Materi Soal Satuan Waktu (Jam, Menit, Detik)


Satuan Waktu (Jam, Menit, Detik) – Waktu adalah salah satu hal yang paling misterius sekaligus mengundang rasa penasaran banyak orang, termasuk para ilmuwan terkemuka di seluruh dunia. Tak mengherankan jika waktu sering dijadikan sebagai benang merah dalam banyak film ataupun serial televisi bergenre fantasi. Seperti film-film lansiran Marvel Cinematic Universe atau serial TV Loki yang beberapa waktu lalu menjadi perbincangan hangat banyak orang.



Terlepas dari penelitian yang sampai saat ini dilakukan oleh para ahli dan semua misteri yang ada di dalamnya, waktu adalah sesuatu yang bisa diukur. Kita bisa menggunakan satuan waktu tertentu untuk menyatakan waktu secara spesifik. Kita mengenal ada detik, menit, dan jam sebagai salah satu satuan waktu. Lebih jelasnya berikut kami jabarkan seputar satuan waktu ini.

Sekilas tentang Satuan Waktu

Perlu diketahui, satuan waktu adalah interval waktu yang dipakai untuk mengukur durasi suatu kejadian. Dari beberapa macam satuan waktu yang berlaku, menurut Satuan Internasional (SI) satuan waktu yang dijadikan standar adalah detik atau second. Lebih jelasnya satu detik diartikan sebagai waktu yang dibutuhkan atom cesium-133 untuk melakukan getaran sebanyak 9.192.631.770 kali.

Dari satuan detik ini kita bisa mengubahnya menjadi menit, jam, dan satuan-satuan lainnya. Mengenai bagaimana cara konversinya sedikit berbeda dengan yang berlaku pada satuan berat atau luas yang pernah kami bahas sebelumnya. Berikut akan kami jelaskan lebih jauh sehingga bisa menjadi pembelajaran untuk pembaca.

Baca juga: Cara Menghitung Waktu Kerja Di Excel

Konversi Satuan Waktu

Kini kita bahas bagaimana cara mengubah suatu satuan waktu ke satuan waktu lainnya. Pada dasarnya konversi ini mudah, asalkan kita mengetahui bagaimana caranya. Maka dari itu silakan simak pembahasan berikut.

Satuan Waktu dalam Detik

1 menit = 60 detik



1 jam = 60 menit = 3600 detik

1 hari = 24 jam = 86000 detik

1 minggu = 7 hari = 168 jam = 604800 detik

Satuan Waktu dalam Hari

1 minggu = 7 hari



1 bulan (rata-rata) = 30,41 hari

1 bulan = 28, 29, 30, atau 31 hari

1 tahun = 365 hari

1 tahun kabisat = 366 hari (29 Februari)

Satuan Waktu dalam Minggu

1 bulan = 4,34 minggu



1 tahun = 52,14 minggu

Satuan waktu dalam bulan

1 triwulan = 3 bulan

1 caturwulan = 4 bulan

1 semester = 6 bulan

1 tahun = 12 bulan

1 lustrum = 5 tahun = 60 bulan



Leave a Comment