Konversi Satuan Jarak (Rumus Dan Contoh Soal)


Rumus Jarak Dan Contoh Soal – Saat duduk di bangku Sekolah Dasar kita dihadapkan dengan berbagai materi tentang matematika. Salah satunya yang cukup membekas di ingatan adalah konversi satuan. Seperti yang sudah pernah dibahas sebelumnya ada begitu banyak satuan yang bisa kita gunakan. Masing-masing satuan ini memiliki fungsi yang berbeda. Begitu juga saat kita ingin mengubahnya menjadi satuan lainnya.



Salah satu yang bisa kita pelajari dengan mudah adalah konversi satuan jarak. Pada dasarnya satuan jarak ini sama saja dengan satuan panjang. Konversi satuan ini juga sangat mudah. Kita bisa mempelajarinya dari tangga satuan jarak. Pada kesempatan kali ini kami bahas lebih jauh seputar satuan jarak, mulai dari apa itu satuan jarak, bagaimana rumus atau cara konversi ke satuan lain, hingga contoh soalnya.

Tidak berhenti sampai di situ, caraharian juga memberikan penjelasan mengenai kecepatan. Sebab jarak dan kecepatan merupakan hal yang tak terpisahkan. Bahkan soal jarak dan kecepatan ini sering muncul. Tentu akan menjadi permasalahan tersendiri jika kita tidak mengetahui bagaimana cara mengerjakannya. Silakan simak pembahasan berikut ini.

Baca juga: Tangga Satuan Panjang

Apa itu Satuan Jarak

Dalam sistem Satuan Internasional satuan jarak adalah satuan yang sama dengan satuan panjang. Satuan ini dinyatakan dalam meter (m) dan dipakai sebagai alat pembanding untuk mengukur jarak antara satu titik dengan titik lainnya.

Hal tersebut membuat kita dapat dengan mudah membayangkan ukuran panjang dari suatu objek atau dari titik tertentu ke titik lainnya. Hanya saja dalam konteks pemakaiannya satuan jarak lebih sering digunakan untuk mengukur dari titik satu ke titik lainnya. Lain halnya dengan panjang yang digunakan untuk mengukur panjang objek.

Selain meter, satuan jarak atau panjang yang sering digunakan oleh masyarakat adalah kilometer (km). Tentu saja kedua satuan ini bukan satu-satunya. Masih ada beberapa satuan lainnya yang bisa dipakai untuk menyatakan jarak. Antara lain hektometer (hm), dekameter (dam), desimeter (dm), centimeter (cm), dan milimeter (mm).



Tangga Konversi Satuan Jarak Meter

Di atas sudah dijelaskan secara singkat mengenai satuan jarak. Kini kita bahas seperti apa tangga satuan jarak meter. Sehingga pembaca bisa memahaminya dengan lebih mudah. Simak gambar berikut ini.

Tangga satuan jarak di atas dapat dipakai untuk mengetahui nilai dari satuan jarak tertentu jika ditemukan perubahan nilai. Satuan jarak akan mengalami kenaikan apabila satuan tersebut berubah dari kecil menjadi yang lebih besar. Contohnya adalah meter menjadi kilometer.



Leave a Comment