Rumus Volume Tabung Dan Luas Permukaan Tabung


Jawab :
Volume silinder kayu = 240 cm2 x 50 cm = 12.000 cm³.



Contoh Soal 3
Soal : Sebatang besi sepanjang 7 meter mempunyai penampang berbentuk lingkaran dengan diameter 1 cm. Berapa volume batang besi tersebut dalam centimeter kubik? (Petunjuk: volume silinder = pi x radius x radius x tinggi).

Jawab :
Panjang besi              = tinggi silinder yaitu 7 m = 700 cm.
Radius silinder          = setengah kali diameter batang besi yaitu 0,5 cm.
Volume batang besi = (22/7) x 0,5 cm x 0,5 cm x 700 cm = 550 cm³.

Contoh Soal 4
Soal : Sekeping koin logam memiliki tebal 1,4 mm dan diameter 20 mm. Berapa volume koin tersebut? (Petunjuk: volume silinder = pi x radius x radius x tinggi).

Jawab :
Tebal koin      = tinggi silinder yaitu 1,4 mm.
Radius koin    = setengah kali diameter yaitu 10 mm.
Volume koin  = (22/7) x 10 mm x 10 mm x 1,4 mm = 440 mm³.

Contoh Soal 5
Soal : Sebongkah es batu dicetak membentuk silinder dengan ukuran jari-jari silinder dan tebalnya sama yaitu 35 cm. Berapa volume silinder es tersebut? (Petunjuk: volume silinder = pi x radius x radius x tinggi).

Jawab :
Radius                     = jari-jari silinder yaitu 35 cm.
Tinggi silinder        = tebal silinder = 35 cm.
Volume silinder es = (22/7) x 35 cm x 35 cm x 35 cm = 134.750 cm³.



Rumus Luas Permukaan Tabung

Selain mencari volume tabung, kita juga harus bisa mencari luas permukaannya. Untuk menghitungnya kita perlu mengetahui jaring-jaring tabung. Perlu diketahui, jaring-jaring tabung terdiri dari tutup dan alas tabung yang berbentuk lingkaran dan memiliki besar jari-jari ®. Sehingga rumus luas dari alas dan tutup tabung adalah  2π r². Nilai phi (π) bisa kita ganti 22/7 atau 3,14.

Selain bagian alas dan tutup, tabung mempunyai bagian melengkung yang mengelilingi tabung, dan mempunyai bentuk persegi panjang jika dibentangkan. Sehingga rumus luas sisi tersebut adalah panjang x lebar. Panjang bagian melengkung tabung sama dengan keliling lingkaran, sementara lebarnya sama dengan tinggi tabung. Sehingga bisa kita ketahui rumus luas sisi lengkung adalah 2π r t.

Rumus luas jaring-jaring tabung:

  • Rumus luas alas dan tutup : π.r2
  • Rumus luas selimut : 2.π.r.t

Kita sudah mengetahui rumus luas jaring-jaring tabung. Dari rumus-rumus di atas kita bisa mencari berapa luas permukaan tabung. Caranya dengan memakai rumus berikut:



  • Luas permukaan tabung = 2 x Luas alas + Luas selimut tabung
  • Luas permukaan tabung = 2 x (π x r2) + 2 x π x r x t = 2 x π x r x (r + t)

Contoh Perhitungan

Ada sebuah tangki kosong berbentuk tabung yang memiliki diameter 28 cm dan tinggi 10 cm. Tentukan luas permukaan tangki tersebut.



Leave a Comment