengan username dan password default.
  3. Buka menu Administration.
  4. Isi kolom Old Password dengan password default, lalu New Password dan Confirmed Password dengan password baru Anda. Ingat, pastikan password mudah untuk Anda hafalkan.
  5. Setelah itu klik Submit.

Mengganti Username dan Password Router WiFi Huawei

Sedangkan untuk router WiFi Huawei, langkah mengganti password dan username adalah seperti berikut:

  1. Masuk ke halaman login panel admin.
  2. Buka menu Modify Login Password.
  3. Masukkan password lama atau default pada kolom Old Password.
  4. Masukkan password baru pada New Password dan ulangi di kolom Confirm Password
  5. Klik Apply untuk menyimpannya.

Perlu selalu diingat bahwa saat ingin melihat perangkat yang terhubung ke suatu WiFi, Anda juga harus tersambung terlebih dahulu ke WiFi tersebut. Anda bisa mengakses panel admin lewat PC dengan sistem operasi apapun yang sudah terinstall web browser. Atau juga bisa melihat pengguna dengan bantuan smartphone Android maupun iOS.



Loading...

Leave a Comment